Minggu, 13 Desember 2020

Kabar Burung, Rawamangun and UNJ’s Pride

 

Kabar Burung, Rawamangun and UNJ’s Pride

 


            Kabar Burung. Edufriend pasti nggak asing kan dengan pilihan kata ini? Tapi, mungkin selama ini Edufriend hanya tahu bahwa Kabar Burung adalah sebuah kabar yang masih simpang siur bukan?. Kabar Burung yang ini beda, karena Kabar Burung yang gue maksud disini adalah sebuah band asal Rawamangun yang sudah melahirkan berbagai karya yang luar biasa. Band yang beranggotakan 7 personel ini terdiri dari Kibar, Cakra, Danang, Juan, Yusa, Ryan, dan Fachri dahulu merupakan mahasiswa UNJ, loh Edufriend! Uniknya lagi, personilnya bukan hanya dari mahasiswa Pendidikan Seni Musik saja, tetapi juga mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris. Sebuah kolaborasi yang membanggakan, kan?.

            Sebelum terbentuk secara resmi pada tahun 2017, Kabar Burung yang saat itu masih aktif sebagai mahasiswa ternyata sudah mulai berkarya dan bernyanyi dari panggung ke panggung sejak 2013, lohh. Kebiasaan dan keisengan yang mereka lakukan setelah kuliah layaknya mahasiswa pada umumnya seperti nongkrong dan mengobrol, ternyata mampu melahirkan karya-karya yang kini dapat didengarkan oleh kita semua. Hal itu dapat dibuktikan dalam album yang mereka rilis secara digital pada 31 Maret 2019 bertajuk “Pesan”. Sembilan lagu yang berisikan berbagai kisah cinta remaja tanggung ini pastinya bisa banget buat Edufriend jadiin kode ke pacar ataupun gebetan. “Kabar Burung selalu berharap, karya kami dapat menemani dan menghibur teman-teman semua ditiap kegiatan” Ujar Kabar Burung. Meskipun sudah didengarkan lebih dari 139,4 Ribu kali oleh pendengar mereka dikanal Spotify, Gue harus meracuni Edufriend dengan lirik magis dan melodi manis album “Pesan” ini yang bisa Edufriend dengarkan  lewat joox, spotify, maupun apple music.

            Untuk melengkapi jati diri Kabar Burung sebagai sebuah band, Konser Tunggal album Pesan sekaligus perilisan album fisik “Pesan” yang didukung oleh Demajors Record pada akhirnya diselenggarakan pada 21 Desember 2019. Konser yang diselenggarakan di IFI Jakarta itu membawa kehangatan bagi tiap personil Kabar Burung. Dukungan dari orangtua, sahabat, pendengar, serta teman-teman musisi yang hadir saat itu memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Kabar Burung. “Saat itu kami memang belum menargetkan siapa dan berapa jumlah penonton konser kami. Namun, kami sangat bersyukur bahwa pada akhirnya Kabar Burung telah sampai pada konser tunggal pertama. Menyelenggarakan konser tunggal pada tahun ke-2 kami menjadi Kabar Burung seutuhnya merupakan sesuatu yang bisa dibilang diluar ekspetasi kami”. UNJ, Kedubes Bekasi, dan panggung-panggung lainnya merupakan saksi perjalanan Kabar Burung sebelum sampai pada titik itu.

            Seperti musisi pada umumnya, masa pandemi Covid19 ini sangat menghambat Kabar Burung untuk mendapatkan kesempatan manggung lagi pada tahun ini. Meskipun sebenarnya, Kabar Burung sudah menyelenggarakan konser secara virtual pada live instagram Kiosojokeos, tetapi masih tidak sedikit yang menanyakan “Kapan kabar burung konser lagi?” atau “Kapan bisa datang lagi ke konser Kabar Burung?”.  Pada akhirnya pertanyaan ini terjawab Edufriend! Karena, tanggal 19 Desember 2020 nanti, Kabar Burung akan mengadakan intimate concert di Kedubes Bekasi. Tungguin info lengkapnya di Instagram Kabar Burung dan cepet-cepet DM Instagram mereka karena konser ini hanya untuk 30 penonton lohh.

            Buat Edufriend yang udah nggak sabar untuk mendengarkan karya-karya baru dari Kabar Burung, harap bersabar sedikit lagi ya Edufriend. Karena, Tahun depan, Kabar Burung akan merilis Album Baru yang special banget! “Album kedua kami pastinya akan lebih menarik karena sangat berbeda dengan album Pesan yang saat itu kami susun dan lahirkan saat masih berstatus mahasiswa dan masih berada di tempat yang sama. Album kedua ini akan berisikan lagu yang nuansanya bervariatif. Mungkin nggak melulu tentang cinta, tunggu saja tema dari album ini ya!”. Sambil menunggu album baru tahun depan, Edufriend juga bisa menonton sekaligus mendengarkan single “Tangalkan Sejenak” yang dirilis pada 16 Mei 2020 di instagram Kabar Burung : @kabar.burung. Ingat, mereka bukan bagian dari kicau mania ya!.

         

Sovia Wahyu Eka Pratiwi

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878