Jumat, 23 Oktober 2020

FIP English Club UNJ

 

FIP English Club UNJ


            Apakah dari edufriend ada yang dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ? tentunya sudah tidak asing dengan komunitas FIP English Club ini dong? Portal kali ini akan membahas tentang salah satu komunitas yang disebut FIP EC UNJ yang merupakan organisasi kemahasiswaan (Ormawa) FIP dan menjadi wadah bagi Edufriend yang memiliki minat dan ketertarikan dalam bahasa Inggris.

            FIP EC UNJ sendiri sudah berdiri sejak tahun 1998 oleh Pak Uwes Anis Chaeruman dan ketua FIP yang pertama adalah Yudho Hato Balib, wah ternyata sudah lama ya Edufriend, mungkin dari Edufriend ada yang belum lahir nih.

            Ternyata banyak kegiatan yang sudah dilakukan oleh FIP EC UNJ, loh Edufriend, dari tingkat komunitasnya sendiri sampai nasional. Contohnya saja ada lomba, kaderisasi dll. Pada tanggal 17 oktober 2020, FIP EC sudah melaksanakan kegiatan  yang bernama NEWMO (New Member Orientation), dimana acara ini ditujukan untuk Edufriend yang baru masuk kulah (maba). Tujuan kegiatan ini, untuk mengenalkan Edufriend, bahwa ada organisasi yang minat terhadap bahasa Inggris. Selain NEWMO, FIP EC UNJ juga pernah melaksanakan kegiatan tingkat nasional, yaitu EXPO FIP English Club UNJ yang sudah dilaksanakan setiap tahunnya dan ini sudah tahun ke empat, kegiatannya sendiri terdiri dari lomba speech dan writing (essay) yang akan dilaksanakan pada bulan November 2020, loh Edufriend! Jadi, pantengin terus di instagramnya @fipecunj dan @expofipunj supaya tau informasi tentang kegiatannya.

            Selain kegiatan tahunan, FIP EC UNJ juga punya kegiatan rutin diantaranya ada KECE (Kepo EC) kegiatan yang nanti ada 1 orang sebagai target untuk di kepoin dan semua orang akan mengirimkan berbagai pertanyaan ke moderator dan akan dijawab oleh si target tersebut, tujuannya untuk lebih kenal si target lebih dalam. Ada juga kegiatan yang bernama Monthly Learning yang biasanya dilakukan 2 minggu sekali dan kegiatannya itu berupa diskusi dengan topik yang berbeda dengan menggunakan bahasa inggris. Untuk Edufriend yang mau ikut tidak perlu khawatir kalau masih belum lancar dalam berbahasa Inggris, teman-teman FIP EC UNJ tidak akan menghujat, karena tujuan mereka mengadakan kegiatan ini supaya Edufriend lebih berani dalam berbicara dan berpendapat dengan menggunakan bahasa Inggris.

            Nah buat Edufriend yang mungkin masih jadi kupu-kupu bisa banget nih ikutan FIP EC UNJ, karena bisa melatih Edufriend untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris, bukan hanya itu aja, FIP EC UNJ juga bisa menjadikan Edufriend untuk aktif dalam berorganisasi yang tentunya fun banget.

            Gimana nih? Sudah tertarik sama FIP EC UNJ belum? Kalau Edufriend tertarik untuk jadi bagian dari anggotanya, langkah pertama, Edufriend wajib ikut NEWMO. NEWMO ini bertujuan untuk lebih mengenal FIP EC UNJ. Lalu, jika Edufriend mau menjadi pengurus, harus ikut recruitmen dan wawancaranya, ya. Tetapi, ini hanya dibuka untuk Edufriend yang semester 1- semester 4 dan untuk Edufriend yang berada di FIP saja. Tapi, tenang Edufriend, karena di setiap fakultas mempunyai English Clubnya masing-masing.

            Di setiap organisasi pasti mempunyai harapannya masing-masing, begitu juga dengan Hani Atikah sebagai ketua FIP EC UNJ periode tahun ini berharap semoga FIP EC UNJ semakin memberikan banyak manfaat buat anggotanya dan buat Edufriend lainnya, dan semoga FIP EC UNJ semakin dikenal di UNJ maupun di luar UNJ.

            Buat Edufriend yang masih penasaran ada apa aja di FIP EC UNJ bisa banget menghubungi sosial medianya ada di instagramnya yaitu @fipuecunj, @expofipecunj. Twitternya @fipecunj, blogspot : ecfipunj.blogspot.com dan email : ecfipunj@gmail.com

 

Natalia Kristiani Maru’ao

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878