Senin, 07 Desember 2020

Festival Film Sosiologi

 

Festival Film Sosiologi


Festival Film Sosiologi merupakan acara yang dibuat oleh mahasiswa Sosiologi UNJ. Festival ini memiliki tujuan, yaitu sebagai wadah kompetisi dalam bidang desain grafis, khususnya di tahun ini pada bidang poster. Nah selain itu, festival ini juga ingin memberikan pemahaman serta wawasan yang lebih mendalam lagi mengenai kesehatan mental dari perspektif psikologi dan sosiologi melalui webinar. Tema yang diangkat ialah Raising Mental Health Awareness yang memiliki makna bahwa panitia ingin webinar ini memberikan edukasi dan wawasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental khususnya di keadaan yang sedang kita alami saat ini yaitu pandemi yang sangat berpengaruh ke kesehatan mental kita.

Yang terlibat dalam kepanitiaan acara ini sendiri adalah semua mahasiswa aktif Sosiologi UNJ angkatan 2018 dan 2019, dan sasarannya sendiri adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan. Festival ini di persiapkan dari mulai pembentukan kepanitiaan nya sendiri dari bulan Mei dan mulai membahas tekniknya pada bulan Juni. Prosesnya cukup panjang nih edufriend, karna konsep asli acara ffs ini sebeneranya adalah lomba film pendek dan seminar, tapi karena tahun ini kita mengalami pandemi jadi panitia memutuskan untuk mengubah konsepnya menjadi lomba poster dan live webinar. Dan karena perubahan konsep aslinya ternyata cukup sulit karna panitia jadi harus mencari tahu giman sih teknis lomba poster di acara – acara lain ditambah lagi dengan terbatasnya kesempatan para panitia untuk bisa mengadakan rapat secara tatap muka, jd lebih berpengaruh ke semangat panitia yang sempat agak menurun karena hanya bisa rapat via online dengan berbagai kendala yang pastinya selalu ada.

Dalam mempersiapkan acara ini terdapat beberapa kendala, seperti cukup sulitnya mencari peserta, masalah jaringan yang dialami panitia, dan beberapa kendala lainnya. Akan tetapi, kendala tersebut dapat teratasi dengan baik dan acara dapat berjalan dengan lancar.

Acara ini sendiri berlangsung via zoom dan live YouTube BEMP Sosiologi UNJ, dimulai dari jam 9 sampai jam 12 siang. Jadi, untuk peserta yang tidak bisa bergabung via zoom bisa tetap mengikuti melalui youtube BEMP Sosio. Sebelum acara ini berlangsung, semua peserta webinar yang sudah mengisi gform pendaftaran bisa langsung bergabung ke wa grup webinar untuk diberikan info seperti tata tertib, link presensi, dan link zoom serta info – info terkait webinar di wa grup tersebut.

Hasil yang ingin dicapai dari Festival Film Sosiologi yaitu adanya keinginan dari panitia agar acaranya bisa meninggalkan kesan yang mendalam dan baik dari seluruh peserta webinar. Karena tujuan dari webinar ini sendiri adalah ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan mental khususnya di kalangan remaja di tengah kondisi pandemi saat ini. Teruntuk lomba poster, diharapkan agar melalui lomba poster Festival Film Sosiologi ini, dapat menjadi wadah untuk menyalurkan kreativitas dibidang desain untuk temen – teman pelajar atau mahasiswa.

 

Maisy Wirdatama Putri

Editor : Riska Damayanti

3 komentar:

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878