Senin, 09 November 2020

SEMINAR LEGISLATIF FMIPA 2020

 

SEMINAR LEGISLATIF FMIPA 2020



Hai Edufriend! Pada tanggal 7 November 2020 kemarin, BPM FMIPA mengadakan Seminar, yaitu BISIK: Bincang Asik Bersama Legislator dan Eksekutor ‘Vaksin Covid-19’. Tujuan diadakan seminar ini untuk memberikan pengetahuan tentang pengembangan vaksin dan juga kebijakan lembaga legislatif di masa pandemi. Tema dari seminar ini adalah “Legislative on Pandemi : What do We Do?”. Tema ini memiliki makna mengetahui peran Lembaga Legislatif dalam menetapkan dan merancang kebijakan yang terkait dengan Pandemi Covid-19. Sasaran dari acara ini merupakan masyarakat umum dari berbagai lapisan masyarakat dan tingkat pendidikan serta mahasiswa dari beberapa kampus yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

Acara ini sudah dipersiapkan sejak 20 September 2020, loh Edufriend!. Proses dari acara ini dimulai dari fiksasi panitia dilakukan via grup WhatsApp pada tanggal 20 September 2020, lalu masing – masing divisi mengadakan rapat. Tepat pada tanggal 27 September 2020, diadakan rapat akbar yang pertama. Dalam rapat akbar pertama tersebut, semua divisi mulai dari acara, akomodasi dan media, serta danus dan kasekben (ketua, sekertaris dan bendahara) menyampaikan progres pekerjaan mereka dan rencana kedepannya. Setelah itu, bahasan dilanjutkan dengan penyusunan RAD dan Proposal. Ada juga fiksasi tema dan sub tema yang akan menjadi inti dari acara pada kali ini. Setelah itu, pada tanggal 11 Oktober dilakukan rapat akbar kedua, dimana masing – masing divisi melaporkan segala perkembangan yang mereka sudah berhasil kerjakan. Kemudian, divisi acara mulai menyusun TOR untuk pembicara serta Rundown dan juga Juklak untuk acara, dilanjutkan dengan penentuan pengisi acara mulai dari pembicara moderator dan juga MC. Lalu dilaksanakan rapat akbar ketiga pada tanggal 31 Oktober 2020, dalam rapat akbar ini semua divisi menyampaikan progres final untuk acara yang akan dilaksanakan seminggu kemudian. Diadakan open registrasi peserta seminar pada tanggal 1 November sampai 5 November 2020. Setelah itu diadakan brefieng dan gladi acara pada tanggal 6 November 2020. Lalu di hari berikutnya dilaksanakan acara seminar legislatif pada tanggal 7 November 2020. Acara ini berlangsung dengan menggunakan platform "ZOOM MEETING".

Kendala dari seminar ini, yaitu sulitnya menentukan tema dan sub tema acara, menentukan pertimbangan dana yang akan digunakan pada acara ini, penentuan souvernir bagi pengisi acara dan peserta, berubah-ubahnya pembicara yang akan mengisi pada acara ini, dan adanya perubahan di dalam penyusunan rundown dan juklak.

Hal yang ingin dicapai dari acara ini, ialah peserta dapat memahami definisi, tugas, peran, wewenang, serta fungsi legislatif itu sendiri. Selain itu, diharapkan dapat menanggapi dan memberikan solusi mengenai isu kelegislatifan, yaitu tentang kebijakan lembaga legislatif terkait pengembangan dan pendistribusian vaksin COVID-19.

 

Maisy Wirdatama Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878