Rabu, 09 Desember 2020

Gusti Irwan Wibowo, Karyaone yang Iconic & Berbakat

 

Gusti Irwan Wibowo, Karyaone yang Iconic & Berbakat

 


“Kalau lo udah bertanya-tanya tentang makna sebenarnya dari lagu-lagu gue, selamat! Tujuan gue dalam membuat lagu itu akhirnya tersampaikan ke lo”. Begitulah celetuk Gusti setelah gue bertanya-tanya tentang makna lagunya. Yup, inilah sang solois iconic UNJ, Gusti Irwan Wibowo. Tau nggak sih, Edufriend, kalau Gusti ini mahasiswa Pendidikan Seni Musik UNJ angkatan 2017, loh! Mungkin Edufriend mulai akrab dengan sosok Gusti setelah nama dan wajahnya berlalu-lalang di timeline instagram kalian ya. By the way, Gusti juga bagian dari indomusikteam, jadi jangan heran kalau sering lihat Gusti di instagram atau tiktoknya indomusik.

Selain lucu dan iconic soal perannya di setiap video indomusikgram maupun di indomutiktok, Gusti juga udah punya mini album yang bertajuk PLATONIS yang berisikan 4 lagu nih, Edufriend! Lagu Akhir Awal, Pertanyaan, Malam yang Tak Menentu, dan Peralihan adalah lagu-lagu yang berada dalam mini albumnya. Menurut gue, semua lagunya keren-keren banget dan sesuai sama genre musiknya Gusti nih yaitu EnDiKup alias Enak di Kuping. Kalau Edufriend denger lagunya nih, Edufriend bakal kebawa banget sama komposisi lirik dan alunan setiap musiknya. Siap-siap baper, tapi bingung ya, Edufriend.



Fakta menarik dari karyanya Gusti, dia menulis lagu dan musiknya sendiri dalam ruang produksi miliknya, Dapur Rekaman. Keren banget, kan? Ditambah proses menciptakan sebuah lagu hingga proses produksi, sebagian besar ia lakukan sendiri mesikpun tentunya, ia tidak luput dari support orang-orang baik disekitarnya. Selain memang hobi untuk memproduksi karyanya sendiri, “karyaone baru seperti gue berusaha mencari cara dan kreatif untuk mengolah karya gue sendiri biar keliatan keren aja, padahal ya ngepress budget juga” ucap Gusti. Tapi menurut gue nih Edufriend, pasti nggak mudah ya menyelesaikan karya-karya hebat ini sendiri. Tapi pastinya puas banget pas denger hasilnya.



Seperti musisi atau karyaone lainnya, sebelum pandemi Covid19 ini, Gusti juga bernyanyi dari panggung ke panggung untuk bawain lagu-lagunya. Tetapi dengan pandemi yang tiba-tiba hadir diantara kita, ERAFEST masih beruntung sempat memiliki Gusti sebagai Artisnya di tahun 2019. Meskipun pandemi menghalangi Gusti untuk tampil di panggung tahun ini, ia tetap produktif di singgasananya, Kamar Tidur. Menurutnya, ada kenyamanan tersendiri buat Gusti untuk memproduksi karyanya di rumah. Kalau ditanya soal, “apakah Gusti merasakan dampak pandemi yang membuat dia terhambat untuk berkarya?” Jawabannya, “enggak ada alasan untuk engga produktif dimasa pandemi kayak gini”. Buktinya, selama pandemi yang sudah berjalan hampir 1 tahun ini, Gusti justru merilis 4 karyanya. Beberapa virtual collaboration dan 1 single yang berjudul ‘Padahal Ada Teknologi’ sudah bisa didengarkan melalui official youtube channel Gusti Irwan Wibowo atau melalui spotify music Gusti Irwan Wibowo.

Belum puas menghadiahi pendengarnya dengan berbagai kolaborasi dan single ‘Padahal Ada Teknologi’ yang sangat relate dengan masa sekarang ini. Gusti kembali memberikan hadiah kepada pendengarnya pada tanggal 9 desember ini, sebuah lagu penutup yang akan bernuansa tenang nan damai. Terinspirasi dari instrumental relax music or nature songs, Gusti berharap bahwa lagu Desember akan dapat menemani pendengarnya untuk self healing ataupun  sekadar bersantai sejenak. “Lagu Desember ini gue khususkan untuk menutup tahun 2020 dengan manis”. “Semoga lagu ini cukup mewakili sahabat manusia dan non manusia yang rindu akan ketenangan dari berisiknya tahun 2020 dan semoga lagu Desember menjadi lagu penutup tahun 2020 yang cukup mewakilkan rasa syukur kita” tutur Gusti.

 

Sovia Wahyu Eka Pratiwi

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078