Sabtu, 02 Mei 2020

Yuk, Ubah Kebiasaan Deadliner menjadi Full Planner!


Yuk, Ubah Kebiasaan Deadliner menjadi Full Planner!




Edufriend, menjadi mahasiswa yang penuh dengan tugas, baik tugas kuliah, tugas organisasi, ataupun tugas di luar kampus, memang membuat kita terkadang merasa lelah dan malas untuk langsung menyelesaikan semua tugas yang ada, sehingga kita cenderung menunda-nunda untuk mengerjakannya. Tak heran jika kegiatan menunda pekerjaan ini, nantinya menjadi suatu kebiasaan yang kita maklumi. Namun, mempunyai kebiasaan menjadi deadliner tidak selalu berujung mulus. Bahkan kebiasaan ini mempunyai sisi buruk, yaitu kita menjadi terburu-buru menyelesaikan tugas, sehingga tugas yang dibuat pun terkadang asal-asalan. Untuk terhindar dari perasaan dikejar-kejar waktu, mari kita ubah kebiasaan dari deadliner menjadi full planner (penuh dengan perencanaan)!.


1.    Buatlah Jadwal dan susun rencanamu sebaik mungkin
Mari buat susunan kegiatanmu dengan baik, mulai dari kapan waktu untuk mengerjakan tugas kuliah, waktu untuk bersantai, dan waktu untuk mengerjakan tugas yang lainnya. Susunlah sesuai dengan skala prioritas kamu terhadap tugas itu. Kamu juga dapat menyusun jadwalmu dimulai dari mengerjakan tugas yang paling dekat untuk dikumpulkan, hingga tugas yang paling jauh jangka waktu pengumpulannya, Dengan membuat jadwal dan rencana kegiatanmu dari jauh-jauh hari sebelum tenggat waktu yang ditentukan, akan membuat kamu lebih relax dalam mengerjakan tugas.

2.    Hindari pemikiran untuk menunda-nunda pekerjaan
Ketika rasa malas menyerangmu, buanglah jauh-jauh dan hindari berpikir untuk menunda-nunda tugas yang harus kamu kerjakan. Untuk membuatmu kembali bersemangat, kamu bisa selipkan kata-kata yang dapat memotivasi kamu saat menjalankan jadwal dan rencana yang telah kamu buat untuk menyelesaikan tugas. Kata-kata motivasi tersebut dapat kamu tulis menggunakan sticky notes atau kertas di buku agendamu, note ponsel kamu, atau pada tempat/benda lain yang sering kamu lihat.

3.    Lakukan saja dan berhenti mengeluh
Terakhir yang perlu kamu lakukan adalah berhenti mengeluh dan lakukan saja jadwal dan rencana yang telah kamu susun sebelumnya. Sedikit demi sedikit tugasmu akan selesai sebelum tenggat waktu yang ditentukan dan kamu akan memiliki waktu senggang untuk memeriksa kembali tugasmu setelah tugas itu selesai.

Nah Edufriend, gimana saran-saran yang ada diatas?. Semoga bisa membantu kamu untuk mengubah kebiasaan deadliner kamu yaa. Yuk, mulai dari sekarang!.

Riska Damayanti



0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878