RADIONYA ANAK UNJ

Keep Inspiring, Keep Struggling, And Keep Being Low Profile.

Listening ERA FM UNJ Chat With DJ

ON AIR!

Morning Soul

Senin- Jumat. Jam 08.00 - 10.00 wib.

Read More

Kampus Kita

Senin- Jumat. Jam 10.00 - 12.00 wib.

Read More

Lunch Break

Senin- Jumat. Jam 12.00 - 14.30 wib.

Read More

Era Explore

Senin- Jumat. Jam 14.30 - 17.00 wib.

Read More

Pulang Ngampus

Senin- Jumat. Jam 17.00 - 19.00 wib.

Read More

Chart

Latest Update Chart

Read More

Update

Rabu, 26 Desember 2018

Tipikal Unik Mahasiswa dalam Mempersiapkan UAS

Tipikal Unik Mahasiswa dalam Mempersiapkan UAS




UAS??? pasti kata ini udah tidak asing lagi ya edufriend ditelinga kalian. UAS kepanjangan dari Ujian Akhir Sekolah bagi kalian yang masih sekolah. Tetapi, bagi kalian yang sedang mencari ilmu di bangku kuliah, UAS kepanjangan dari Ujian Akhir Semester. Naah, beda ya edufriend jangan disama-samain artinya hehe.

Bagi kalian mahasiswa baru UNJ, jangan pernah terheran-heran kalau jadwal UAS kalian berbeda dengan jadwal UAS di universitas/perguruan tinggi lain. Karena, memang sudah sangat menjadi hal yang biasa kalau UNJ lebih lama untuk jadwal UAS dan itu juga menjadi penyebab kita masuk kuliah semester baru terlambat atau lebih lama. Jadi, bagi kalian yang mempunyai rencana untuk liburan sama keluarga atau dengan teman yang beda universitas harus perhatiin jadwal terus yaa.
Berbicara tentang UAS, Dj mau kasih tau sama kalian beberapa tipikal mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk UAS. Mulai dari yang terserius, terunik sampe yang terdeadlin.
#Tipikal Mahasiswa dalam Menghadapi UAS:
.      
11. Tim Ambisius (terserius)
Mahasiswa tipikal ini adalah mahasiswa yang selalu serius, mulai dari belajar di kelas, selalu perhatin kata demi kata yang dikatakan oleh dosen, mencatat semua penjelasan dosen, sering ke perpus, rajin baca buku, kupu-kupu (gak selalu sih), dan biasanya mempersiapkan UAS (udah belajar) 2 bulan sebelum UAS, dan hanya meriew materi H-1/2 hari sebelum ujian berlangsung. Jika kalian menjadi mahasiswa seperti ini atau mempunyai teman seperti ini, maka beruntunglah kalian kaula muda, bisa mencontoh, belajar bareng, bahkan bisa kalian anggap sebagai asisten dosen pribadi.

22. Tim Belajar Sembari Mendengarkan Musik
Mahasiswa tipikal ini adalah mahasiswa yang katanya materi gak akan masuk jika tidak mendengarkan musik. Jadi mahasiswa seperti ini akan selalu membawa headset/headphone di kantong/ tas kuliahnya. Lumayan tuh edufriend bisa jadi teman yang tepat kalo mau pinjem headset.

33. Tim “Nanti Ada Jalan”
Mahasiswa tipikal ini adalah mahasiswa yang malas untuk belajar dan hanya mengandalkan contekan yang ada di kantongnya. Biasanya mahasiswa ini mencatat sendiri contekan untuk dirinya, mulai dari di print perkecil atau ditulis tangan. Sangat disayangkan jika semua yang telah dicatat tidak keluar di soal atau lebih parahnya kalau soalnya hitung-hitungan, maka dari itu jangan dicontoh ya edufriend cara yang seperti ini hehe.

44. Tim Belajar Sistem Kebut Semalam (SKS)
Mahasiswa tipikal ini adalah mahasiswa yang sering banget ditemukan di berbagai kampus haha..mahasiswa seperti ini sudah terbiasa dengan belajar H-1 hari sebelum ujian berlangsung, katanya kalau belajar H-1 hari tuh materinya masih anget, jadi masih fresh banget diingatan. Tapi, sangat panik jika tiba-tiba materi yang sudah disiapkan/dipelajari lupa bahkan ngeblank seketika saat lihat soal ujian yang rumit.

Nah itu dia empat ciri khas mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk UAS edufriend. Unik-unik bukan??Apakah kalian menjadi salah satu/salah dua dari keempat ciri di atas?Atau bahkan  mempunyai cara yang lebih unik lagi? Nah kalau ada, bisa banget tuh dibagi ke teman-teman kalian, siapa tahu cocok dengan kepribadian teman kalian..
Semangat menjalani UAS edufriend, temukan cara terbaik kalian untuk mempersiapkan diri.

Zahra Verona Putri


x

Selasa, 25 Desember 2018

MAHASISWA ORGANISASI BERWIRAUSAHA

MAHASISWA ORGANISASI BERWIRAUSAHA



Mahasiswa organisasi? itu udah biasa, mahasiswa wirausaha? itu juga biasa.
Tau gak Edufriend apa yang gak biasa-biasa aja? Yaitu…
“Mahasiswa Organisasi Berwirausaha” kece parah gak si kalo kalian bisa menjadi salah satu mahasiswa dengan label ini. Disini DJ akan kasih tau kalian gimana si caranya menjadi mahasiswa organisasi berwirausaha dan salah satu contoh nyata mahasiswa yang aktif organisasi dan menggeluti bisnis dengan lancar.
Tips dan trick menjadi Mahasiswa Organisasi Berwirausaha:
1.      Buat Daftar Jadwal Prioritas Mulai dari Kuliah, Organisasi, dan Rencana Bisnis
Jangan salah Edufriend, buat list kaya gini, butuh waktu yang gak sedikit loh.. kalian harus bener-bener tau mana skala prioritas yang paling atas, urgent untuk dilakukan, dan waktu yang berdampingan. Belum lagi kalo list jadwal setiap hari akan berubah kalo ada hal yang tiba-tiba harus banget dilakukan saat itu juga, apalagi yang berhubungan dengan acara keluarga. So, better you prefer the schedule first ya Edufriend J

2.      Ikut Organisasi yang Berhubungan dengan Kewirausahaan
Dengan kalian ikut organisasi yang berhubungan dengan kewirausahaan, kalian akan dipertemukan dengan teman yang memiliki visi yang sama, dan pastinya akan disuguhkan dengan proker-proker yang mendukung bagaimana menjadi wirausaha yang baik dan benar. Kalian akan ditempatkan di satu wadah besar dan berkolaborasi langsung dengan mahasiswa lain yang beda fakultas. Info-info seminar juga akan bertebaran disana bahkan akan dipastikan kalian sendiri yang akan menjadi panitia di acara kewirausahaan yang akan diselenggarakan di organisasi tersebut.

3.      Ikut Seminar dan Workshop Bertemakan Wirausaha
Bagi kalian yang minat banget pada bidang ini, khususnya mau jadi yougpreneur harus sering-sering ikut seminar dan workshop, karena disitu kalian akan mendapat wawasan, ilmu, pengalaman yang sudah dialami bagi para entrepreneur yang sudah berhasil pada bidangnya. Kalian bisa berinteraksi langsung dengan para entrepreneur untuk mengetahui apa aja kiat-kiat yang sudah dilakukan. Karena, setiap orang pasti mempunyai kiat-kiat yang berbeda dan kalian bisa mencontoh jika sesuai dengan kepribadian kalian.

4.      Merencanakan Rencana Binis Seusai Mengerjakan Semua Tugas
Bagi kalian calon wirausaha muda, siap-siap aja yaa, waktu tidur kalian akan terambil dan kalian akan saingan sama panda karena kantong mata hehe..bercanda ya Edufriend :v. “Tapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, banyak perjuangan yang pasti kalian lakukan dan banyak perjuangan yang pasti kaian korbankan”. Udah kaya quotes kekinian belum tuh?hehe..

5.      DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakal)
Salah satu konsep yang patut kalian contoh adalah konsep DUIT. Setelah kalian sudah melakukan semua usaha di atas, yang kalian lakukan adalah Ikhtiar dan Tawakal. Serahkan semua kepada Allah dan percaya deh semua yang telah kalian akan membuahkan hasil, seperti kata pepatah “Apa Yang Kalain Tanam, Itulah Yang Kalian Tuai”, artinya “Apa Yang Kalian Lakukan, Itulah Yang Akan Kalian Dapatkan”. Ingat selalu ya Edufriend..

Nah..sekarang DJ akan kasih tau kalian salah satu contoh nyata Mahasiswa Organisasi Berwirausaha di lingkungan Universitas Negeri Jakarta. Yaitu, Nur Rokhmat
Nur Rokhmat atau yang akrab Rokhmat/Jayen/ Sayang juga boleh katanya haha..     
Rokhmat adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2017 di Fakultas Ekonomi. Rokhmat adalah salah satu mahasiswa yang aktif organisasi yang bahkan mengikuti 3 organisasi tingkat prodi (BEM Ekonomi Administrasi). Fakultas (KSEI FE UNJ), Univ (Kopma UNJ). Sekarang Rokhmat juga sedang menjalani usaha yaitu “Real Macaroni”. Real Macaroni adalah makanan ringan yang bahan bakunya adalah makaroni dengan pilihan rasa yang beragam, mulai dari pedes asin, pedes banget, jagung bakar, balado dan keju. Makaroni memiliki banyak peminat karena rasanya yang enak, dan tekstur makaroninya yang renyah untuk dimakan. Makaroni ini juga udah bisa kalian temukan ni Edufriend di Toko Jajanan FE (Economart dan Econodot) yang terletak di Gd. N. Harganya juga bersahabat dengan kantong ni, jadi kalian jangan takut ya kalon kantong kalian akan “kempes” setelah jajan makaroni ini.
Kiat-kiat yang Rokhmat lakukan juga lebih kurang sama dengan apa yang udah DJ kasih tau sama kalian di atas, tapi pasti semua orang mempunyai konsep atau prinsip yang berbeda-beda ya...Kalo kata Rokhmat “List dulu apa yang mau kalian lakukan hari ini dan besok, dan kerjakan semua yang udah ada di depan mata, gausah dipikirin lama=lama. Lakuin aja!!”. Nah gitu Edufriend tips dan trik dari Rokhmat.
Nah segitu dulu ya, yang bisa DJ kasih ke Edufriend...
Semoga bisa bermanfaat dan diterapin di kehidupan sehari-hari, gak lupa juga kalian bisa pilih salah satu tokoh yang bisa kalian jadikan panutan/motivasi untuk bisa jadi poros kalian dalam berwirausaha.
Semangat jadi Wirausaha Muda yaa....Raih impianmu sampai ke ujung dunia..
Keep Inspiring, Keep Struggling, and Keep Being Low Profile.


Zahra Verona Putri

Kamis, 20 Desember 2018

SK PEDOMAN KREDIT KEAKTIFAN MAHASISWA

SK PEDOMAN KREDIT KEAKTIFAN MAHASISWA

Halloooo, Edufriend... sudahkah Edufriend tahu mengenai SK PEDOMAN KREDIT KEAKTIFAN MAHASISWA yang belakangan ini menjadi perbincangan hangat mahasiswa prodi? Apa itu Kredit keaktifan? dan untuk angkatan berapa di berlakukan? simak SK dibawah ini yaaa, tapi nih kabarnya SK ini diberlakukan mulai untuk angkatan 2017 tapi simak selengkapnya di bawah ini....

















Enggal Fauzia





CARE 2018

CARE 2018





Sabtu, 15 Desember 2018 bertempat di Lapangan UPT telah diadakan sebuah acara bertajuk CARE (Charity for Education) 2018. CARE merupakan rangkaian penutup dari acara Civil Expo yang diadakan oleh Himpunan Prodi Teknik Sipil UNJ yang bertujuan untuk menggalang donasi untuk acara bakti sosial yang akan di selenggarakan pada bulan Januari 2019 mendatang, dimana semua dana yang terkumpul akan disalurkan untuk pembangunan sekolah di pedalaman. Tema acara tersebut adalah tribute. Acara tersebut tidak hanya untuk mahasiswa/i UNJ tetapi dari luar UNJ juga. Menurut Kak Anes, mahasiswi prodi Teknik Sipil’16 yang merupakan salah salah satu penonton, tujuan datang ke acara tersebut selain ikut berpartisipasi meramaikan acara prodi sendiri, kita juga bias sing along bareng teman-teman, dan yang paling penting kita bisa beramal juga, Edufriend.


Mitha Tri Ramadhanti

Senin, 17 Desember 2018

ERAFEST 2018 “Better Life, Better Acceptance”

ERAFEST 2018 “Better Life, Better Acceptance”









Hai Edufriend! Jumat, 14 Desember 2018 lalu bertempat di Teater Terbuka, Kampus A, Universitas Negeri Jakarta, telah berlangsung acara ERAFEST yang pertama dan akan menjadi program kerja tahunan dari ERAFM-UNJ. ERAFEST sendiri merupakan pengembangan dari kegiatan acara ERAKUSTIK yang sudah diselenggarakan setiap tahun. ERAFEST hadir dengan konsep yang berbeda dari ERAKUSTIK, yaitu berbentuk konser amal dan  pada tahun ini ERAFEST hadir sekaligus memperingati hari AIDS sedunia dengan tema acara “Better Life, Better Acceptance” sebagaimana bentuk dukungan gerakan Three Zero pada 2030.
Tujuan dari acara ini adalah
memberikan hiburan berupa konser musik dengan menampilkan grup musik yang menarik, diantaranya; Efek Djera, Claude Heart, Kabar Burung, dan masih banyak lagi. Ada juga talkshow yang menjadi wujud kepedulian terhadap ODHA dan upaya mendukung salah satu gerakan Three Zero yaitu Zero Stigma and Discrimination, yang merupakan suatu gerakan dengan target; tidak ada lagi penularan HIV, tidak ada lagi kematian akibat AIDS, dan tidak ada lagi diskriminasi terhadap ODHA.


Selain konser musik dan talkshow, di sana kita juga bisa melakukan cek status kesehatan seksual dan test VCT secara gratis, VCT itu sendiri adalah konseling dan tes HIV sukarela yang bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. Tidak hanya itu saja, di acara ERAFEST 2018 ini kita juga bisa berdonasi dengan cara membuat custom postcard, membeli totebag dan kita dapat belajar untuk menyablon sendiri desainnya, serta membeli minum dengan membayar se-ikhlasnya. Hasil dari penjualan tersebut didonasikan langsung ke LSM yang menangani ODHA.

Acara ini dipersiapkan selama 6 bulan, selama prosesnya panitia mengalami beberapa kendala namun tidak membuat panitia putus asa. Dan acara ini ditutup dengan penampilan dari Asteriska dan Adrian Yunan sebagai guest star di acara ERAFEST tahun ini.
Sampai jumpa di ERAFEST 2019, Edufriend!


Farhan Fabio Ibrahim

Minggu, 16 Desember 2018

UNJ AWARD 2018

UNJ AWARD 2018




            UNJ AWARD merupakan acara penghargaan tahunan yang diadakan oleh Universitas Negeri Jakarta. Acara ini bertujuan untuk mengapresiasi para mahasiswa dan mahasiswi yang telah mengharumkan nama almamater dan negara.
            Acara UNJ AWARD sendiri, pertama dimulai pada tahun 2014 dan tahun ini memasuki gelaran yang ke-4. Tahun ini diadakan di Aula Bung Hatta, Gedung Pasca Sarjana. UNJ AWARD tahun ini mengambil tema “Persembahan Prestasi untuk Almamater Tercinta”. Menurut bapak Abdul Kholik, M. Pd selaku ketua pelaksana UNJ AWARD 2018, tema ini bertujuan untuk mengajak para mahasiswa dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)  untuk berinovasi dan berkarya untuk kepentingan sosial.

            UNJ AWARD tahun ini mengapresisasi para mahasiswa dan mahasiswi berprestasi dalam 7 bidang penghargaan. Ketujuh bidang penghargaan tersebut adalah Penalaran, seni, minat khusus & kerohanian, olahraga, organisasi, teknologi dan kewirausahaan.
            Pada proses persiapan acara UNJ AWARD tidak memiliki kendala yang cukup berarti karena acara ini telah berjalan untuk yang ke 4 kalinya dan sudah dipersiapkan selama 3 bulan sebelumya. Dimulai dari penentuan ketua pelaksana hingga ke teknis acara.
Acara kali ini berjalan dengan lancar, namun tiba-tiba terdapat kejutan yang sangat spesial dari kategori seni yaitu Anissa Putri Utami yang mempersembahkan lagu berjudul My Heart Will Go On yang dipopulerkan oleh penyanyi Celine Dion. Hal tersebut membuat seisi aula terbawa oleh lagu tersebut. Buat Edufriend yukk raih prestasi sebanyak dan setinggi mungkin agar bisa mengharumkan nama almamater dan bangsa.

Abrar Yusra
           

COLOURPHONIC 2018

COLOURPHONIC 2018



Hallo Edufriend!! Telah berlangsung sebuah acara yang bertajuk COLOURPHONIC 2018. Acara ini merupakan program kerja tahunan Himpunan Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan. Mengangkat tema “Light Up The Sky” yang memiliki makna dan harapan agar para pelajar dan mahasiswa/i yang mengikuti acara ini dapat mengekspresikan minat dan bakatnya serta memiliki masa depan yang cemerlang. 

COLOURPHONIC 2018 memiliki beberapa rangkaian mulai dari Lomba dan Seminar Media Pembelajaran, Lomba dan Pameran Fotografi, Lomba Tari Ratoe Jaroeh dan ditutup dengan Pentas Seni pada 7 Desember 2018, lalu. Pentas Seni berlangsung dengan meriah karena kehadiran para bintang tamu seperti Semut Merah, Ezar, dan KmKz. Sampai jumpa di COLOUPHONIC tahun depan Edufriend!

Satria Fajar


Senin, 10 Desember 2018

KBKR FAIR 2018

KBKR FAIR 2018


KBKR FAIR 2018 ini merupakan proker tahunan yang diselenggarakan oleh ormawa Kelompok Bimbingan & Konseling Remaja. Tema yang diangkat pada acara ini adalah “Raising Awareness about Depression” yang berarti acara ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian mahasiswa terhadap depresi yang sedang marak terlebih lagi dikalangan remaja. 
KBKR FAIR 2018 memiliki tiga rangkaian acara yaitu Lomba Poster pada 5-30 Novemeber 2018, Talkshow yang mengupas tentang depresi pada 6 Desember 2018, dan Pentas Seni & Open Stand pada 7 Desember 2018 sebagai penutup rangkaian acara KBKR FAIR 2018. Acara yang terbuka bagi mahasiswa dan umum ini ditutup dengan kehebohan para dancer ala girl band Korea yaitu BlackPink yang sukses menarik perhatian para penonton.

Farist Khaeruman


DJ AJAYONER, TAMPIL DI PENUTUAN MP EXPO 2018

DJ AJAYONER, TAMPIL DI PENUTUAN MP EXPO 2018



Acara MP EXPO 2018 telah melewati beberapa rangkaian acara baik untuk acara internal maupun acara external. Beberapa rangkaian tersebut adalah SMITH, CHIPS, PRESIDENT, Debat Pendidikan, MP IDOL, dan ASPIRATIONS. Pada hari Rabu tanggal 05 Desember 2018 kemarin di adakan Grand Clossing atau Penutupan MP EXPO 2018. Acara penutupan di adakan di Halaman Gedung Daksinapati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Ada beberapa pengisi acara yang memeriahkan acara ini di mulai dari Komunitas di Prodi Manajemen Pendidikan, Band-Band Regist, Band Guest serta DJ Ajayoner sebagai Guest Star di acara ini.
Acarapun di mulai sekitar pukul 16.00 WIB yang di buka oleh dua orang MC yaitu Kak Andi dan Kak Attilla. Penampilan pertama di awali dari Komunitas Tari Manajemen Pendidikan yang mempersembahkan Tarian Ratoe Jaroeh. Acarapun seketika ramai di padati oleh beberapa penonton yang ingin melihat. Setelah penampilan dari anak-anak komunitas tari, acara di lanjutkan dengan sambutan dari Ketua Pelaksana MP EXPO 2018, Pembimbing HIMA MP serta Koordinator Program Studi Manajemen Pendidikan. Acarapun semakin ramai setelah penampilan dari Komunitas Musik Manajemen Pendidikan yang membawakan dua buah lagu khas Betawi.
Semakin sore acarapun semakin meriah, Paling Sabi adalah band pertama yang tampil dengan membawakan empat lagu yang bergenre Jazz. Penonton pun ikut bernyanyi melantunkan lagu yang di nyanyikan Paling Sabi Band. Tidak hanya penampilan band-band, tetapi acara ini juga banyak doorprize yang di bagikan kepada penonton. Strawberry Jam, band ke dua yang tampil setelah Paling Sabi. Dengan membawakan tiga lagu Indonesia, Strawberry Jam mampu memukau para penonton yang ikut bernyanyi. Acara selanjutnya adalah pemberian hadiah bagi para pemenang acara MP Idol dan MP Cup. Pemenang di berikan hadiah berupa Uang dan Goddie Bag serta Piala yang menjadi Juara Umum dari acara MP Cup.
Pemenang Juara 1 MP Idol 2018 yaitu Anjani dari Prodi PGSD, mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan suara emasnya di acara penutupan MP EXPO 2018. Selain Anjani Faozan Adzima juga tampil membawakan beatboxnya, para penontonpun berteriak mengagumi suara Beatbox Faozan. Semakin malam, banyak orang-orang yang berdatangan. Dengan penampilan dari Modern Dance yang bernama Power Blink, acarapun semakin meriah. Acarapun berlanjut dengan penampilan dari salah satu band yang personilnya berisi dari mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan yaitu FNOD atau Final Episode. Band inipun menyanyikan dua lagu dari musisi Barat.
Healthy Body Sick Mind yang merupakan Band Gues menjadi penampil selanjutnya. Dengan genre Regge, HBSM mampu membuat selutuh penonton yang hadir ikut bernyanyi dan bergoyang. Waktu yang ditunggupun tiba, setelah penampilan beberapa band dan komunitas dari prodi Manajemen Pendidikan, DJ pun sudah bersiap-siap untuk naik ke panggung. Waktu sudah menunjukkan pukul 20.45 yang menandakan penambilan sang Guest Star-pun akan di mulai. DJ Ajayoner-pun naik ke panggung dengan stelan baju kaos hitam, celana jeans serta sneakers. Seketika penontonpun langsung merapat ke panggung untuk menyaksikan dan menikmati penampilan dari Dj Ajayoner. Dengan penampilan lebih dari setengah jam, DJ Ajayoner mampu membuat semua penonton bergoyong dengan lagu yang dia mainkan. Acarapun di tutup dengan lagu yang di mainkan DJ Ajayoner disertai dengan kembang api yang di nyalakan oleh sebagian panitia. Acara Grand Clossing MP EXPO 2018 pun berjalan dengan lancar dan meriah.

                                                                                                                                          Heni

SEMINAR AKADEMIK 2018

SEMINAR AKADEMIK 2018


Seminar Akademik 2018 yang digelar oleh BEM Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 6 Desember 2018 lalu mengangkat tema “Promoting Language as The Right Media for Educating Millennial” yang dapat diartikan sebagai mempromosikan bahasa dalam mengedukasi millennial karena bahasa merupakan media yang pas dan penting untuk pendidikan. Seminar Akademik ini terbagi menjadi 2 sesi untuk sesi 1 dengan tema The Power of Language yang dibawakan oleh Marlina, S.Hum (Content Manager BAHASO) & Osman Bin Aman (Director of Linguaphone Group Limited Indonesia) dan sesi 2 dengan tema New Teacher, New Media, New Age dibawakan oleh Cecep Kustandi, M.Pd (Lecturer of Educational Technology UNJ, Author of “Media Pembelajaran dan Digital” book) & Naufal Aktsa Efendy(Co-Founder & CEO Mejakita).

Kedua sesi tersebut berlangsung sangat interaktif dan peserta pun sanagat antusias untuk bertanya mengenai materi yang dipaparkan. “Dengan adanya SEMDIK ini diharapkan kita sebagai calon-calon pendidik dapat menggunakan bahasa dengan cara yang lebih baik dan benar, agar dapat memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan” ungkap ketua pelaksana.

                                                                                                                                  Ellisa Purba


DEPRESSION TALKSHOW

DEPRESSION TALKSHOW


Kamis lalu, tepatnya tanggal 6 Desember 2018 di Aula Daksinapati, Gedung FIP UNJ, telah dilaksanakan salahsatu rangkaian dari acara KBKR FAIR 2018, yaitu Depression Talkshow dengan mengusung tema “Kenali diri di kalangan remaja”. Talkshow ini diisi oleh pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing. Acara ini berlangsung dari jam 13.00-16.30 WIB dan berlangsung dengan sangat meriah, banyak mahasiswa yang datang dan tertarik untuk mendengarkan isi talkshow tersebut, dikarenakan kata “remaja” sangat melekat di dalam diri seorang mahasiswa dan depresi adalah salahsatu hal yang terus membayangi mahasiswa, lebih tepatnya remaja. Di talkshow ini kita juga mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru, seperti hal-hal sederhana untuk menolong teman dari depresi, faktor-faktor pendukung depresi, obat anti depresan, gejala depresi, dan masih banyak lagi pembahasan seru yang ada di talkshow tersebut.

Salahsatu peserta talkshow, Ayas, mengatakan bahwa tema acara yang diusung sangat menarik dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, yang bisa mengamati perubahan di diri kita adalah diri sendiri. Kita harus aware sama diri sendiri, kita juga harus peka dengan sekitar, dan cari teman untuk berbagi. Saya juga mendapatkan kata-kata emas, yaitu "saya tidak sendiri" dan "saya bersedia mendengarkan", sebuah kalimat sederhana yang bisa membuat seseorang merasa lebih bermakna.

Adinda Larasati

Jumat, 07 Desember 2018

EXPOSE AND PERFORM 2018

EXPOSE AND PERFORM 2018




Senin, 3 Desember 2018, D3 Administrasi Perkantoran mengadakan talkshow dan perlombaan nasional dengan tema besar “HOCKEY” atau “Enthusiastic for Creative Skilled, Talented, and Systematic” yang  bertempat di Aula Bung Hatta lt. 2 Gd. Pascasarjana Kampus A, Universitas Negeri Jakarta. Acara ini terdiri dari dua agenda inti dengan tema dan bentuk acara yang berbeda. Agenda pertama adalah talkshow dengan tema “EXPOSE” atau “Explore Your Potentional to Reach Success” dan agenda kedua adalah perlombaan nasional dengan tema “PERFORM” atau “Prepare Yourself For Extraordinary Mission”.
Talkshow yang diadakan dari pukul 08.00 s/d 11.00 ini menghadirkan dua pembicara yaitu Dr. Phil. Zarina Akbar, M. Psi yang merupakan dosen fakultas psikologi UNJ dan Reza Pahlevi, seorang influencer dan content creator yang menarik dikalangan anak muda pada jaman ini. Talkshow ini mengangkat tema yang mengharapkan agar audience yang hadir dapat mengerti dan mengetahui potensi diri yang ada didalam diri masing masing. Selain menghadirkan talkshow yang menarik, audience juga disuguhkan dengan berbagai doorprize dan penampilan dari mahasiswi D3 Administrasi perkantoran itu sendiri.
Sedikit berbeda dengan agenda pertama, agenda kedua lebih menekankan kepada penerapan dari apa yang sudah dibicarakan di talkshow sebelumnya. Secara keseluruhan perlombaan ini diikuti oleh 11 tim vlog dan 12 peserta lomba poster yang masing-masing berasal dari berbagi wilayah di Indonesia. Pada perlombaan ini terdapat tiga juri yang terdiri dari Dr. Phil. Zarina Akbar, M. yang sebelumnya telah mengisi talkshow di agenda pertama,  Shandy Aditya BJB., MPBS. yang merupakan salah satu dosen FE UNJ yang memiliki keahlian dalam bidang Cinematography, dan Akbar Rahmat Ramadhan yaitu salah satu Duta UNJ yang mempunyai banyak pengalaman terutama dalam bidang pengembangan potensi diri.
Lomba Vlog dalam acara ini dimenangkan oleh I Ngurah Gede Adi Putra yang berasal dari SMK TI BALI GLOBAL DENPANSAR sebagai Juara I, Nopy Christina sebagai Juara II, Ilham Alif Nugroho yang berasal dari Probolinggo sebagai Juara III dan Mochammad Dhaffa Tedy yang berasal dari Salam 6 Depok sebagai Juara Favorite. Sedangkan untuk lomba poster dimenangkan oleh Indah Febriyana yang berasal dari UNJ sebagai Juara I, Afghan Hanif Adiyat yang berasal dari Rumah Abang Foundation sebagai Juara II, Cusni Anjani yang berasal dari UPI sebagai Juara III, dan Pamela yang berasal dari UNJ sebagai Juara Favorite.
Satu hal yang menarik dari perlombaan ini adalah peserta bukan hanya sekedar melihat melihat hasil karya dan pemaparan dari para peserta lomba tetapi juga terdapat berbagai macam hiburan seperti penampilan tarian tradisional oleh mahasiswi D3 Administrasi Perkantoran, games dan doorprize dengan hadiah yang sangat menarik, dan penampilan spesial oleh MIKART FE UNJ yang disambut dengan sangat antusias oleh penonton yang hadir.
“Acara ini berhasil menambah wawasan saya terutama mengenai potensi diri yang mungkin kebanyakan orang masih tidak tau dan mengerti betapa pentingnya untuk mengeksplorasi potensi diri yang ada,” Ucap Farist Khaerunman, Mahasiswa Pendidikan Elektro 2016 yang saat itu menghadiri acara tersebut bersama teman-temannya. “dengan adanya acara ini saya menjadi yakin bahwa saya mempunyai potensi diri yang harus digali dan dikembangkan untuk meraih kesuksesan kedepannya.” tambahnya kepada tim wawancara ERAFM UNJ.

Nindya Ayu

The 41st JGTC

The 41st JGTC



Acara musik bergengsi Jazz Goes To Campus (JGTC) kembali digelar pada Minggu, 2 Desember 2018 di Universitas Indonesia, Depok. JGTC 2018 sedianya dihelat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI.  Tahun ini, acara musik jazz yang sedianya menampilkan sejumlah musisi ternama tanah air dan mancanegara itu telah memasuki gelaran ke-41. Harga tiket untuk JGTC tahun ini yaitu: Presale 1: 85k, Presale 2: 98k, Premium: 350k, dan OTS: 128k. Open Gate sendiri pada pukul 12.00 dan ditutup pada pukul 21.00. Banyak musisi yang mengisi acara yang dibagi pada empat panggung ini, yakni;  Stage 'Rumah Indofood' diisi oleh Rampai Seruni, ITB Jazz, Safar, Teddy Adhitya, JGTC Choice Awards, Dwiki Dharmawan, Vira Talisa, Samifati, dan Kunto Aji. Stage 'Kopiko' diisi oleh Sasadana, Hops Pill, Hyperjoy, Project Pop, NS Brass, STM Band, Saxx in The City, Boyzlife, Andine, dan HiVi!. Stage 'Sprite' diisi oleh Gocci, Calkula, Maliq & D’Essentials, Kita Anak Negeri, Warna, JLC Trio, Dock in Absolute, Glenn Fredly, HajarBleh Big Band, dan Reza Artamevia. Stage 'Vario' diisi oleh Hagai Batara, Aditya Ong, BSO Band, MB3 Trio, Biagi, All Voices, MRandMRS, El Alice, Scrapbeat, Sujali, Rahmania Astrini. Serta musisi dari mancanegara Boyzlife, Samifati, dan Dock in Absolute. Acara yang dimulai pukul 13.00 ini berlangsung sampai pukul 24.00. Sangat meriah dengan senyum semringah para pecinta jazz tanah air. Sampai Jumpa di JGTC 42 tahun depan!.

Nurul Azizah

Selasa, 04 Desember 2018

ENTREPEDIA INSPIRING THROUGH IDEAS

ENTREPEDIA INSPIRING THROUGH IDEAS




Pada hari Minggu tepatnya pada tanggal 1 Desember 2018 Hima Manajemen UNJ mengadakan seminar Entrepedia Inspiring Through Ideas, seminar entrepreneur ini setiap tahun nya diadakan oleh Hima Manajemen UNJ. Seminar entrepreneur ini memiliki tujuan membagikan wawasan kepada audience mengenai tema-tema tertentu dalam bidang entrepreneurship. Tema seminar yang diangkat pada tahun ini yaitu Creating Opportunies on RevoIution Industry 4.0, makna dari tema ini sendiri adalah  bagaimana anak muda yang memiliki minat di dunia usaha melihat suatu masalah dan mengubahnya menjadi sebuah peluang di era terkomputerisasi revolusi industri 4.0 ini. Kegiatan Seminar Entrepedia ini menghadirkan tiga pembicara yaitu, Wafa Taftazani selaku Wakil Ketua Umum, Inovator 4.0 Indonesia, Andika Deni Prasetya selaku Socio Techno-preneur, Founder & CEO GEEV.COM dan Hebbie Agus Kurnia selaku CEO @Luarsekolah. Target audience dari seminar ini adalah mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang entrepreneurship,  siswa SMA dan juga seminar ini terbuka untuk umum.             
Kegiatan seminar Entrepedia ini dipersiapkan H-1 bulan acara, kemudian untuk pembentukan kepanitiaannya sendiri sudah dilakukan dari bulan September lalu. Namun, kegiatan seminar ini baru dipersipakan secara keseluruhan H-1 bulan, mulai dari menentukan tema, mencari pembicara, mencari sponsorship, mencari dana, sounding sekaligus promosi. Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan seminar  ini adalah setelah mengikuti seminar ini diharapkan audience wawasan mereka terbuka, bahwa entrepreneur bukan hanya seseorang yang sekedar berjualan, tetapi di dalam entrepreneur itu sendiri ada sociopreneur, dan technopreneur.

Ratna Sari

Our Blog

Our Team

HRD
DEPARTMENT
BROADCAST
DEPARTMENT
PUBLIC RELATIONS
DEPARTMENT
LOGITECH
DEPARTMENT

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 10am to 5pm

Phone:

0896-1006-1078