Minggu, 17 Mei 2020

Pembukaan Dies Natalis UNJ Ke-56


Pembukaan Dies Natalis UNJ Ke-56



Universitas Negeri Jakarta (UNJ) merayakan pembukaan Dies Natalisnya yang ke-56 melalui youtube pada Sabtu, 16 Mei 2020. Dengan membaca basmallah, pembukaan Dies Natalis ini dibawakan oleh pewara yang bernama Ati Sumiati, M.Hum. Universitas Negeri Jakarta mempunyai visi menjadi kampus yang bereputasi di kawasan Asia, dengan semboyan “Mencerdaskan dan Memartabatkan Bangsa”. Dalam video tersebut, terdapat sejarah dan pencapaian Universitas Negeri Jakarta selama 56 tahun. Universitas Negeri Jakarta sendiri terbentuk ketika FKIP UI diubah menjadi IKIP pada tahun 1963. Pada 16 Mei 1964, peresmian IKIP Jakarta dilaksanakan dan selanjutnya tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahirnya IKIP Jakarta atau yang kini merupakan Universitas Negeri Jakarta. Momen bersejarah terjadi pada 31 Agustus 1999 yaitu, saat Presiden  B.J Habibie meresmikan perubahan enam IKIP menjadi Universitas, termasuk  IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta.
Selama 56 tahun, perkembangan Universitas Negeri Jakarta bermula dari pembangunan dan mahasiswa yang meraih prestasi nasional maupun internasional. Berbagai ucapan selamat atas Dies Natalis ke-56 Universitas Negeri Jakarta didapatkan dari rektor beberapa universitas di Indonesia. Dalam video tersebut, ditayangkan juga produk-produk riset unggulan Universitas Negeri Jakarta seperti fromedia, zavera, blind swimmer, ike-cagur, dan lainnya. Selain itu, ditayangkan pula kegiatan saat satuan pelaksanaan UNJ peduli yang dilaksanakan pada masa pandemi covid-19, UNJ memberi bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi covid-19. Satuan pelaksana UNJ peduli sendiri ditetapkan oleh Rektor UNJ saat ini, Dr. Komarudin, M.Si., kegiatan ini dilakukan khusus pada masa bencana.
Wabah covid-19 ini, tidak mematahkan semangat Universitas Negeri Jakarta untuk tetap menyelenggarakan kegiatan pendidikan serta pembukaan dies natalis yang dilakukan secara virtual. Video pembukaan Dies Natalis ini juga diisi dengan paduan suara UNJ yang menyanyikan hymne dan mars Universitas Negeri Jakarta, yang dinyanyikan oleh beberapa mahasiswa dan dosen di rumahnya masing-masing. Paduan suara ini menghasilkan perpaduan suara yang sangat indah dengan diiringi instrumen seperti biola, suling, dan alat musik lainnya yang dimainkan mahasiswa paduan suara UNJ. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan persembahan puisi, konser dari rumah, dan tarian yang bertemakan the spirit of Indonesia.
Pembukaan Dies Natalis ke-56 UNJ dikemas dengan sangat apik. Nah!. Untuk Edufriend yang ingin melihat pembukaan Dies Natalis ke-56 ini, kamu bisa langsung menontonnya di youtube channel Universitas Negeri Jakarta dengan judul “Dies Natalis UNJ ke-56” yaa.

Febrizka Nabilla
Editor : Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878