Rabu, 22 Juli 2020

ELEFAITH


ELEFAITH


Elefaith merupakan singkatan dari "Elevating Faith". Acara ini merupakan acara ucapan syukur dari Student Life Department Universitas Pelita Harapan atas satu tahun kepengurusan. Acara ini dilaksanakan bersama BEM UPH Medan dan BEM UPH Surabaya
            Tujuan Elefaith, yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian mahasiswa terhadap isu-isu sosial yang terjadi, sebagai bentuk ucapan syukur dan kontribusi nyata bagi masyarakat. Tema yang diangkat pada acara Elefaith tahun ini adalah  “Pendidikan adalah Hak Semua Orang”. Tema tersebut memiliki makna, yaitu mengajak kita menyadari betapa penting dan fundamental pendidikan, sehingga harus dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, melalui Elefaith orang-orang diajak untuk membantu anak-anak yang masih kurang akses dalam pendidikan, terutama dalam masa pandemi COVID-19 seperti ini.
            Sasaran dari Elefaith adalah masyarakat, terutama mahasiswa dan warga UPH. Elefaith telah dipersiapkan sejak November tahun lalu. Seharusnya eksekusi terakhir di bulan April, namun karena terhalang pandemi, maka diundur hingga bulan Juli. Proses penyiapan acara Elefaith ini, menurut pendapat salah satu panitia, “cukup menyenangkan, mulai dari meriset materi, melakukan survey, planning dan menantang karena dalam keadaan pandemi, kita tetap harus bisa menyampaikan inti dari pesan Elefaith kepada masyarakat”. Lalu, menurut panitia mereka jadi harus cerdik dan kreatif dalam memilih strategi campaign, terlebih saat ini semua perhatian beralih pada media sosial.
            Dengan diadakannya Elefaith, diharapkan akan membuat orang-orang sadar akan pentingnya pendidikan, serta semakin menyadari bagaimana pendidikan mengubah hidup seseorang dan bersyukur, karena telah mendapatkan sebuah  privilege untuk dapat mengenyam pendidikan dimana tidak semua orang bisa merasakannya. Elefaith ini juga mengharapkan agar para peserta memiliki kerinduan untuk membantu sesama meraih pendidikan, sebagai sesama penerus bangsa. Seperti tagline Elefaith, yaitu “It Starts with You” yang bermakna setiap perubahan dimulai dari kita sendiri.
            Kendala yang harus dialami dalam pelaksanaan Elefaith, yaitu acara harus diubah total menjadi online karena pandemi COVID-19 dan kegiatan visitasi tidak dapat dilanjutkan. Seharusnya juga akan ada Charity Concert, yang akan diisi oleh penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa di bawah naungan Student Life UPH, namun kembali lagi karena pandemi, hal ini belum dapat terealisasi. Seperti yang diucapkan panitia sebelumnya, bahwa mereka harus cerdik dan kreatif dalam memilih strategi campaign, sehingga terciptalah beberapa rangkaian acara seperti, Social Study yang diadakan Februari yang ingin melihat pandangan mahasiswa terkait isu pendidikan yang masih kurang saat ini. Adapun Social Campaign offline yang sudah dilakukan pada tanggal 10 Maret 2020, yang diisi dengan pemaparan isu pendidikan yang ingin dibawa, penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa dan membagi-bagikan burung sebagai simbol dukungan dan harapan bagi pendidikan Indonesia.
Elefaith juga melakukan visitasi ke Yayasan Rama-Rama, sebuah PAUD untuk anak-anak di sekitar Kampung Dadap dan Yayasan Tri Kusuma Bangsa, yayasan tempat anak-anak jalanan dan di sekitar Jakarta dapat belajar bersama volunteer pada bulan Maret 2020. Seharusnya pihak Elefaith juga melakukan visitasi ke Sekolah Lentera Harapan Curug yang berada di naungan Yayasan Lentera Membangun Bangsa, namun karena pandemi COVID-19 kegiatan ini belum dapat terealisasi. Akhirnya, setelah semua rangakaian kegiatan Elefaith harus beralih menjadi online, pada bulan Mei, Elefaith memulai campaign kembali dan menggalang donasi sampai tanggal 9 Agustus 2020. Donasi ini akan disalurkan ke Yayasan Lentera Membangun Bangsa, Yayasan Rama-Rama, Yayasan Tri Kusuma Bangsa, untuk membantu mendukung anak dalam meraih pendidikan, fasilitas pembelajaran anak baik offline maupun online selama pandemi. Donasi dapat dilakukan melalui http://kitabisa.com/campaign/elefaithforedu dan CIMB Niaga UPH 800116868000 dengan akhiran .001 dibelakang contoh Rp 100.001. Tanggal 13 Juli 2020 kemarin, Elefaith juga membuka Mini Exhibition Online sampai tanggal 23 juli 2020 bertepatan dengan hari anak nasional, menggunakan media CoSpace Edu yang ingin menggambarkan bagaimana Indonesia sejak dahulu sampai sekarang memperjuangkan pendidikan dan ada Wall of Hope yang berisikan harapan untuk pendidikan Indonesia kedepannya. Exhibition ini dapat dilihat pada http://bit.ly/miniexhibitionelefaithuph dan http://bit.ly/wallofhopeelefaithuph


Ada juga Talk Show "Soaring through Education" pada 15 Juli 2020 oleh Choky Sitohang dan Mikha Tambayong yang menyampaikan apa sebenarnya makna pendidikan dan bagaimana kita dapat berkontribusi kepada dunia pendidikan. Menarik sekali ya, Edufriend!

Michelle Marcellina

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878