Rabu, 09 Desember 2020

The 8th MICE Discovery: New Nor-MICE Expect The Unexpected

 

The 8th MICE Discovery: New Nor-MICE Expect The Unexpected



Hai Edufriend! Pada Tanggal 5 Desember 2020 lalu telah berlangsung acara The 8th MICE Discovery: New Nor-MICE Expect The Unexpected, loh! The 8th MICE Discovery: New Nor-MICE Expect The Unexpected sendiri merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa/i Departemen Usaha Perjalanan Wisata STP Trisakti sebagai bentuk praktek mata kuliah Manajemen Acara. Setiap tahunnya acara ini memiliki tujuan berbeda-beda dengan inisiasi awal untuk menambah pengetahuan tentang MICE. Untuk tahun ini, tujuannya adalah untuk membuka wawasan pelaku usaha industri MICE terhadap strategi yang bisa dilakukan untuk menyajikan acara online yang berkualitas. Ataupun memberi bekal wawasan kepada calon pelaku usaha MICE seperti murid SMA/SMK dan mahasiswa agar tercipta SDM unggul dan siap bersaing di industri MICE. Karena untuk mewujudkan suatu acara yang sukses, baik online maupun offline, diperlukan SDM yang berkualitas.



Tema yang diangkat pada The 8th MICE Discovery: New Nor-MICE Expect The Unexpected adalah “New Nor-MICE: Expect the Unexpected”. New Nor-MICE sendiri memiliki arti new normal pada industri MICE. Acara ini hadir untuk memberikan informasi seputar bagaimana cara industri MICE untuk tetap bertahan di situasi yang tak pernah diduga sebelumnya. Yang terlibat dalam acara ini adalah jajaran dosen dan mahasiswa/i Departemen Usaha Perjalanan Wisata angkatan 2018 STP Trisakti. Acara ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Pak Rachmat Ramadhan, S. ST., M.M selaku akademisi dan praktisi MICE beserta Pak Gad Permata yang merupakan Vice President Adhouse Clarion Events sekaligus Wakil Sekjen DPP ASPERAPI. Acara ini juga dibawakan oleh Sherina Wijaya yang merupakan Miss Indonesia Jakarta 2020, dimoderatori oleh Ibu Monalisa Eka Shinta, dan penampilan saxophone oleh Cosmas Canarios.


Acara ini dipersiapkan mulai dari minggu kedua bulan September. Proses persiapan acara ini semua dilakukan secara online, para panitia beserta dosen pengampu berkomitmen untuk menjalankan acara ini tanpa adanya kontak fisik langsung dan tidak keluar rumah disituasi pandemi seperti ini untuk menghindari penyebaran COVID-19. Pada awalnya para panitia mengalami kesulitan dalam mencari sponsor, media partner, asosiasi, dan masih banyak lainnya. Tetapi panitia dapat beradaptasi dan melalui hal tersebut dengan baik. Diharapkan materi yang dibawakan oleh pembicara dapat membuka wasasan pelaku usaha industri MICE terhadap strategi yang bisa dilakukan untuk menyajikan acara online yang berkualitas. Juga memberikan bekal wawasan kepada calon pelaku usaha MICE untuk menjadi SDM yang unggul dan siap bersaing di industri MICE. Acara ini menggunakan Zoom Webinar, para peserta yang telah mendaftar dapat melakukan link registrasi pada link yang telah dikirimkan melalui email. Setelah itu ID & password dari Zoom Webinar sendiri akan dikirim kembali melalui email dan peserta dapat masuk menggynakan link tersebut.



Amelia, selaku panitia dalam acara The 8th MICE Discovery: New Nor-MICE Expect The Unexpected mengungkapkan harapannya untuk acara ini, “Saya berharap acara MICE Discovery jilid-jilid selanjutnya dapat berjalan dengan sukses dan mengangkat tema yang tetap menarik setiap tahun nya. Melalui MICE Discovery ini juga kami dapat saling mengerti satu sama lain dan belajar lebih dalam mengenai team work secara profesional, saya berharap panitia-panitia selanjutnya juga dapat merasakan hal yang sama sehingga dapat menjadi bekal sebelum masuk ke dunia kerja”. Nah Edufriend, bagi kamu yang penasaran dengan rangkaian acara yang telah diselenggarakan ini, kamu dapat langsung melihat pada laman sosial media mereka di Instagram @micediscovery2020 yaa!

Karinka Sutendi Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878