Minggu, 18 November 2018

Program Studi Tata Boga



Halo Edufriend, welcome back di info prodi! Yuk kita mulai menilik dan mengulik prodi di UNJ lagi. Kira-kira info dari prodi apa ya kali ini?

Jadi tuh info prodi ini datang dari Fakultas Teknik. Mesin? Elektro? Sipil? Jawabannya bukan Edufriend. Kali ini kita bakal ngebahas Pendidikan Tata Boga atau yang sekarang udah berubah namanya jadi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner. Secara spesifik, Pendidikan Tata Boga atau Pendidikan Vokasional Seni Kuliner ini masuk kedalam Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) di Fakultas Teknik UNJ.

Tata boga adalah ilmu pengetahuan mengenai boga (seni mengolah masakan) yang meliputi persiapan pengolahan sampai dengan menghidangkan makanan itu sendiri yang bersifat tradisional maupun Internasional. Jadi udah pasti nih anak tabog suka masak memasak. Eits tapi jangan kira anak tabog masak terus ya kuliahnya, seringkali juga anak tabog melakukan praktikum seperti mahasiswa lainnya.

Ada stigma yang menganggap bahwa jurusan ini cuma buat perempuan aja. Tapi ini cuma stigma loh Edufriend. Di lapangan, cukup banyak laki-laki yang jadi bagian dari program pendidikan ini. Dan kalau dipikir-pikir tuh banyak banget gaksih chef terkenal yang berkelamin laki-laki, contohnya aja Gordon Ramsay.

Buat menjadi mahasiswa tata boga tuh cukup sulit, gak kayak yang dipikirin orang-orang kebanyakan. Persaingan untuk menjadi mahasiswa prodi ini cukup ketat. Walaupun prodi ini adalah ranah soshum di SBMPTN, hal yang dipelajari selama kuliah banyak pelajaran IPA alias biologi, gizi dan teman-temannya. Paket lengkap banget gaksih kuliahnya.

Buat sehari-hari, prodi ini melakukan kegiatan perkuliahan di Gedung H. Itu tuh yang gedungnya di seberangnya Gedung G. Tapi kalo buat mata kuliah di luar mata kuliah prodi sih tetep ya kuliahnya di Gedung Dewi Sartika atau Gedung RA Kartini. Nah yang paling terkenal di Gedung H-nya anak tata boga tuh adalah cafenya yang dinamakan Beranda Restaurant and Pastry juga Terrace Cafe yang isinya makanan-makanan affordable dan enak, ya jelas sih yang bikin anak tata boga sendiri. Cafe ini adalah salah satu bentuk dukungan kampus terhadap prodi ini untuk membantu mengembangkan mahasiswa dan mengajarkan mahasiswa untuk mengelola restaurant sendiri.

Ada banyak sekali prospek kerja & karir yang bisa kamu jalani sebagai lulusan tata boga nanti, diantaranya adalah manajer layanan makanan, barista, food stylish, baker, chef/head chef, pengusaha kuliner, dan masih banyak lagi. Jadi meskipun judulnya adalah 'Pendidikan' yang berarti bergelar S.Pd tapi gak selalu harus jadi pendidik aja loh Edufriend.

That's all, Edufriend, gimana infonya? Nambah wawasan banget dong ya pastinya. Sampai jumpa di info prodi selanjutnya!


Widya Arumdwita

1 komentar:

  1. Terimakasih, ini sangat bermanfaat!
    Teruskan info-info tentang tata boga UNJ nya!

    BalasHapus

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078