Minggu, 18 November 2018

SEMARAK FESTIVAL ARAB ke 9



                Sejak Senin (12/11/2018) sampai dengan Rabustand yang menjual berbagai macam pilihan makanan. Ternyata acara tersebut adalah Semarak Festival Arab, Edufriend. Atau yang sering kita temui dengan singkatan SAFAR. Tahun ini merupakan kesembilan kalinya SAFAR diadakan.
14/11/2018 lalu, di Lapangan UPT Perpustakaan telah kita lihat sebuah panggung yang berdiri serta cukup banyak
                Mengusung tema “Nuansa 1001 Malam di Bumi Nusantara”, ketua pelaksana SAFAR, Muhammad Syamsurisidi menyatakan “kita mengangkat nuansa 1001 malam yangmana identik dengan timur tengah. Karena prodi kami, Pendidikan Bahasa Arab yang juga berasal dari timur tengah, maka dari itu kami pun mengangkat tema tersebut”. Maka dari itu, properti serta konten acaranya pun mengangkat nuansa timur tengah. Selain ingin mempererat silaturahmi dengan prodi, fakultas, maupun universitas, SAFAR juga ingin menumbuhkan rasa suka terhadap bahasa Arab. Hal tersebut juga didukung oleh konten acara yang dominan berbahasa Arab.
                Di SAFAR 9 terdapat banyak sekali lomba, Edufriend. Terdapat 12 lomba yang terdiri dari kategori Lomba – lomba tersebut pun sudah diadakan sejak Senin (12/11/2014) lalu. Diantaranya terdapat lomba hadroh, puisi Arab, menyanyi Arab, cerdas cermat, pidato, debat Arab, membaca berita, musabaqoh hifdzil Quran, musabaqoh tilawatil Quran, taqdimul qishah. Acara ini juga dapat disaksikan untuk seluruh warga UNJ, Edufriend. Sebab berlokasi di Lapangan UPT Perpustakaan yang banyak dilalui oleh mahasiswa UNJ. Apalagi banyak stand yang dibuka mulai dari makanan hingga kecantikan.
                SAFAR merupakan program kerja BEM Prodi Bahasa Arab yang melibatkan 3 angkatan yaitu 2016, 2017, dan 2018. Selain itu, acara ini telah dipersiapkan selama satu tahun lho, Edufriend. Mulai dari pemilihan ketua pelaksana, rekrutmen panitia, hingga mencari sponsor dan rekan media.  Sebelum puncak acara, SAFAR 9 juga memiliki rangkaian acara. Dimulai dengan Seminar Kebudayaan yang diisi oleh Wakil Menteri Luar Negeri untuk Arab Saudi, Bapak Sunarko, di Aula Gedung Sertifikasi Guru, Beauty Class oleh Wardah di Aula D108, lalu yang terakhir adalah puncak acara yang diadakan di Aula UPT Perpustakaan.

Nabila Hidayah


1 komentar:

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878