RADIONYA ANAK UNJ

Keep Inspiring, Keep Struggling, And Keep Being Low Profile.

Listening ERA FM UNJ Chat With DJ

ON AIR!

Morning Soul

Senin - Jumat

09.00 - 11.00 wib

Read More

Kampus Kita

Senin - Jumat

11.00 - 13.00 wib

Read More

Lunch Break

Senin - Jumat

13.00 - 15.00 wib

Read More

Nachos

Special Show

Senin, 15.00 - 17.00 wib

Read More

K-Oner

Special Show

Selasa, 15.00 - 17.00 wib

Read More

Love Consultant

Special Show

Rabu, 15.00 - 17.00 wib

Read More

Nostalgia

Special Show

Kamis, 15.00 - 17.00 wib

Read More

Goosebumps

Special Show

Kamis, 22.00 wib

Read More

Bolateli

Special Show

Jumat, 15.00 - 17.00 wib

Read More

Top 20 Chart

Special Show

Jumat, 19.00 - 21.00 wib

Read More

Persami

Sabtu - Minggu

Read More

Update

Rabu, 23 Desember 2020

Webinar Festival Pendidikan 4.0 : “Pentingnya Pendidikan Bagi Milenial untuk Berkarya Mewujudkan Indonesia Emas 2045

Webinar Festival Pendidikan 4.0 : “Pentingnya Pendidikan Bagi Milenial untuk Berkarya Mewujudkan Indonesia Emas 2045

 

Webinar Festival Pendidikan 4.0 :

“Pentingnya Pendidikan Bagi Milenial untuk Berkarya Mewujudkan Indonesia Emas 2045”

 

 

Festival Pendidikan 2020 ini, diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, loh Edufriend. Dalam rangkaian Festivasl Pendidikan diselenggarakannya lomba-lomba tingkat nasional yang pesertanya adalah pelajar SMA. Ada dua lomba yang diselenggarakan, yaitu lomba poster dan lomba essai. Acara ini tentu saja sudah matang dipersiapkan oleh panitia, jadi tidak heran, ya Edufriend, kalau acara ini berjalan dengan lancar walaupun dilaksanakan secara daring. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang sagat tinggi.

 

Pada hari minggu tanggal 20 Desember kemarin, Festival Pendidikan 4.0 telah sukses menutup rangkaian acara dengan menyelenggarakan Webinar yang betajuk “Pentingnya Pendidikan Bagi Milenial untuk Berkarya Mewujudkan Indonesia Emas 2045” yang artinya kita sebagai generasi milenial adalah garda terdepan harus memiliki kemampuan serta pengetahuan lebih luas untuk kedepannnya guna mencetak sumber daya manusia yang berkualitas.

Webinar ini diisi oleh pemateri Bapak Prof. Dr Hafid Abbas, M. Pd dan Shafira Alfarisi Baluail. Webinar ini dihadiri lebih dari 150 peserta loh, Edufriend. Keren banget kan? Edufriend jangan sampai ketinggalan di Festival Pedidikan 5.0 next time ya!

 

Dinda Hayatin

Editor: Riska Damayanti

Senin, 21 Desember 2020

7 Permainan Tradisional yang Dapat Mengingatkan Kita pada Masa Kecil

7 Permainan Tradisional yang Dapat Mengingatkan Kita pada Masa Kecil


7 Permainan Tradisional yang Dapat Mengingatkan Kita pada Masa Kecil

Edufriend, mungkin zaman telah berubah menjadi lebih canggih dari sebelumnya. Teknologi diciptakan, untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia, dan sering dengan perkembangan teknologi yang maju juga membawa banyak perubahan, salah satunya adalah permainan anak-anak.

Keadaan ini tentu saja berlawanan dengan situasi anak-anak jaman dulu. Berbagai permainan tradisional menjadi satu-satunya tempat hiburan dimana anak-anak bisa bermain. Dari bermain kelereng, petak umpet, layang-layang hingga gobak sodor. Tidak hanya menyenangkan, berbagai permainan tradisional juga dapat melatih ketangkasan untuk mencapai kebugaran jasmani yang baik.

Untuk mengulang kenangan kita tentang serunya permainan kita pada masa kecil. Yuk kita simak, beberapa permainan tradisional yang mungkin pernah kita mainkan. Inilah 7 permainan tradisional yang dapat mengingatkan kita pada masa kecil.


1.    Petak umpet


Kita biasanya bermain petak umpet setelah sekolah. Kamu dan temanmu berjanji akan berkumpul di lokasi yang sudah ditentukan. Biasanya permainan ini dilakukan oleh 5 sampai 10 orang, karena semakin banyak orang, semakin menyenangkan. Jika kamu orang pertama yang ditemukan, maka kamu dianggap kalah dan harus menjaga di permainan selanjutnya. Karenanya, kamu pasti akan bersembunyi di tempat yang sulit ditemukan, misalnya di rumah kamu sendiri.


2.     Bentengan


Permainan ini mungkin adalah salah satu permainan favorit kamu saat kamu masih kecil. Selain harus menjaga benteng, lawan juga harus dikalahkan dengan mengejar lawan secepat mungkin. Untuk menang, kamu harus menyusun strategi dengan bijak. Karena permainan ini sangat menyenangkan, orang tuamu akan mencarimu dan menyuruhmu pulang. Karena sudah larut malam, badan kalian yang sudah bau keringat.

 

3.    Ular Naga Panjang



Permainan tradisional ini biasanya dimainkan dengan banyak orang. Dua dari mereka akan mengangkat tangan membentuk sebuah koridor, sedangkan anak-anak lainnya akan berdiri dan membungkuk untuk berjalan melewati koridor sambil menyanyikan lagu naga panjang. Selesai bernyanyi, dua orang yang membentuk koridor akan meletakkan tangan mereka dan mengunci satu orang untuk ditangkap.

 

4.    Kelereng


Kelereng, permainan tradisional ini dimainkan lebih sering dimainkan oleh laki-laki daripada perempuan, meskipun begitu permainan ini bisa juga dimainkan oleh laki -laki maupun perempuan dengan bebas. Permainan ini dimainkan dengan menembakkan sejenis kelereng yang merupakan tiang dari kelereng lain yang melapisi tanah. Siapapun yang bisa menembakkan banyak kelereng ke sasaran adalah pemenangnya.

 

5.    Layang – Layang


Selanjutnya, ada layang–layang permainan tradisional yang tidak kalah serunya dengan permainan lainnya. Permainan layang-layang ini dimainkan dengan layang-layang terbang yang terbuat dari bambu dan dibungkus dengan kertas. Kemudian, pasang layang-layang tersebut ke tali panjang, dan kemudian layang-layang tersebut bisa terbang jarak jauh. Meski begitu, jika kondisi angin stabil, permainan ini bisa dilakukan dengan baik.

 

6.    Engklek


Permainan ini dimainkan dengan cara melompat dengan satu kaki di setiap kotak yang digambar di tanah. Untuk bisa bermain, setiap anak harus dibekali dengan pecahan genteng atau keramik yang. Dalam permainan tersebut, pecahan genteng atau keramik ditempatkan pada suatu petak yang digambar dengan cara dilempar ke tanah yang terdapat retakan. Tidak boleh diinjak/ditempati. Setiap pemain, oleh karena itu, pemain harus melompati blok yang ada dengan satu kaki ke blok berikutnya. Pemain yang menyelesaikan satu babak lebih dulu berhak memilih ubin sebagai "lapangan" nya, yang berarti bahwa pemain yang bersangkutan dapat menginjak ubin dengan kakinya, sementara pemain lain tidak boleh menginjaknya selama permainan. Peserta dengan kotak terbanyak akan memenangkan permainan.

 

7.    Gobak Sodor


Tujuan permainan ini adalah untuk mencegah lawan melewati garis terakhir bolak-balik, dan untuk memenangkan permainan, semua anggota tim harus menyelesaikan permainan bolak-balik dalam area yang telah ditentukan. Permainan ini biasanya didasarkan pada garis-garis yang ada untuk dimainkan di lapangan bulu tangkis, atau bisa juga menggunakan lapangan segi empat berukuran 9 x 4 m (dibagi menjadi 6 bagian). Garis besar setiap bagian biasanya ditandai dengan kapur. Anggota tim yang mendapat giliran menjaga lapangan dibagi menjadi dua bagian, yaitu anggota tim yang mempertahankan garis batas horizontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota tim yang memiliki tugas menjaga garis batas horizontal akan berusaha menghadang lawannya yang juga berusaha melintasi batas yang telah ditentukan sebagai garis batas bebas. Untuk anggota tim yang berjaga (biasanya hanya satu orang) bertanggung jawab untuk menjaga garis batas vertikal, orang tersebut memiliki akses ke seluruh batas vertikal di tengah lapangan.

Permainan tradisional ini biasanya dimainkan dengan banyak orang. Dua dari mereka akan mengangkat tangan membentuk sebuah koridor, sedangkan anak-anak lainnya akan berdiri dan membungkuk untuk berjalan melewati koridor sambil menyanyikan lagu naga panjang. Selesai bernyanyi, dua orang yang membentuk koridor akan meletakkan tangan mereka dan mengunci satu orang untuk ditangkap.

 

Yanuar Fitra Alfarisi

Minggu, 20 Desember 2020

PELATIHAN DESAIN STATISTIKA (PEDES)

PELATIHAN DESAIN STATISTIKA (PEDES)


PELATIHAN DESAIN STATISTIKA (PEDES)



Hi Edufriend! Seperti yang kita ketahui, perkembangan dunia desain semakin berkembang pesat seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan dan kesadaran masyarakat akan berkomunikasi. Dibuktikan dengan hampir setiap saat kita bersentuhan dengan desain grafis baik secara langsung maupun tidak langsung. Mau tidak mau kita harus meningkatkan skill dan pengetahuan dalam dunia desain.

Baru-baru ini tepatnya tanggal 19 Desember 2020, BEMP Statistika UNJ melaksanakan acara Pelatihan Desain Statistika atau bisa disebut PEDES. PEDES merupakan program kerja baru yang hadir dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill akan kemampuan menggunakan aplikasi pengedit gambar atau photoshop dan juga acara ini diharapkan dapat menunjang prestasi akademik dan non akademik serta kebutuhan profesi dimasa mendatang.

Tema yang diangkat pada PEDES kali ini adalah “Basic of Photoshop (BASHO)”. Menurut Yuliana Rahayuningsih selaku panitia PEDES, makna dari tema tersebut ialah agar peserta dalam pelatihan dapat menambatkan ilmu terkait basic desain aplikasi photoshop. Sasaran utama terlaksananya acara ini, yaitu seluruh mahasiswa statistika UNJ.

Persiapan untuk melaksanakan acara ini dimulai dari bulan November hingga pertengahan Desember 2020 dan dimulai dengan pelaksanaan Open Recruitment. Panitianya merupakan mahasiswa aktif Prodi Statistika tahun 2019. Selanjutnya dilakukan rapat secara rutin dan mengerjakan jobdesk sesusai divisi hingga pada hari berlangsungnya acara. Selain itu, terdapat kendala dalam acara yaitu susahnya komunikasi dengan sesama panitia karena kondisi pandemic ini. Akan tetapi, kendala tersebut dapat teratasi dengan baik dan acara dapat berjalan dengan lancar serta membuahkan hasil yaitu peserta dapat mengenal lebih dalam tentang aplikasi photoshop.

Menurut penuturan Avi Azzahra (19Th) selaku peserta PEDES menuturkan bahwa ia merasa terbantu dengan digelarnya acara ini.

“Gue selama ini ngedesain cuma pake picsart dan ga pernah pake app yang lebih pro gitu jadi mumpung ada pelatihannya ya ikut aja dan alhamdulillah dapet ilmu yang bermanfaat karena narasumber ngejelasinnya detail banget, TOP deh acaranya keren,” tuturnya.

Untuk kedepannya, Jihan Alifia selaku ketua panitia dalam acara PEDES mengungkapkan harapan yaitu agar materi yang diangkat lebih spesifik dan peserta dalam acara PEDES dapat lebih aktif. Ia juga berharap kedepannya agar target pesertanya lebih luas lagi. Kita aminin yuk, Edufriend!

 

Fatma Ramadianti

Sabtu, 19 Desember 2020

YUK LAKUKAN GAYA HIDUP SEHAT DENGAN 5 LANGKAH

YUK LAKUKAN GAYA HIDUP SEHAT DENGAN 5 LANGKAH

 

YUK LAKUKAN GAYA HIDUP SEHAT DENGAN 5 LANGKAH 

 

Edufriend, banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Padahal, hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. Nah, salah satu cara sederhana yang bisa Edufriend lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut 5 cara menerapkan gaya hidup sehat.

 

 1.    Kendalikan Stress


Sebenarnya stres tidak selalu berorientasi buruk pada hidup kamu. Adanya stres mendasari semua tindakan yang kamu lakukan. Tanpa adanya stres, kamu tidak memiliki kekhawatiran untuk melakukan hal ini dan itu. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menghadapi dan mengatasi stres dengan baik, sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Stress yang tidak terkendali dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, loh Edufriend. Contohnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau depresi. Selain itu, stres juga bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti sakit kepala, nafsu makan menurun atau binge eating, nyeri otot, insomnia, dan sulit untuk konsentrasi.

Ternyata, stress dapat dikendalikan, loh, seperti dengan memasang senyum palsu, mengelus kucing atau anjing, menari, mencoret-coret, kunyah permen karet dan tertawa. Intinya, buatlah diri kamu merasa nyaman dengan cara yang kamu senangi.

 

2.    Makan Makanan Yang Sehat


Makanan sehat adalah jenis makanan yang mengandung hal-hal baik atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa hal ini meliputi kandungan protein, karbohidrat, serat, dan beberapa unsur penting lainnya yang baik bagi tubuh. Dengan memilih makanan yang mengandung beberapa unsur tersebut, berarti kamu telah peduli akan kesehatan.

Pastikan kalau makanan dalam piring Edufriend memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik yaa. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Edufriend bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi melulu.

 

3.    Rutin Berolahraga


Dengan aktif bergerak, tubuh kamu akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik Edufriend akan merasa lebih bugar. Edufriend, kamu bisa melakukan beberapa olahraga yang kamu sukai dan tidak harus melulu jogging atau pergi ke gym. Kamu bisa juga berenang atau bermain sepak bola, loh.

 

4.    Banyak Minum Air Putih


Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang, loh Edufriend. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan kamu. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan, juga harus kamu dipertimbangkan, sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya ya, Edufriend!

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:

a)    Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan sembelit dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

b)    Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

c)    Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

 

5.    Tidur Yang Cukup


Tidur adalah salah satu aktifitas yang penting untuk kesehatan juga, loh Edufriend. Menurut penelitian, kurang memiliki waktu tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan, suasana hati, dan berat badan.  Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stress. Lebih dari 35% orang dewasa memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam ketika malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas memiliki resiko untuk masalah kesehatan seperti kanker dan akan mengalami penurunan kualitas hidup. Maka dari itu, berikan tubuh kamu waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik yaa!

 

Fakhri Abdillah Fajarudin

Editor : Riska Damayanti

Kamis, 17 Desember 2020

Get Started With Your Own Podcast

Get Started With Your Own Podcast

“Get Started With Your Own Podcast”


 

            Hallo Edufriend!! Pada Hari Senin, tepatnya Tanggal 14 Desember 2020, telah berlangsung seminar “Get Started With Your Own Podcast” loh!! Acara tersebut diselenggarakan oleh Radio Budi Luhur. Tujuan diadakan nya seminar tersebut pastinya untuk memberikan tips and tricks untuk teman-teman yang ingin membuat podcast. Agar teman-teman tidak lagi merasa kebingungan bagaimana cara memulai untuk membuat podcast yang baik dan menarik. Sasaran dari webinar ini adalah untuk umum, jadi baik mahasiswa Budi Luhur itu sendiri, maupun mahasiswa dari universitas lain, ataupun lapisan masyarakat lain dapat mengikuti acara seminar ini. Terlebih lagi acara seminar ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis loh, Edufriend!! Jadi hanya dengan bermodalkan kuota saja, kita bisa menerima ilmu yang sangat bermanfaat.

Tema tersebut dipilih karena kondisi yang sedang kita alami saat ini, yaitu pandemi covid 19. Dimana semuanya mengharuskan kita untuk berada dirumah dan melakukan kegiatan secara virtual. Terlebih lagi karena acara ini diselenggarakan oleh komunitas radio kampus, makannya dipilih lah podcast sebagai bentuk lain dari siaran. Kenapa podcast, karena pembuatan podcast itu bisa dari rumah masing-masing dan tidak mengharuskan kita untuk bertemu di suatu tempat, seperti studio siaran dan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat podcast juga sangat sederhana. Jadi dengan adanya seminar ini, diharapkan bisa membuat teman-teman untuk lebih kreatif dan produktif walaupun ditengah-tengah keadaan pandemi, yang tentunya menyulitkan kita semua.

            Seminar “Get Started With Your Own Podcast” ini menghadirkan narasumber yang kece banget loh, Edufriend!! Narasumber dalam seminar ini adalah Denboi seorang pengisi podcast Pocin (Potkes Cinta), dimana Denboi ini juga adalah seorang Announcer dan seorang Music Director di Radio Indika 91.60 FM. Selain Denboi, ada satu orang lagi narasumber yang engga kalah keren yaitu, Dhirham Andira sebagai pengisi podcast Lambe Malam. Nah Edufriend, ada satu hal yang menarik dari Dhirham Andira, dimana sebenarnya pada awalnya Dhirham Andira ini adalah seorang bintang tamu di acara podcast Lambe Malam, namun karena satu hal Dhirham Andira ini justru diangkat untuk mengisi podcast Lambe Malam.

            Fadhil selaku Ketua Pelaksana pada seminar “Get Started With Your Own Podcast”, menjekaskan tentang kendala yang dialami saat seminar berlangsung, yaitu kendala teknis yang seringkali terjadi pada seminar yang dilaksanakan secara virtual seperti, koneksi internet dan pengelolaan zoom pada saat hari H. Namun, tidak ada kendala berarti yang dialami selama mempersiapkan seminar tersebut sampai berlangsungnya acara seminar tersebut. Karena, dengan bantuan teman-teman panitia yang sangat tanggap dalam menangani masalah yang terjadi, Fadhil selaku Ketua Pelaksana merasa sangat dibantu, sehingga acara seminar ini dapat berlangsung dengan lancar dan baik.

 

Lusi Andriani

Selasa, 15 Desember 2020

13 Musisi Indie Indonesia Era 2000-an yang Wajib Lo Dengerin

13 Musisi Indie Indonesia Era 2000-an yang Wajib Lo Dengerin

 

13 Musisi Indie Indonesia Era 2000-an yang Wajib Lo Dengerin


Siapa sih yang gasuka musik indie? Musik yang belakangan banyak digemari anak muda ini, ternyata bukan aliran musik loh, Edufriend. Indie berasal dari kata “Independent” atau merdeka, maksudnya adalah merdeka atau bebas dari aturan major label. Ya, musisi indie biasanya mempunyai label rekamannya sendiri seperti Hindia dengan “Sun Eater Coven”-nya dan masih banyak lagi. Penyanyi-penyanyi seperti Hindia, Kunto Aji, Danilla, Sal Priadi, Pamungkas, Nadine Amizah, The Panturas, Barasuara, Ardhito Pramono, Reality Club, Elephant Kind, Fourtwnty, Sisitipsi, Kelompok Penerbang Roket & Stars and Rabbit, merupakan contoh dari musisi indie Indonesia masa kini. Namun sebenarnya, trend musik indie di Indonesia sudah dari puluhan tahun lalu loh, Edufriend. Nah, berikut adalah 13 musisi indie Indonesia era 2000-an yang wajib untuk lo dengerin nih, Edufriend:


1. Float

Pertama, ada band yang dibentuk oleh 3 Meng, Bontel & Remon yaitu Float. Band yang didirikan pada 2004 silam ini beraliran pop rock. Float telah meramaikan belantika musk indie sejak pertengahan 2000-an dengan merilis 5 album rekamannya yang dirilis oleh label Demajors. “Sementara & Pulang” adalah lagu andalan yang gue rekomendasiin buat lo nih, Edufriend.


2.    Sore

Kedua, ada band yang semua personilnya bermain dengan kidal guys, yaitu Sore band. Band yang beraliran jazz ini udah malang melintang sejak awal 2000-an loh, Edufriend. Total udah 3 album, 2 album mini dan satu album kompilasi nih yang dibuat oleh Sore. Enggak cuma album aja, tapi Sore juga banyak mengisi original soundtrack dari film-film Indonesia. Lagu “Sssst…” yang jadi andalan Sore, gue rekomen buat lo nih, Edufriend.


3.    The Adams

Ketiga, ada band indie rock yang mempunyai warna musik power pop, yaitu The Adams. Band yang nama awalnya adalah Lonely Band ini sudah eksis sejak awal 2000-an tepatnya pada tahun 2001. The Adams juga udah ngeluarin tiga album rekaman mereka, yang terbaru adalah “Agterplaas” yang baru aja tahun lalu dirilis. Lagu yang gue rekomen ke lo ada “Konservatif & Timur” nih, Edufriend.


4.    Goodnight Electric

Keempat, ada grup musik synthpop asal Jakarta, yaitu Goodnight Electric. Jauh sebelum musik EDM trend di Indonesia, grup musik ini udah aktif dari tahun 2003, nih Edufirend. Grup yang beranggotakan Bondi Goodboy, Henry “Batman” Foundation & Oomleo ini baru aja merekrut 3 personil baru untuk menggarap album ketiganya yang dirilis pada tahun ini loh, salah satunya adalah mantan personil Club 80’s yaitu Vincent Rompies. Semua lagunya gue rekomendasiin buat lo Edufriend, apalagi buat lo yang suka lagu-lagu dance elektronik.


5.    Adhitia Sofyan

Kelima, ada musisi Solo asal Bandung, yaitu Adhitia Sofyan. Solois yang memulai karirnya pada tahun 1999 dan mulai aktif kembali pada akhir periode 2000-an ini udah merilis empat album musik dan dua album mini loh, Edufriend. Lagu “Adelaide Sky” yang menjadi OST. Kambing Jantan: The Movie, sukses membuat namanya melambung tinggi. Banyak lagu yang gue rekomen dari musisi beraliran akustik ini untuk lo Edufirend, diantaranya ada “Sesuatu Di Jogja”, “Forget Jakarta”, “8 Tahun” dan masih banyak lagi.


6.    The Upstairs

Keenam, ada band yang terbentuk oleh dua mahasiswa IKJ pada 2001 silam, yaitu The Upstairs. Band yang digawangi oleh Jimi Multhazam & Kubil Idris ini mengusung genre new wave untuk bandnya. The Upstairs terkenal karena sering menjual album dengan waktu tercepat karena selalu laku keras dalam waktu singkat. Empat album dan dua mini album terhitung sudah dikeluarkan oleh Jimi, dkk. Semua lagu di album “Matraman” gue rekomen buat lo Edufriend khususnya buat judul yang bertitel sama.


7.    Pee Wee Gaskins

Ketujuh, ada band yang digawangi oleh Dochi & Sansan yaitu Pee Wee Gaskins. Band pop punk asal Jakarta ini terbentuk di seperempat akhir 2000-an, Edufriend. Band kontroversial yang memiliki banyak haters pada masanya ini, udah sukses merilis lima album dan empat album mini, loh. Band yang bisa dibilang Blink-182 nya Indonesia ini, juga udah banyak banget menciptakan lagu-lagu yang cocok didengerin khususnya untuk genre pop punk. Diantaranya ada “Berbagi Cerita”, “Sebuah Rahasia”, “Dibalik Hari Esok” dan masih banyak lagi yang harus lo dengerin.


8.    Mocca

Delapan, ada band yang berasal dari Bandung, yaitu Mocca. Band yang dibentuk pada akhir 90-an ini sukses mengisi belantika musik indie Indonesia, dengan merilis 6 album terhitung. Mocca memiliki fanbase yang disebut Swinging Friends loh Edufriend, yang rutin mengadakan pertemuan di Bandung. Mocca juga sempat mengisi soundtrack pada film Catatan Akhir Sekolah pada tahun 2005. Lagu-lagu seperti “On The Night Like This”, “I Remember”, “Teman Sejati” cocok untuk telinga lo yang seneng banget dengerin lagu jazz atau pop indie.


9.    The S.I.G.I.T.

Sembilan, ada band rock asal Bandung yaitu The S.I.G.I.T.. Band yang dimotori oleh Rekti Yoewono ini, sudah aktif sejak awal 2000-an dan sudah malang melintang di kancah internasional. Total sudah dua album yang diciptakan oleh band asal Bandung ini, dan album ketiga sedang proses dibuat dengan single pembuka “Another Day” yang dirilis Agustus lalu. Banyak lagu yang harus lo dengerin dari band yang semua lagunya berbahasa inggris ini, diantaranya “Black Amplifier”, “All The Time”, “Conundrum”, “Owl & Wolf” dan masih banyak lagi.


10. White Shoes & The Couples Company

Sepuluh, ada band yang semua personilnya adalah alumni IKJ, yaitu White Shoes & The Couples Company. Band bergenre funk jazz ini sudah aktif sejak tahun 2002 dengan 6 personilnya. Band yang mengusung tema retro dalam berpenampilan ini berhasil menciptakan tiga album dan satu album mini sejauh ini. Lagu yang wajib lo dengerin dari White Shoes adalah “Kisah Dari Selatan Jakarta”, “Senandung Maaf”, “Windu & Defrina”, “Roman Ketiga”, dll.


11. Endah N Resha

Sebelas, ada duo indie yaitu Endah N Resha. Duo Akustik bergenre Blues ini beranggotakan Endah Widiastuti pada gitar dan Rhesa Aditya pada bass yang sudah aktif sejak 2004 silam. Duo yang juga merupakan pasangan suami istri ini telah sukses mencetak empat album studio, empat album mini, dan beberapa album kolaborasi dan kompilasi. “Liburan Indie” dan “When You Love Someone”, jadi dua lagu yang gue rekomendasiin buat lo Edufriend.


12. Payung Teduh

Dua belas, ada band alternatif indie yang beraliran jazz, folk, keroncong, yaitu Payung Teduh. Band yang dibentuk pada akhir 2007 oleh mahasiswa UI bernama Is dan Comi ini, sukses membuat lima album studio sejauh ini. Namun, Is sang vokalis memutuskan hengkang, karena sudah merasa tidak sejalan dengan band. Semua lagu pada album “Dunia Batas” dan single “Akad” gue rekomendasiin buat lo edufirend.


13. Efek Rumah Kaca

Terakhir, ada band indie yang pastinya lo udah kenal nih, yaitu Efek Rumah Kaca. Band yang dipimpin oleh Cholil Mahmud sejak 2001 ini memilih rock alternatif sebagai genrenya. ERK dikenal karena isi lagunya yang banyak menggambarkan keadaan sosial masyarakat. ERK sudah merilis 3 album studio dan satu album mini yang dirilis tahun ini. Cholil dkk, juga sukses memenangkan beberapa penghargaan musiK terhadap lagu-lagu yang ia ciptakan. Lagu “Sebelah Mata”, “Desember”, “Cinta Melulu”, “Di Udara”, “Putih”, “Kau dan Aku Menuju Ruang Hampa” menjadi lagu yang wajib lo denger nih Edufriend.


Nah, gimana? Udah ngerasa nostalgia belom Edufriend, sama musisi-musisi indie Indonesia era 2000-an yang gue rekomendasiin diatas? Kalo udah, berarti harusnya lo udah punya anak sih, hahaha. Kalo lo baru denger atau baru tau mending langsung update deh playlist indie lo, biar ga itu-itu aja isinya!!

 

M. Taufiqul Hakim

Our Blog

Our Team

GENERAL MANAGER
MAINBOARD
VICE GENERAL MANAGER
MAINBOARD
SECRETARY
MAINBOARD
TREASURER
MAINBOARD
CREATIVE DESIGN
DEPARTMENT
PRODUCER
DEPARTMENT
HRD
DEPARTMENT
PUBLIC RELATIONS
DEPARTMENT
LOGITECH
DEPARTMENT
MUSIC DIRECTOR
DEPARTMENT
NEWS DIRECTOR
DEPARTMENT

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078