Sabtu, 19 Desember 2020

YUK LAKUKAN GAYA HIDUP SEHAT DENGAN 5 LANGKAH

 

YUK LAKUKAN GAYA HIDUP SEHAT DENGAN 5 LANGKAH 

 

Edufriend, banyak orang yang tidak begitu paham bagaimana caranya untuk menjaga dirinya tetap sehat, baik secara fisik dan mental. Padahal, hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur. Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. Nah, salah satu cara sederhana yang bisa Edufriend lakukan untuk hidup lebih bahagia dan panjang umur adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut 5 cara menerapkan gaya hidup sehat.

 

 1.    Kendalikan Stress


Sebenarnya stres tidak selalu berorientasi buruk pada hidup kamu. Adanya stres mendasari semua tindakan yang kamu lakukan. Tanpa adanya stres, kamu tidak memiliki kekhawatiran untuk melakukan hal ini dan itu. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menghadapi dan mengatasi stres dengan baik, sehingga menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Stress yang tidak terkendali dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, loh Edufriend. Contohnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau depresi. Selain itu, stres juga bisa menimbulkan berbagai gangguan, seperti sakit kepala, nafsu makan menurun atau binge eating, nyeri otot, insomnia, dan sulit untuk konsentrasi.

Ternyata, stress dapat dikendalikan, loh, seperti dengan memasang senyum palsu, mengelus kucing atau anjing, menari, mencoret-coret, kunyah permen karet dan tertawa. Intinya, buatlah diri kamu merasa nyaman dengan cara yang kamu senangi.

 

2.    Makan Makanan Yang Sehat


Makanan sehat adalah jenis makanan yang mengandung hal-hal baik atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa hal ini meliputi kandungan protein, karbohidrat, serat, dan beberapa unsur penting lainnya yang baik bagi tubuh. Dengan memilih makanan yang mengandung beberapa unsur tersebut, berarti kamu telah peduli akan kesehatan.

Pastikan kalau makanan dalam piring Edufriend memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik yaa. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Edufriend bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi melulu.

 

3.    Rutin Berolahraga


Dengan aktif bergerak, tubuh kamu akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik Edufriend akan merasa lebih bugar. Edufriend, kamu bisa melakukan beberapa olahraga yang kamu sukai dan tidak harus melulu jogging atau pergi ke gym. Kamu bisa juga berenang atau bermain sepak bola, loh.

 

4.    Banyak Minum Air Putih


Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang, loh Edufriend. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi. Minuman jenis lain, misalnya soft drink, tergolong tinggi gula dan kalori sehingga dapat menambah berat badan kamu. Minuman berenergi yang kerap dipilih sebagai sumber cairan, juga harus kamu dipertimbangkan, sebab mengandung gula dan kafein. Demikian pula dengan jus buah kemasan, selalu perhatikan label produknya terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya ya, Edufriend!

Air putih yang bebas kalori dan gula merupakan pilihan paling sehat demi menjaga tubuh tetap memiliki cairan yang cukup, sekaligus mengatasi rasa haus kapan saja. Selain itu, manfaat minum air putih juga dinikmati oleh beragam fungsi tubuh, antara lain:

a)    Menjaga kadar cairan tubuh atau mencegah dehidrasi sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan sembelit dan penyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan penting dalam mempertahankan suhu tubuh yang normal.

b)    Membantu memberikan energi pada otot dan melumasi sendi-sendi agar tetap lentur. Ketidakseimbangan cairan dapat memicu kelelahan pada otot.

c)    Membantu mengendalikan asupan kalori tubuh. Minum air putih jauh lebih baik dalam mencegah peningkatan berat badan dibandingkan minuman yang mengandung tinggi kalori.

 

5.    Tidur Yang Cukup


Tidur adalah salah satu aktifitas yang penting untuk kesehatan juga, loh Edufriend. Menurut penelitian, kurang memiliki waktu tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan, suasana hati, dan berat badan.  Tidur yang cukup dapat membantu mengontrol nafsu makan dan berat badan. Tidur juga membantu mencegah terjadinya penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Salah satu penyebab terganggunya waktu tidur dan rendahnya kualitas tidur adalah kondisi tubuh dan pikiran yang stress. Lebih dari 35% orang dewasa memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam ketika malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas memiliki resiko untuk masalah kesehatan seperti kanker dan akan mengalami penurunan kualitas hidup. Maka dari itu, berikan tubuh kamu waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik yaa!

 

Fakhri Abdillah Fajarudin

Editor : Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878