Sabtu, 11 November 2023

Tertunda Puluhan Tahun, The Beatles Rilis Lagu “Now And Then”

 Tertunda Puluhan Tahun, The Beatles Rilis Lagu “Now And Then”

Oleh Olivia Toguiboto Rambe


The Beatles (1969). Foto: Dok. Bruce Mcbroom/Apple Corps


Edufriend, group musik asal Inggris The Beatles baru saja merilis lagu baru sekaligus lagu terakhir mereka loh. Now and Then adalah lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh Jhon Lennon sebelum akhirnya diselesaikan oleh Paul McCartney dan Ringo Star setelah 45 tahun,  dengan menggunakan bantuan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (Al) untuk dirampungkan oleh grup band tersebut.

Lagu tersebut resmi dirilis di seluruh dunia pada Kamis, 2 November 2023 oleh Apple Corps Ltd./Capitol/UMe.

Lagu tersebut berisi ungkapan penyesalan dan maaf, yang dikemas menjadi lagu cinta oleh John Lennon. George Harrison juga terlibat melalui sentuhan gitar yang direkam pada tahun 1995. Dan produser The Beatles, Giles Martin, berkontribusi menambahkan aransemen baru.

Untuk mendukung lagu baru tersebut nih Edufriend, The Beatles juga ngerilis video musik Now and Then pada Jumat, 3 November di seluruh dunia. Dan proses pengerjaan lagu tersebut dibuat seperti film dokumenter, berdurasi 12 menit  yang disutradarai oleh Oliver Murray dan telah tayang di kanal Youtube The Beatles.

Video tersebut mengisahkan momen pembuatan lagu terakhir The Beatles, dengan menampilkan para personal saat menggarap lagu Now and Then. Bahkan ada beberapa cuplikan komentar dari para personel. Rekaman tersebut diberikan oleh Yoko Ono Lennon, istri John Lennon pada 1994, kepada Paul, George, dan Ringo, bersamaan dengan demo John untuk Free As Bird dan Real Love.

Nah, gimana Edufriend? Udah dengerin lagu terbaru The Beatles atau belum? Kalau udah berarti lo Beatlemania ya kann dan kalau belum langsung aja dengerin lagu terbaru mereka!!


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878