Sabtu, 23 Mei 2020

Sepak Bola Modern Ala Liverpool

Sepak Bola Modern Ala Liverpool



Hola Edufriend! Edufriend udah pada tau belum kalau taktik di dunia sepak bola berevolusi sangat cepat setelah era Cruyff, Bielsa dan Guardiola. Bermain bola-bola pendek cepat dengan tujuan merusak organisasi pertahanan lawan terbukti sukses membuat Barcelona menjadi klub pertama yang meraih 6 gelar dalam 1 tahun. Ramuan tersebut bahkan sukses dibawa ke Inggris oleh Guardiola dengan torehan 4 gelar domestik yang diraih oleh Manchester City pada musim lalu.


Seakan tidak kehabisan juru taktik yang meracik taktik dengan gaya sepak bola modern, Jurgen Klopp hadir menjadi salah satu bagian dari evolusi ini nih Edufriend. Sejak melatih Mainz dan Dortmund, Klopp sudah memiliki taktik untuk bermain modern dimana Klopp bermain counter-press atau pendekatan bertahan yang negatif. Bisa dibilang kalau tim kita kehilangan bola tim kita tidak akan mundur ke belakang membentuk formasi bertahan, melainkan merebut bola dengan 4-5 pemain.
Liverpool menjadi pelabuhan berikutnya yang di datangi Klopp setelah menjalani karir di Jerman. Ternyata di musim pertama Klopp masih harus beradaptasi dengan sepak bola Inggris yang keras dan cenderung bermain fisik nih Edufriend, sampai pada akhirnya di musim ketiga sampai kelima sekarang Klopp berhasil menjelma Liverpool menjadi salah satu tim yang ditakuti di Eropa. Hal tersebut tak terlepas dari taktik sepak bola modern yang diterapkan oleh Klopp.


Bermain dengan formasi 4-3-3, Liverpool bermain tanpa seorang playmaker atau seseorang yang memiliki kreatifitas untuk menciptakan peluang. Edufriend mau tau ga cara Klopp mengakali hal tersebut? Klopp membuat Liverpool bermain 2 blok, blok membangun serangan dan blok untuk menyerang. Jarak antar pemain di 2 blok tersebut dibuat sangat dekat, sehingga masing-masing pemain yang memegang bola memiliki banyak opsi untuk diberikan passing.

Selain itu ada yang unik juga nih Edufriend dari cara Liverpool membangun serangan, kalau Guardiola melakukan progresi bola kedepan dengan bola-bola pendek dari belakang ke tengah lalu kedepan, Klopp melewati langkah progresi bola dari belakang ke tengah, melainkan langsung kedepan. Liverpool bermain bola-bola atas yang diagonal, vertikal dan horizontal. Maksud dari pernyataan sebelumnya adalah Liverpool membangun serangan dengan bola atas dari sisi kanan Trent Alexander-Arnold ke sisi kiri Sadio Mane, bola atas dari sisi tengah Van Dijk ke sisi tengah Firminho, serta bola atas dari sisi kiri Andy Robertson ke sisi kanan Mohammad Salah. Hal ini menjadi bukti bahwa Klopp merupakan seorang pelatih yang hebat lho Edufriend, karna pelatih hebat itu pelatih yang bisa membuat sebuah tim bermain sesuai kapasitas yang dimiliki sebuah tim.


Lalu, apa yang membuat Klopp merubah sepak bola modern dengan caranya sendiri sih Edufriend? Sepak bola modern menuntut kita untuk bermain memanfaatkan lebar lapangan dengan memenuhi 1 sisi lapangan, sehingga 1 sisi yang kosong tersebut dapat dimanfaatkan. Tak hanya itu, sirkulasi bola cepat juga dilakukan untuk merusak organisasi pertahanan lawan sehingga terdapat celah yang dimanfaatkan untuk mencetak gol. Guardiola memakai filosofi taktik tersebut dengan menggunakan sirkulasi bola-bola pendek yang cepat. Sementara itu, Klopp memilih melakukan crossing-crossing dari kiri ke kanan yang dilakukan dua fullback mereka setelah di awal mereka melakukan progresi bola kedepan juga menggunakan bola-bola atas.
Dengan gaya bermain tersebut Liverpool menjadi tim yang memuncaki klasmen Liga Inggris saat ini dengan selisih 25 poin dari Manchester City. Tak hanya itu, mereka juga baru merasakan kekalahan 1 kali di Liga oleh Watford di pekan ke-28. Menarik tentunya melihat Liverpool pasca pandemi berakhir nih Edufriend!. Semoga artikel ini bermanfaat ya Edufriend!.

Muhammad Dhafin Abdillah

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878