Jumat, 10 Juli 2020

KSP Macaca


KSP Macaca


Hai Edufriend! Gimana nih kabarnya? Semoga semuanya baik – baik aja ya. Kali ini kita akan membahas salah satu komunitas yang ada di FMIPA nih, yaitu KSP Macaca. KSP Macaca ialah kepanjangan dari Kelompok Studi Primata, tentu saja ada artinya nih. Jadi kelompok studi ini bergerak dibidang konservasi terkhusus untuk primata. Istilahnya perhatian utamanya ialah primata, karena yang kita tahu keadaan primata yang ada di Indonesia cukup memperhatinkan, masih banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya primata berperan amat penting di alam.



Kelompok studi yang sudah berdiri sejak 14 Oktober 2002 ini, didirikan oleh beberapa mahasiswa Biologi yang memang tertarik dengan bidang keprimataan dan didampingi oleh Dr.Yossa Istiadi, M.Si selaku pembina pada waktu awal terbentuk. Namun, sekarang sudah digantikan oleh Bapak Ade Suryanda, S.Pd., M.Si.
Komunitas yang sudah ada 18 generasi ini, memiliki tujuan yang memang awalnya untuk membentuk kelompok belajar antara mahasiswa Biologi, misalkan membahas jurnal bersama yang pastinya tidak jauh mengenai keprimataan. Dan juga tujuannya untuk konservasi primata dan ekosistemnya nih edufriend. KSP Macaca juga ada beberapa kegiatan yang dapat mengedukasi kita tentang primata nih edufriend. Beberpa kegiatan tersebut ialah :



1.    SEKONS
SEKONS atau Seminar Ekologi dan Konservasi merupakan event seminar rutin KSP. Tujuan dari SEKONS ini untuk mengedukasi tentang masalah – masalah yang ada di bidang ekologi dan primata agar orang – orang menyadari tentang konservasi ekologi dan primata. Seminar ini biasanya diadakan di akhir tahun dan mengundang komunitas – komunitas di bidang yang sama dari universitas luar untuk bergabung jadi perserta seminar. Di seminar ini juga mengundang pembicara – pembicara yang berpengaruh di bidang keprimataan maupun ekologi. Dan tema seminarnya biasanya mengangkat topik – topik hangat selama tahun itu, baik tentang ekologi maupun primata nih edufriend.
2.    Jurnal Club
Jurnal Club merupakan kegiatan dimana kita berkumpul untuk membahas jurnal yang berkaitan dengan primata dan presenternya biasanya adalah anggota baru KSP.
3.    Monitoring Macaca
Monitoring Macaca ini merupakan kegiatan yang mengamati primata secara langsung, tepatnya itu monyet ekor panjang yang biasanya dijadiin topeng monyet nih edufriend. Nah dikegiatan ini biasanya mengamati prilaku monyet – monyet di Muara Angke dan juga menghitung populasinya.
4.    Kupri (Kuliah Primata)
Kegiatan yang satu ini biasanya dilakuin ketika kegiatan alur pelantikan calon anggota baru. Tujuannya untuk memperkenalkan anggota baru tentang primata dan metode – metode penelitiannya
KSP Macaca terbuka untuk mahasiswa FMIPA UNJ yang berminat bergabung menjadi anggota. Karena KSP masih berada di tingkat fakultas, jadi pendaftarannya terbatas untuk mahasiswa FMIPA. Biasanya satu atau dua bulan setelah PKKMB KSP open recruitment terbuka untuk mahasiswa baru dan satu tahun diatasnya. Caranya gimana sih? Caranya biasanya langsung tulis nama kamu di mading lantai 4 Gedung Hasyim Asyarie. Tapi karena tahun ini belum bisa offline, jadi KSP membuka pendaftarannya melalui online untuk mahasiswa angkatan 2020 dan 2019. 



Nina Deslina selaku ketua KSP Macaca juga mengungkapkan harapannya untuk KSP, “Semoga bisa lebih bermanfaat lagi dan bisa lebih luas lagi jangkauan konservasinya gak hanya di kampus, ataupun Muara Angke. Dan juga semoga semua cobaan di masa pandemi ini maupun masa pendatang gak buat KSP jadi terpuruk tapi buat motivasi KSP agar bisa lebih maju lagi” ungkapnya. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai KSP Macaca, kamu bisa cek akun instagramnya di @kspmacacaunj yaa.

Maisy Wirdatama Putri

2 komentar:

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878