Kamis, 26 November 2020

MATARA UNJ 2020

 

MATARA UNJ 2020

            Masa pandemik yang sedang kita hadapi saat ini memang banyak memberikan pengaruh yang signifikan ya, edufriends! Salah satu nya adalah Pentas Seni yang berkaitan dengan kebudayaan Indonesia, ada banyak sekali pageleran seni yang harus ditunda dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan. Eits, tapi tau ngga sih, ada salah satu pentas seni yang tetap melanjutkan acara mereka meskipun secara online, lho, edufriens!

            Maha Karya Tari Nusantara 2020 (MATARA 2020) merupakan program kerja unggulan dari Prodi Pendidikan Tari yang diselenggarakan setiap tahun, tahun ini tema yang Generasi Millenial Yang Peka Akan Tradisi (GEMPAR). Acara tersebut sudah dipersiapkan sejak lama namun dikarenakan adanya pandemic, serangkaian acara yang harusnya dilakukan secara langsung harus dialihkan dengan memanfaatkan media online. Para panitia tetap ingin melaksanakan acara tersebut karena sesuai dengan tema yang diangkat, para panitia berharap agar generasi milenial dapat selalu siap sedia dalam menghadapi perubahan yang terjadi dengan terus berkarya dan melestarikan kebudayaan Indonesia.

            Malam puncak rangkaian acara MATARA 2020 dilaksanakan pada 23 November 2020 melalui aplikasi youtube, Acara tersebut diawali dengan diskusi yang Bapak Drs. Ida Bagus Ketut Sudiasa,M.Sn yang merupakan dosen seni tari UNJ dan Kak M. Nurhayatun Nufus,S.pd yang merupakan seniman lampung, mereka menampilkan karya yang telah mereka buat dengan mengandalkan alam. Bapak Bagus mempersembahkan Tarian Ander Constraction yang dilakukan di UNJ dimana memanfaatkan media runtuhan bangunan yang mengartikan untuk setiap perubahan yang terjadi harus kita pandang sebagai suatu kesempatan untuk kita menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, sedangkan Kak Nufus mempersembahkan tarian yang dibuat di suatu kebun lada yang memberikan arti bahwa lampung merupakan provinsi yang kaya akan sumber daya alam.Acara tersebut kemudian dilanjutkan dengan menampilkan pemenang dari setiap kategori lomba.

            Acara MATARA 2020 berjalan dengan lancar,lho, Edufriens! Kerenn banget ya, acara seni yang merupakan acara yang sangat membutuhkan kontak langsung dapat diselenggarakan denan online secara lancer. Para panitia merasa bahwa ada beberapa masalah tentang pelaksanaan acara tersebut, khususnya komunikasi, namun hal tersebut dapat diatasi dengan sangat baik. Desisca Thalia sebagai ketua pelaksana MATARA 2020 berharap agar acara tersebut dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan MATARA 2021 dapat menjadi lebih baik lagi.

 

Anjuita

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878