Sabtu, 11 November 2023

Yuk Nonton Series yang Lagi HIts, Gadis Kretek: Seorang Gadis, Kretek, dan “Sausnya”

 Yuk Nonton Series yang Lagi HIts, Gadis Kretek: Seorang Gadis, Kretek, dan “Sausnya”

Oleh Sasi Kirana Rein


Sumber : Netflix


Netflix telah merilis serial yang telah viral di media sosial belakangan ini. Serial ini berjudul Gadis Kretek dan sudah tayang dari 2 November 2023. Serial ini diadaptasi dari novel dan disutradarai oleh Kamila Andini serta Ifa Isfansyah. Pemeran dari Gadis Kretek sendiri diperankan oleh Dian Sastrowardoyo sebagai bintang utama dalam serial ini.

Saat kita menonton serial Gadis Kretek, kita akan dibawa kembali ke era tahun 1960-an dan khususnya pada zaman industri rokok kretek.

Serial ini mengisahkan tentang Lebas (diperankan oleh Arya Saloka) yang selalu menemani ayahnya selama perawatan di rumah sakit. Ayah Lebas, Soeraja, adalah pemilik bisnis besar kretek Djagad Raja yang telah berdiri sejak masa pasca penjajahan Belanda. Suatu hari, Soeraja tiba-tiba terbangun dari kondisi lemahnya dan mulai memanggil nama Jeng Yah berkali-kali, menyebabkan kebingungan Lebas. Lebas, sebagai anak bungsu dalam keluarga, sering diabaikan oleh saudara-saudara kandungnya, dan keluarganya tidak memperhatikan cerita Lebas tentang teriakan ayahnya. Meskipun begitu, Lebas berusaha untuk mencari tahu siapa Jeng Yah yang misterius itu. Keinginannya ini membawanya kembali ke masa lalu, ketika industri kretek di Kota M dikuasai oleh perusahaan milik juragan bernama Idrus Muria (diperankan oleh Rukman Rosadi). Idrus memiliki dua anak perempuan, Dasiyah (diperankan oleh Dian Sastrowardoyo) dan Rukayah (diperankan oleh Tissa Biani). Dasiyah, sebagai anak sulung, belum menemukan jodoh, tetapi, ia memiliki keinginan untuk menjadi penerus usaha kretek ayahnya. Dia juga bercita-cita untuk menciptakan saus kretek terbaik, tetapi cita-citanya pupus karena pada saat itu perempuan, seperti Dasiyah atau Jeng Yah, seringkali menghadapi diskriminasi dan dilecehkan oleh kaum pria. 

Apakah Lebas berhasil untuk memenuhi permintaan ayahnya untuk mencari tahu dan menemukan Jeng Yah? Saksikan serialnya di Netflix sekarang!


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878