Jumat, 24 Juli 2020

Bengkel Sastra


Bengkel Sastra


      Hallo Edufriend!! Kenalin yuk sama komunitas satu ini, Bengkel Sastra atau Bengsas. Mulanya Bengkel Sastra merupakan laboratorium mata kuliah Apresiasi Drama yang didirikan oleh sekumpulan mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia di bawah bimbingan Helvy Tiana Rosa dan Edi Sutarto selaku dosen di jurusan tersebut. Hingga kemudian, ditetapkannya tanggal 3 Juli 2008 sebagai hari lahir Bengkel Sastra dan keberadaan Bengkel Sastra diresmikan pada tanggal 4 September 2008. Adapun arti kata "bengkel" sebagai tempat untuk melakukan suatu kegiatan dengan arah dan tujuan yang pasti dan komunitas ini memiliki arah untuk mengolah dan mempelajari tentang sastra sehingga komunitas ini disebut Bengkel Sastra. Tujuan dari komunitas Bengkel Sastra, yakni sebagai wadah kreativitas berkesenian dan penggalian potensi mahasiswa di bidang kesusastraan.


        Bengkel Sastra telah melakukan pementasan teater tahunan, pementasan musikalisasi puisi, menciptakan musikalisasi puisi, pelatihan menulis, pelatihan membaca puisi, dan menjadi pengisi acara di dalam dan di luar kampus loh, Edufriend! Terdapat juga agenda rutin latihan sebanyak 2 kali dalam seminggu di hari senin dan rabu pada pukul 16.30 - 20.00 WIB. Komunitas Bengkel Sastra telah berjalan selama 12 tahun dengan menghadirkan warna baru di setiap pementasan dan penampilannya. Komunitas ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang ingin belajar tentang sastra, membuat kita mencintai sastra, dan hidup bersama sastra. Menarik banget kan Edufriend! Untuk kamu yang tertarik menjadi bagian dari Bengkel Sastra, caranya sangatlah mudah, loh. Datang dan ikut gabung saja saat Bengkel Sastra sedang latihan di sekitar UNJ, lebih tepatnya di Teater Terbuka, karena Komunitas Bengkel Sastra bersifat terbuka bagi siapa pun yang ingin belajar sastra. Calon anggota juga dapat menghubungi media sosial Bengkel Sastra di Instagram @bengsas.


       Natalia Anwar selaku Ketua Bengkel Sastra, mengungkapkan bahwa terdapat segala harapan yang baik untuk kemajuan Bengkel Sastra dan tentunya harapan agar Bengsas terus bisa berproses ke depannya. “Semoga lebih banyak mahasiswa yang tertarik dengan sastra dan gabung bersama Bengsas, sehingga kita dapat belajar bersama. Adapun harapan khusus di masa pandemi ini, kami berharap pandemi Covid-19 segera berakhir dan kami dapat melakukan kegiatan seperti biasa serta dapat melaksanakan pementasan tahunan” ungkapnya. Wah, komunitas satu ini menarik sekali ya, Edufriend! Buat kamu yang penasaran, bisa langsung cek media sosial mereka ya.

Febrizka Nabilla

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878