Rabu, 27 Mei 2020

5 STRETCHING AGAR TETAP SEHAT SELAMA WORK FROM HOME


5 STRETCHING AGAR TETAP SEHAT SELAMA WORK FROM HOME


            Penyebaran virus corona di beberapa wilayah di Indonesia memaksa institusi pendidikan menerapkan kebijakan 'work from home' atau WFH. Kebijakan ini diharapkan mampu menghentikan penyebaran virus corona. Saat kuliah dari rumah, kamu bisa bekerja sembari duduk santai di sofa atau dari atas kasur. Posisi yang bisa berubah-ubah bahkan kadang bukan posisi standar yang aman buat otot dan tulang. Ini pun ditambah durasi waktu duduk yang lama.
            Dikutip dari Prevention, penelitian membutikan bahwa perengangan mampu menigkatkan keseimbangan, untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu, loh. Hal ini juga membantu kamu mencegah cedera, rasa sakit atau nyeri. Berikut ini 5 stretching yang bisa kita lakukan sebelum dan sesudah WFH.
1.    Peregangan Leher
            Peregangan ini berguna untuk melemaskan otot leher. Leher biasanya tegang karena terus menatap layar laptop ditambah lagi posisi duduk yang berubah-ubah. Duduk di tepi kursi, lalu tarik bahu ke bawah dan ke belakang. Gunakan tangan kiri untuk menarik kepala ke sisi kiri dan tahan 30 detik. Ulangi bergantian masing-masing tiga kali

2.    Peregangan Overhead            
            Luruskan punggung, lalu angkat kedua tangan ke atas kepala. Kaitkan jari-jari dan dorong jauh-jauh ke atas. Tahan posisi ini selama 20-30 detik.

3.    Memutar Pinggang
            Tetap dalam posisi duduk, dekatkan kedua lutut. Tempatkan tangan kiri di paha kanan dan tangan kanan di paha kiri. Putar tubuh bagian atas ke kanan, hingga Anda bisa melihat ke belakang. Tahan beberapa detik dan lepaskan, ulangi pada sisi kiri. Ini menjaga tulang punggung tetap fleksibel.

4.    Peregangan Punggung
            Ini bermanfaat untuk bagian tengah tulang punggung dan membantu meningkatkan kelenturan punggung. Ambil posisi seperti merangkak, kedua tangan dan dengkul menapak lantai. Angkat punggung hingga membentuk busur seperti kucing. Sebaliknya, turunkan punggung seperti membentuk punggung unta.

5.    Peregangan Pergelangan Tangan
            Mengetik dan menulis selama berjam-jam akan membuat pergelangan tangan terasa pegal atau tidak nyaman. Sembari berdiri, tempatkan pergelangan tangan pada meja. Berikan sedikit tekanan hingga terasa ada peregangan. Tahan selama beberapa detik. Setelah peregangan, gerakkan pergelangan tangan secara melingkar. Lakukan beberapa putaran.

            Banyak yang bisa kita lakukan supaya terhindar dari penyakit, seperti berolahraga, berjemur dan minum vitamin, supaya badan kita tetapi terjaga dari virus. Semoga kita semua tetap bisa produktif walaupun di rumah aja.

Lawrencia Kristanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878