Senin, 18 Mei 2020

HAL-HAL BERMANFAAT SELAMA BULAN RAMADHAN

HAL-HAL BERMANFAAT SELAMA BULAN RAMADHAN


Bulan ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di dunia. Berdasarkan keputusan pada sidang isbat, ramadhan tahun 2020 jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Bulan ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbaiki iman. Maka dari itu, bulan ramadhan harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat, bukan dengan bermalas-malasan. Walaupun seperti yang kita ketahui, tidur dalam bulan ramadhan akan mendapatkan pahala, bukan berarti kita bisa tidur seharian penuh tanpa melakukan hal-hal yang bermanfaat.
Daripada hanya tidur, lebih baik kita melakukan hal-hal yang bermanfaat sambil menunggu waktu berbuka puasa. Ada banyak hal-hal bermanfaat yang dapat kita lakukan. Dan hal-hal bermanfaat ini bisa menjadi suatu kebiasaan yang tidak hanya dilakukan di bulan ramadhan. Yuk, kita simak hal-hal bermanfaat apa saja yang dapat kita lakukan di bulan ramadhan!

1. Membaca Al-Quran
Salah satu hal-hal bermanfaat yang dapat kita lakukan yaitu membaca Al-Quran. Kita dapat membaca Al-Quran bersama dengan keluarga. Di bulan ramadhan ini kita juga dapat mengkhatam Al-Quran dengan cara One day One Juz. Hal ini juga membuat kita terbiasa membaca Al-Quran, dan dengan seringnya membaca Al-Quran, insyaAllah bacaan kita akan semakin bagus.

2. Bersedekah
Kita dapat bersedekah kepada yang membutuhkan, seperti fakir miskin dan anak yatim. Apalagi dalam keadaan pandemi Covid-19 ini, tidak semua orang mampu bertahan dengan kondisi ekonomi mereka yang semakin menipis. Rasulullah Saw. pernah bersabda: “Sebaik baik sebuah sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan.” (HR. Tirmidzi). Maka dari itu, ini adalah saat yang tepat untuk kita membantu orang yang membutuhkan.

3. Tarawih Berjamaah
Walaupun banyak masjid yang ditutup karena pandemi Covid-19 ini, kita tetap bisa berjamaah di rumah bersama keluarga, dan ini adalah saat yang tepat untuk mempererat rasa kekeluargaan.

4. Memperbanyak Doa
Jika kita tidak pernah berdoa, kita adalah orang-orang sombong. Dengan berdoa, kita dapat mendoakan orang lain yang sedang mengalami kesulitan atau musibah. Kita juga dapat berdoa untuk orang-orang yang kita sayangi agar selalu diberi kesehatan, dan kita juga dapat berdoa agar pandemi Covid-19 ini cepat mereda.

5. Shalat Malam
Selain shalat wajib, kita juga dapat menjalankan shalat sunnah agar pahala kita semakin banyak di bulan ramadhan ini. Salah satu shalat sunnah yang dapat kita lakukan yaitu shalat tahajud. Shalat tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada sepertiga malam. Allah menjanjikan tempat yang mulia di sisi-Nya untuk orang yang melaksanakan shalat tahajud.

Itu dia hal-hal bermanfaat yang dapat kita lakukan selama bulan ramadhan. Semoga bulan ramadhan ini menjadi bulan yang penuh berkah.

Karinka Sutendi Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878