Senin, 16 November 2020

Seminar Akademik 2020

 

Seminar Akademik 2020


Seminar Akademik merupakan kegiatan program kerja terakhir dari Departemen Akademik Bem Prodi Pendidikan Bahasa Inggris setelah mengadakan kegiatan PKKMB dan PKMP. Tujuan dari diadakan Seminar Akademik adalah untuk memberikan pengajaran kepada para calon pendidik dengan mendatangkan pembicara-pembicara yang ahli dalam bidangnya untuk membahas tantangan dan isu-isu terkini dalam dunia pendidikan.



Tema yang diangkat tahun ini pun cukup menarik yang terinspirasi dari pembelajaran jarak jauh, dimana sesuai sekali dengan situasi yang sekarang ini sedang dirasakan oleh seluruh pelajar di Indonesia, yaitu “Achieving a Successful Distance Learning in Pandemic Era.” Tema ini pun awalnya terinspirasi dari perhatian kak Insan, selaku ketua pelaksana kegiatan Seminar Akademik 2020, sehingga membuat dirinya terinspirasi membuat riset mini dengan partisipannya adalah teman-teman terdekat kak Insan. Hasil dari riset ini pun mayoritas mengatakan, bahwa pembelajaran jarak jauh menurunkan produktifitas mereka, sebagai contoh suatu tugas yang biasa dalam pembelajaran offline biasa dikerjakan dalam 1 hari, namun pada saat melakukan pembelajaran daring, tugas tersebut perlu diselesaikan sekitar 2 – 3 hari.


Sebelum Seminar Akademik 2020 ini berlangsung pastinya perlu ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Adapun beberapa teknis serta kendala yang telah dialami oleh pihak panitia dalam mempersiapkan acara ini yang kurang lebih telah berlangsung sejak Agustus 2020, teknisnya sendiri pun  seperti mengadakan rapat rutin untuk mengontrol perkembangan dan juga menjalankan dana usaha online, seperti berjualan online dan paid promote, serta mencari sponsor dan media partner. Sedangkan, untuk kendala di masa serba online ini pastinya adalah terjadi miskomunikasi antar panitia.



Sasaran dari Seminar Akademik ini sendiri pun adalah pelajar, mahasiswa, maupun dosen. Sehingga, besar harapan dari pihak penyelenggara kegiatan ini bisa membantu peserta siap untuk menghadapi pembelajaran jarak jauh jangka panjang, lebih paham tentang penerapan autonomous learning behavior dalam pembelajaran jarak jauh, dan termotivasi untuk menyukseskan pembelajaran jarak jauh.

 

Michelle Marcellina

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878