Senin, 13 Juli 2020

Workshop I-Create 2020


Workshop I-Create 2020




Workshop I-Create 2020 ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2020 yang diselenggarakan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama “food photography” dan sesi kedua “design graphic” melalui platform online GoogleMeet. Workshop I-Create 2020 mengusung tema “Go Beyond Our Self Creativity” yang bermaksud melampaui batas kreatifitas kita sebagai anak muda melalui fotografi dan juga desain grafis. Dalam acara ini, fotografi berfokus pada food photography, sedangkan desain grafisnya berfokus pada desain kemasan.


Tujuan dari workshop ini, yaitu pertama memberikan wadah untuk menambah ilmu dan mengembangkan kreativitas mahasiswa/i UNJ dan juga masyarakat umum, dan yang kedua meningkatkan skill atau kemampuan khususnya di bidang fotografi dan desain grafis. Acara workshop ini terbuka untuk umum, jadi semua kalangan dapat mengikuti workshop ini tanpa kecuali. Sasaran utama dari diselenggarakannya workshop I-Create 2020 adalah mahasiswa/i UNJ dan mahasiswa/i secara umum dan khalayak luas.


Dalam wawancara yang dilakukan dengan Kurnia Agung, selaku ketua pelaksana I-Create 2020, ia mengatakan bahwa ada banyak kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan acara ini, terutama disaat pandemi yang mengharuskan semua orang bekerja dari rumah. Kendala yang dihadapi adalah terkait masalah keuangan acara, seperti sulit mendapatkan sponsor karena tentu perusahaan akan berpikir dua kali dalam keadaan seperti ini. Kemudian, pembicara yang beberapa kali batal karena ketidaksesuaian dengan budget ataupun konsep acara yang diusung. Lalu untuk persiapan acara sudah dimulai sejak bulan April, namun untuk konsep acara sudah terbentuk sejak bulan Maret.
Teknis dalam pelaksanaan acara workshop online ini adalah panitia yang bertugas sudah lebih dulu berada di forum atau room untuk memastikan semuanya lancar, mempersiapkan seperti powerpoint yang akan ditampilkan, iklan sponsor,dan lain sebagainya. Kemudian peserta dipersilakan untuk masuk ke room google meet yang sudah disiapkan oleh panitia sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sebelumnya dan nantinya pembicara juga akan masuk dan memberikan materi serta mempraktekkannya, lalu peserta diberi waktu untuk mempraktekkan juga dan nanti hasilnya akan dibahas dan dikoreksi oleh pembicara, dan yang menarik adalah akan ada peserta dengan karya terbaik yang terpilih dan mendapatkan hadiah dari tim panitia.
Harapan Kurnia Agung dalam terlaksananya workshop I-Create 2020, yaitu wawasan pengetahuan dalam bidang fotografi dan desain grafis bertambah setelah peserta mengikuti workshop I-Create dan ia juga berharap agar peserta dapat memanfaatkan segala peluang positif dalam industri kreatif.

Niken Ayuningtyas
Editor: Riska Damayanti


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878