Jumat, 03 Juli 2020

KBKR FIP UNJ


KBKR FIP UNJ



Hai Edufriend! Sudah taukah kamu tentang KBKR? KBKR adalah singkatan dari Kelompok Bimbingan Konseling Remaja dan juga salah satu organisasi mahasiswa (ORMAWA) yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ. KBKR sendiri sudah berdiri sejak 23 Maret 1985, berawal dari forum bimbingan konseling yang membahas terkait isu-isu bimbingan konseling hingga akhirnya tumbuh menjadi ORMAWA yang mewadahi mahasiswa FIP UNJ yang tertarik membahas isu-isu bimbingan konseling. Saat ini, KBKR berfokus pada isu-isu dan hal terkait dengan kesehatan mental, loh Edufriend. Menarik banget yaa!


KBKR telah sering mengadakan berbagai seminar dan talkshow dengan tema menyangkut kesehatan mental yang bisa membuat kamu lebih aware dengan kesehatan mental, baik untuk diri sendiri dan juga kesehatan mental di lingkungan sekitar kamu, loh. Ada pula acara KBKR Fair yang diadakan setiap tahunnya dan dihiasi dengan perlombaan, talkshow serta konser yang meriah. Selain itu, KBKR mempunyai program kerja KGTS (KBKR Goes To School) dimana mereka mengadakan penyuluhan dan bimbingan kelompok di sekolah-sekolah yang ada di Jakarta. Lalu pada saat masa pengaderan anggota baru, KBKR juga melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mengajar siswa SD di daerah Puncak. Seru banget yaa, Edufriend!. KBKR juga memiliki Podcast yang berisi diskusi dengan narasumber terkait dengan isu kesehatan mental.



KBKR terbuka untuk mahasiswa FIP UNJ yang berminat untuk mendaftar menjadi anggota maupun pengurus di dalamnya. Akan tetapi, untuk kamu mahasiswa di luar Fakultas Ilmu Pendidikan jangan khawatir, karena KBKR memiliki berbagai agenda menarik terkait kesehatan mental yang dapat mengedukasi dan menyadarkan kita tentang pentingnya kesehatan mental itu sendiri. Eits… tidak ketinggalan, KBKR juga memiliki program peer helper dimana kamu bisa melakukan konseling sebaya di sini, loh. Selain itu, KBKR juga memiliki program CO Satnight setiap malam minggu dari pukul 20.00 sampai 22.00 WIB, untuk menemani malam minggu kamu dan juga menemani curhatan-curhatan kamu. Di CO Satnight, kamu bisa mencurahkan keluh kesah kamu tentang dunia perkuliahan, pertemanan, hingga percintaan, dan pesan kamu akan dibalas oleh adminnya. Jika kamu tertarik dengan CO Satnight ini, kamu bisa langsung cek aja di Instagram dengan akun @co_satnight.

Untuk mahasiswa FIP UNJ yang mempunyai minat untuk bergabung dalam KBKR, kamu bisa mengikuti Orientasi Dasar KBKR atau OD KBKR yang dibuka setiap tahunnya. Firyal Nurul Jannah selaku ketua dari KBKR 2020 juga mengungkapkan harapannya untuk KBKR. “Semoga KBKR semakin baik, semakin bisa diliat dan dijangkau sama mahasiswa UNJ dan sekitar, lalu kegiatannya dapat bermanfaat untuk semua yang kita tuju” ungkapnya. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut dengan KBKR, kamu bisa cek akun Instagram mereka di @kbkrfip_unj karena selain terdapat info tentang KBKR, di sana juga terdapat informasi yang membahas tentang kesehatan mental juga, loh Edufriend.

Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878