Selasa, 17 November 2020

SINGKAP.RASA 2020

 

SINGKAP.RASA 2020


Tangerang, 14 November 2020 - Singkap.Rasa merupakan acara yang digelar oleh mahasiswa/i Komunikasi Strategis Universitas Multimedia Nusantara (UMN) bertajuk Intimate Fan Meeting and Sharing Session with Ian Hugen. Melihat pada kondisi yang umumnya dialami oleh kawula muda berusia 18-30 tahun, di mana sering terjadi kekhawatiran dan keraguan akan masa depan, atau singkatnya sedang berada dalam fase “Quarter Life Crisis” (QLC), Singkap.Rasa hadir untuk menjadi wadah bagi kawula muda agar dapat berani mengungkapkan perasaannya. Situasi Quarter Life Crisis ini sekaligus menjadi tema besar berdirinya acara Singkap.Rasa.

Mengusung tagline “Ungkapkan Rasa, Maknai Masa” acara ini menjadi pengingat bagi kawula muda untuk dapat berani menghadapi fase QLC. Tujuannya untuk meningkatkan awareness dan informasi mengenai fase QLC, mempertemukan para peserta dengan idola mereka melalui pertemuan intim, memberikan ruang untuk berbagi dan bercerita bagi audiens yang sedang menghadapi fase QLC, serta menjadi pengingat bagi kawula muda bahwa mereka tidak berjuang sendirian.

Singkap.Rasa memiliki dua rangkaian acara, yaitu pre-event dan main event yang berlangsung pada 6 Oktober 2020 - 14 November 2020. Diawali dengan kegiatan pre-event seperti Selasa Hari Perasa (SHP), Ku Bercerita, Maknai Masa Challenge, dan juga QLC Talks bersama Satu Persen Official.

Selasa Hari Perasa merupakan weekly content yang diterbitkan setiap hari Selasa di Instagram Story @singkap.rasa. Tentunya dengan mengangkat tema QLC dan memanfaatkan fitur question box di Instagram Story, kawula muda dapat membagikan cerita, keluh kesah, serta keresahan dalam diri mereka. Cerita-cerita yang diberikan oleh para followers Singkap.Rasa akan dibagikan kembali dengan izin dari pemilik cerita, dengan tujuan agar bagi para followers Singkap.Rasa yang masih takut untuk bercerita dapat merasa tidak sendirian dengan cerita yang sama dengan mereka. Dan secara tidak langsung merasa terhibur.

Ku Bercerita merupakan sebuah konten IGTV audio series yang mengangkat tema QLC yang sering dialami oleh kawula muda. Episode pertama berjudul “Ragu Melangkah”, episode kedua berjudul “Aku? Kamu? Kita terlalu berbeda”, dan episode ketiga berjudul “Realita yang Menyakitkan”. Ketiga episode IGTV ini menceritakan seorang anak muda bernama Roy dan Dea yang sedang menghadapi QLC dan bersambung di ketiga episodenya.

Selain itu, Singkap.Rasa juga mengajak partisipasi aktif kawula muda untuk ikut meramaikan Maknai Masa Challenge dengan membuat konten kreatif bertemakan “Kegiatan Me Time Versi Aku!”. Challenge ini diadakan mulai tanggal 24 Oktober - 2 November 2020 dengan biaya partisipasi sebesar Rp 10.000,-. Para pemenang akan mendapatkan tiket gratis, Kotak Rasa, of icial merchandise Singkap.Rasa, dan special merchandise Derma Express. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan bagi mahasiswa aktif UMN yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan 1 SKKM Minat Bakat. Challenge diikuti oleh 220 peserta dan dimenangkan oleh @evelyn_farencia dan @maria.verojohann.

QLC Talks Singkap.Rasa bersama Satu Persen Official mengangkat tema “Menata Kembali Ekspektasi di Kala Pandemi”. Tujuan diadakan QLC Talks adalah menumbuhkan rasa positif kawula muda agar bisa beradaptasi di masa pandemi. Narasumber yang hadir pada QLC Talks kali ini adalah Melati Hafizha Supardi, S.Psi atau akrab disebut Kak Mella. Acara yang diadakan di Instagram Live Singkap.Rasa pada tanggal 7 November 2020 pukul 20.00 - 21.00 WIB ini dihadiri oleh lebih dari 215 peserta.

Keseluruhan rangkaian acara Singkap.Rasa ditutup dengan main event, yakni Intimate Fan Meeting & Sharing Session with Ian Hugen. Ian Hugen merupakan content creator yang sering membagikan cerita inspiratif mengenai QLC dan Self Love di Instagram. Acara ini digelar pada Sabtu, 14 November 2020 pukul 15.30 WIB dengan sistem online yang dilakukan pada aplikasi Zoom dikarenakan sedang adanya protokol kesehatan COVID-19 bagi penyelenggaraan acara.

Intimate Fan Meeting bersifat terbuka untuk umum, sehingga tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa/i UMN. Pada acara Intimate Fan Meeting ini, peserta menyaksikan Ian Hugen membahas mengenai QLC sambil memberikan saran serta solusi untuk para Penyingkap Rasa yang sudah membagikan cerita mereka kepada pihak panitia untuk sharing bersama. Selain itu, terdapat sesi QnA dimana para peserta bisa berbincang dengan akrab bersama Ian Hugen sambil bertanya hal-hal yang ingin diketahui lebih lanjut mengenai narasumber. Di penghujung sesi bersama narasumber, Ian Hugen memberikan sebuah Friendly Reminder sebagai kesimpulan dari rangkaian acara Singkap.Rasa.

 

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Jeconiah Fanuel - Koordinator Partnership Singkap.Rasa 2020

085691993478 / 083824056382

medparsingkap.rasa@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878