Selasa, 26 Mei 2020

Manusia Berhak Bebas dari Segala Penindasan: Paulo Freire “Pendidikan Kaum Tertindas”


Manusia Berhak Bebas dari Segala Penindasan: Paulo Freire “Pendidikan Kaum Tertindas”


            Sudah kesekian hari Edufriend melakukan kegiatan di rumah aja semenjak ada virus Covid-19. Tentunya membuat Edufriend semakin bosan, karena tidak adanya interaksi yang terjadi secara langsung dan kita tidak bisa bebas bermain seperti dulu. Untuk mengusir kebosanan, maka penulis ingin memberikan rekomendasi buku bacaan bagi Edufriend dalam menjalani kegiatan di rumah aja. Buku tersebut membahas hal yang sudah terkenal di kalangan masyarakat dan memberikan banyak kritik terhadap penindasan atas pendidikan bagi kaum tertindas.
            Salah satu pembahasan yang bisa kita lihat dari buku tersebut adalah manusia berhak bebas dari segala perbuatan penindasan. Salah satu yang tertulis di buku ini, yaitu “Kebebasan adalah hal yang sangat diperlukan untuk mencapai hidup manusia yang utuh” disini Freire menekankan bahwa manusia membutuhkan kebebasan dan kebebasan tersebut harus dikejar bukan dikasih. Selain itu, buku ini juga menjelaskan betapa pentingnya refleksi dan aksi. Untuk melakukan refleksi dan aksi kaum tertindas butuh pendidikan dan dialog sehingga mereka bisa terbebas dari penindasan.
            Jika Edufriend membaca buku ini, bukan hanya persoalan tentang kebebasan tetapi banyak yang bisa kita ambil, yaitu humanisasi, pendidikan, perjuangan, dll. Dengan membaca buku ini, Edufriend juga bisa menambah khazanah kosa kata.
            Edufriend, teruslah membaca karena dengan membaca kita bisa mengetahui hal yang ada di dunia ini dan semakin penasaran terhadap segala sesuatu yang terjadi di alam semesta. Selain itu, mengingatkan kembali bahwa kita manusia yang tidak mengetahui apa-apa, sehingga tidak membuat kita tinggi hati.

Natalia Kristiani


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878