Minggu, 04 Oktober 2020

COMDEV KOPER FIP

 

COMDEV KOPER FIP

Halo Edufriend! Minggu ini kita akan membahas salah satu komunitas yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan, nih. Comdev Koper FIP merupakan singkatan dari Community Development Kota Peradaban Fakultas Ilmu Pendidikan. Nama “Kota Peradaban” diciptakannya dengan harapan komunitas ini dapat membangun peradaban dengan budi pekerti yang baik, sopan santun, dan akhlak yang baik pada lingkungan masyarakat dimanapun itu, terutama di Kota Jakarta. Comdev Koper FIP berdiri sejak 2011, dahulu nama komunitas ini ada Comdev Teko yang merupakan singkatan dari Community Development  Teras Koalisi. Perubahan nama ini dikarenakan pengabdian masyarakat yang dilakukan berbeda tempat. Pada saat itu, Comdev Teko dilakukan di sekitaran kampus A UNJ, yaitu daerah sunan giri. Akan tetapi, disebabkan satu dan lain hal yang tidak memungkinkan untuk dilanjutkannya pengabdian di tempat tersebut, maka pengabdian ini pindah ke Rusun Jatinegara Kaum dan berubah nama menjadi Comdev Koper. Komunitas ini sendiri didirikan oleh mahasiswa/i FIP yang kala itu memiliki keresahan dan timbul rasa inginnya melakukan pengabdian kepada masyarakat. Nah, sampai saat ini Comdev Koper FIP tengah melakukan pengabdian masyarakat di Rusun Jatinegara Kaum, ya Edufriend!

Dian Ayu Oktavia selaku Bendahara dari Comdev Koper FIP, mengungkapkan tujuan dibentuknya Comdev Koper yaitu, sebagai sarana pengabdian masyarakat bagi mahasiswa FIP untuk melakukan pembinaan pada sektor pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan ekonomi dalam rangka mewujudkan model masyarakat mandiri. Hal ini karena, Comdev Koper berstatus sebagai sebuah gerakan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dalam ranah sosial dan juga berfungsi sebagai sistem pendukung (supporting system) yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Departemen Sosial dan Politik BEM FIP UNJ, menjadi motor pengabdian masyarakat di FIP dan UNJ yang bersifat konsisten, berkelanjutan, dan independen.

Sudah banyak loh, kegiatan yang telah diselenggarakan oleh komunitas ini. Untuk kegiatan utama yang dilakukan adalah pengajaran pada anak-anak, selain itu komunitas ini juga mengadakan kegiatan seperti, Semarak Ramadhan, Lomba 17 Agustus untuk anak-anak Rusun Jatinegara Kaum, pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, Seminar Parenting untuk orang tua, dan masih banyak kegiatan menarik lainnya. Kegiatan pengajaran dibagi menjadi dua, yaitu pengajaran TPA (Taman Pendidikan Al-Qur'an) yang dilakukan pada hari Senin hingga Jum’at dan pengajaran dengan mata pelajaran sekolah dilakukan pada hari Sabtu. Kegiatan yang dilakukan ini juga bekerjasama dengan karang taruna dan masyarakat sekitar Rusun Jatinegara Kaum. Wah, seru sekali ya Edufriend!


Kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota dari Comdev Koper ini yaitu, pengajaran dengan jadwal yang telah ditentukan dan ada pula FAMDAY (Family Day) yang dilakukan setiap sebulan sekali dengan tujuan untuk mempererat ikatan kekeluargaan dalam komunitas ini. Akan tetapi, karena adanya pandemi tahun ini, maka jadwal pengajaran diberhentikan sementara dan FAMDAY dilaksanakan secara online. Comdev Koper FIP sendiri tidak hanya berfokus pada kegiatan pengajaran saja, akan tetapi juga pada kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat, sehingga kegiatan yang dilakukan banyak dan bervariasi, loh Edufriend! Masyarakat Rusun Jatinegara Kaum, tempat dimana kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan, pun sangat ramah dan terbuka kepada anggota ataupun pengurus dari Comdev Koper FIP, sehingga dapat terciptanya kerjasama yang baik antara Comdev Koper FIP dengan masyarakat sekitar. Hal ini membuat anggota ataupun pengurus Comdev Koper FIP tidak hanya mengenal tentang kegiatan pengajaran, tetapi juga tentang masyarakat itu sendiri, seperti mengenali karakter masyarakat, cara berinteraksi dan menjalin relasi baik dengan masyarakat. Menarik sekali ya, Edufriend!


Ranti Rahmawati selaku Kepala Divisi Internal Comdev Koper FIP, berharap agar Comdev Koper FIP ini dapat menjadi lebih baik ke depannya, dapat memberikan kontribusi terbaiknya dan dapat memfasilitasi masyarakat, terutama dalam bidang pendidikan, serta dapat membangun dan membentuk karakter masyarakat binaannya, yaitu masyarakat Rusun Jatinegara Kaum agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Nah, Comdev Koper FIP ini terbuka untuk seluruh mahasiswa/i FIP UNJ yang berminat untuk mendaftar menjadi anggota maupun pengurus di dalamnya. Komunitas ini memiliki dua jenis open recruitment, yaitu open recruitment untuk kontributor (non pengurus) dan open recruitment untuk pengurus itu sendiri. Open recruitment ini dilakukan setiap tahunnya ya, Edufriend. Jadi bagi mahasiswa/i FIP dan tertarik untuk bergabung, kamu dapat memantau info open recruitment tersebut pada sosial media Comdev Koper FIP di Instagram @comdevkoperfip ya.

 

Riska Damayanti


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878