Selasa, 24 November 2020

SEMINAR NASIONAL GenRe Genius Vol.III

 SEMINAR NASIONAL GenRe Genius Vol.III

(Generasi Berencana Intelek, Unggul, dan Sehat)



Hai Edufriend! SEMINAR NASIONAL GenRe Genius Vol.III tahun 2020 kemarin telah dilaksanakan loh, Edufriend. GenRe Genius  sendiri, artinya Generasi Berencana Intelek, Unggul, dan Sehat. Acara ini mengangkat tema, ”Jangan Tabu, Kamu Harus Tahu Change Your Stigma About Sexuality”. Makna dari tema tersebut, yaitu sebagai persuasi kepada remaja, bahwa seksualitas bukanlah hal yang negatif untuk dipahami dan dipelajari, hal ini guna khususnya untuk menurunkan angka kasus kekerasan seksual dan penularan virus HIV. Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kepada masyarakat terutama remaja mengenai isu kesehatan remaja dan perencanaan berkeluarga pada masa kini, lalu menjadikan seksualitas bukan hal yang tabu untuk dipahami sejak dini dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai pendidikan seksual, kekerasan seksual, dan HIV AIDS, serta mendorong masyarakat terutama remaja untuk berkontribusi mengurangi angka kekerasan seksual dan penularan HIV. Acara ini melibatkan seluruh pengurus dan anggota PIK Atenna UNJ, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Komnas Perempuan, Yayasan AIDS Indonesia, Gerakan Perempuan UNJ, serta Forum GenRe DKI Jakarta. Lalu, untuk sasaran acara ini adalah akademika UNJ dan umum. Hasil yang diharapkan dapat tercapai dari diadakannya acara ini, yaitu pertama masyarakat, terutama remaja, dapat mawas diri dan saling menghargai mengenai Hak Kesehatan Reproduksi, kedua menurunnya tingkat kekerasan seksual di Indonesia, ketiga meningkatnya kepedulian masyarakat mengenai kesehatan reproduksi, keempat mengubah stigma terhadap ODHA, kelima menurunnya angka penularan HIV, serta keenam terciptanya generasi yang sehat, cerdas, ceria sehingga mampu berkontribusi menjadi peluang pada bonus demografi dan mewujudkan Indonesia Emas pada Tahun 2045. Wah, acara ini keren ya, Edufriend!



Acara ini dipersiapkan satu bulan sebelum pelaksanaan lohh, jadi bisa dikatakan persiapannya sangat matang, Edufriend. Proses dalam mempersiapkan acara ini, panitia mempersiapkan konsep dengan matang bersama dengan koor divisi, kemudian merekrut panitia dengan mengikutsertakan anggota baru, setelah itu diadakan rapat perdana dan rapat progress tiap minggu. Mendekati hari H, pihak acara tidak lupa untuk mengadakan rapat tenis dan gladi resik. Saat acara berlangsung dipimpin oleh MC, kemudian diserahkan kepada moderator saat memulai materi yang akan dibawakan oleh narasumber. Saat masuk sesi diskusi, narasumber pertama menggunakan konsep talkshow, sedangkan dua narasumber yang lain menyampaikan materi melalui presentasi. Selain itu, SEMINAR NASIONAL GenRe Genius juga menyediakan doorprize untuk para peserta persembahan dari sponsor dengan twibbon dan story challenge loh, Edufriend. Di setiap kegiatan selalu saja terdapat kendala, kendala yang dihadapi oleh panitia kegiatan SEMINAR NASIONAL GenRe Genius, yaitu seperti narasumber yang lama merespon membuat panitia harus lebih bersabar. Akan tetapi, acara ini masih dapat berlangsung dengan baik dan lancar.





Dari peserta yang kami wawancari, tujuannya mengikuti SEMINAR NASIONAL GenRe Genius, yaitu untuk menambah wawasan tentang sex edukasi. Mereka juga menyebutkan dengan mengikuti SEMINAR NASIONAL GenRe Genius ini, mereka mendapatkan lebih pengetahuan tentang jenis-jenis kekerasan seksual dan dampak apa saja yg terjadi pada korban kekesaran seksual, serta lebih mengetahui tentang HIV/AIDS mulai dari cara pencegahannya sampai pada penularannya. Perasaan para peserta pun merasa sangat senang, karna dapat menambah pengetahuan dan wawasannya tentang sex edukasi, kekerasan seksual dan HIV/AIDS.

 

Ditha Fitri Yani

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878