Minggu, 18 November 2018

Makna Sebuah Pencapaian Dalam Hidup


Hasil gambar untuk pencapaian

Berbicara tentang pencapaian, tentu setiap orang mempunyai definisinya masing-masing. Ada yang menyebutnya apa yang kita peroleh, ada yang menganggap apa yang kita lampaui. Lantas adakah dari pandangan mereka yang salah? Jawabannya, tidak. Semuanya benar dengan sudut pandang positif.

"Saya tidak pernah mendapatkan pencapaian membanggakan"

Seringkali saya mendengar kalimat semacam ini. Mungkinkah lupa bahwa sedari masih seorang bayi, kita sudah melakukan pencapaian? Mulai dari kita dilahirkan, saat indera dalam tubuh ini dapat berfungsi dengan baik, satu demi satu, itu adalah sebuah pencapaian dan pastinya, itu membanggakan bukan cuma untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang yang menantikan kita hadir di dunia.

Melewati hari demi hari sebagai mahasiswa juga adalah pencapaian. Kita berhasil melawan rasa kantuk di pagi hari dan rasa malas menghadapi hiruk pikuk ibukota demi sampai ke kampus. Kita menang bertarung dengan kemalasan agar dapat mengerjakan tugas yang diberikan.

Memaknai setiap hal yang terjadi dalam hidup kita itu hal yang wajib. Kita harus cukup menghargai diri sendiri agar dapat melihat apa yang kita capai, apa yang kita peroleh, apa yang kita raih. Tidak peduli itu pencapaian kecil atau besar, berbahagialah jika mendapatkannya. Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan orang lain lalu berkecil hati setelahnya. Pupuklah rasa bersyukur agar tidak muncul ambisi negatif di diri kita, kembangkan diri ke arah positif.


Widya Arumdwita
Fakultas Bahasa dan Seni

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878