Jumat, 24 Juli 2020

Jurnalisme Data dalam Digitalisasi


Jurnalisme Data dalam Digitalisasi


            Jurnalisme Data dalam Digitalisasi merupakan suatu acara yang diadakan dari kolaborasi antara Sindonews, salah satu situs berita resmi di bawah naungan manajemen Sindo Media, dengan Unit Kegiatan Mahasiswa SIGMA TV Universitas Negeri Jakarta. Acara ini diselenggarakan pada 21 Juli 2020, melalui media online, yaitu Youtube dan Zoom. Tujuan dari acara ini, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan akan ilmu junalistik khususnya jurnalistik dalam digitalisasi sehingga dapat mengembangkan kemampuan dalam membuat informasi yang tepat dan akurat di era digitalisasi seperti saat ini.


            Penyelenggaraan acara ini sebelumnya sudah direncanakan sebelum pandemi, sehingga pesiapannya berjalan dengan cukup baik, hanya medianya saja yang diganti dari offline menjadi online. Panitia penyelenggara memanfaatkan media online untuk berkomunikasi, komunikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar, hal tesebut terlihat dari keberlangsungan acara yang berjalan dengan sangat baik dan kondusif.


            Poetra Achock Haekal selaku moderator, dengan lugas dapat memimpin jalannya acara, sehingga acara tersebut terlaksana dengan waktu yang tepat. Sesi pertama dilakukan pemberian materi oleh Dr.Hj.Dini Saftri, S.Sos, M.Si, CPR dengan mengangkat judul “Jurnalisme Data dalam Digitalisasi”, pada penjelasannya dikatakan bahwa sangat penting ilmu dalam mengumpulkan dan menganalisis data yang kemudian diolah menjadi suatu informasi dengan tampilan yang baik sehingga informasi yang diberikan dapat dimengerti dengan mudah oleh orang-orang yang membacanya. Sesi kedua dibawakan oleh Wiendy Hapsari dengan mengangkat judul “Jurnalisme Data di Era Digitalisasi”. Beliau menegaskan bahwa pentingnya pengetahuan akan kebenaran data, sehingga dapat mempertanggungjawabkan informasi yang diberikan, serta beliau juga menambahkan pentingnya visualisasi dari informasi yang diberikan. Oleh karena itu, perlunya pengetahuan akan dunia design grafis untuk memberikan kesan keindahan dalam menyampaikan informasi. Acara ini menarik dan bermanfaat sekali ya, Edufriend!

Anjuita

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878