Rabu, 10 Juni 2020

DESA PENDIDIKAN


DESA PENDIDIKAN




            Halo Edufriend! Pernahkah kalian berpikir bagaimana sih lingkungan pendidikan yang asri dan ramah? Jika kalian pernah berpikir seperti itu, bisa kalian lihat nih dari salah satu komunitas Fakultas Ilmu Sosial yaitu, Desa Pendidikan atau yang disingkat menjadi DEPE.
            Ngomong-ngomong, nama Desa Pendidikan sendiri mempunyai makna loh, Edufriend. Makna dari nama Desa merupakan sebagai gambaran lingkungan yang asri dengan penduduk yang ramah. Nama desa pun menjadi salah satu pengikat yang mencerminkan karakter dari pengurus DEPE. Hingga akhirnya, nama dari Community Development FIS UNJ adalah Desa Pendidikan. Harapan dengan dinamakannya Desa Pendidikan bisa menjadikan satu lingkungan yang asri dan ramah. Dengan bertambah besarnya komunitas ini, akhirnya DEPE mulai diperkenalkan kepada seluruh mahasiswa khususnya FIS UNJ.

 

            Komunitas yang sudah berdiri sejak Agustus 2012 dan didirikan oleh salah satu mahasiswa program studi Sosiologi 2009, yaitu Gunardi Ridwan. Tujuan komunitas ini berdiri pun sangat mulia loh Edufriend, yaitu menjadi tempat belajar gratis bagi anak-anak dengan kisaran usia 3-15 tahun; mengurangi tingkat kriminalitas terhadap anak-anak yang biasanya dilakukan oleh remaja dan orang dewasa; mencetak generasi penerus yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, cerdas, berbudi pekerti, penuh semangat dan ceria; serta memberdayakan anak remaja dalam hal pendidikan supaya selepas dari SMP bisa mengajari adik-adik di wilayahnya. Keren banget kan Edufried tujuan dibentuknya Desa Pendidikan ini.

 

            Selanjutnya, kegiatan yang sudah dilakukan Desa Pendidkan juga banyak loh Edufriend yaitu, pengajaran rutin yang dilakukan setiap minggu pada hari sabtu. Pengajaran pun sebagai kegiatan rutin dalam mengajar dan mendidik adik-adik binaan di sekitar yayasan tempat pengajaran lalu, ada festival anak, dan pendidikan & kepelatihan (diklat), serta DEPE juga mengadakan study tour yang biasanya ke museum-museum loh, Edufriend! Seru banget ya kegiatan yang dilakukan oleh Desa Pendidikan.


            Desa pendidikan sendiri mempunyai kegiatan rutin untuk pengurus seperti, evaluasi pembelajaran yang diadakan sekali dalam sebulan yang pastinya evaluasi tersebut membuat komunitas Desa Pendidikan semakin maju dalam mengajarkan adik-adik kita. Selain evaluasi pembelajaran, adanya kegiatan rutin kumpul bersama untuk tetap mempererat tali persaudaraan antar pengurus, biar ga ada yang slek (konflik) gitu Edufriend.
            Komunitas Desa Pendidikan pun mempunyai hal yang menarik, menurut Kepala Sekolah (ketua) Desa Pendidikan tahun 2020 dan sebagai narasumber, yaitu Aldi Waskito, hal yang membuat Desa Pendidikan menarik adalah sebagai tempat mahasiswa untuk mengabdikan dirinya untuk masyarakat, seperti salah satu tri dharma perguruan tinggi ya Edufriend, yaitu pengabdian masyarakat. Lalu, manfaat yang banyak didapati dari Desa Pendidikan yang membuat hal itu semakin menarik yaitu, mengasah kemampuan mengajar, mendapatkan teman-teman seperjuangan dan manfaat lainnya.


            Setelah Edufriend berkenalan dengan komunitas Desa Pendidikan, mungkin Edufriend tertarik untuk ikut sebagai pengurus di dalamnya. Nah, untuk Edufriend yang minat menjadi pengurus di dalamnya, Desa Pendidikan ini membuka Open Recruitment setiap tahun yang dimana ada tahap-tahap yang nantinya Edufriend ikuti, dimulai dari ikut pendidikan, dan pelatihan yang telah disediakan oleh para pengurus Desa Pendidikan. Namun, Desa Pendidikan baru membuka open recruitment bagi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UNJ saja nih, Edufriend. Kita doakan saja semoga Desa Pendidikan bisa terbuka untuk umum ya Edufriend, sehingga tujuan yang ada bisa tercapai dengan maksimal.
            Harapan dari ketua Desa Pendidikan sendiri, yaitu semoga DEPE bisa lebih baik dalam segala hal. Baik dalam hal pengajaran, pengorganisasian dan hal-hal lainnya. Serta, DEPE bisa berkembang lebih besar dan lebih baik lagi.
            Semoga DEPE bisa berkembang lebih besar dan lebih baik lagi.
           
Natalia Kristiani Maru’ao


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878