Kamis, 16 Juli 2020

KPB Nycticorax


KPB Nycticorax


Hai Edufriend! Kali ini kita akan bahas salah satu komunitas yang ada di FMIPA, yaitu KPB Nycticorax. KPB Nycticorax adalah singkatan dari Kelompok Pengamat Burung, dan nama Nycticorax diambil dari nama burung yang pertama kali diamati oleh pendiri komunitas ini, yaitu Bapak Paskal Sukandar. Komunitas ini didirikan pada tanggal 25 Maret 1994 melalui inisiatif dari Bapak Paskal Sukandar.
Tujuan dari KPB Nycticorax ini adalah sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang ornithologi, serta mencetak pengamat-pengamat burung yang inspiratif dan profesional dengan berlandaskan kekeluargaan. Selain itu, komunitas ini dibentuk untuk menghadapi permasalahan terkait konservasi burung di Indonesia, karena kondisi perburungan di Indonesia sedang dalam masa kritis dan masih belum maksimalnya peranan kelompok-kelompok yang bergerak untuk melakukan konservasi di bidang ornitologi.



Di komunitas ini terdapat dua jenis kegiatan, yaitu internal dan eksternal. Kegiatan internal merupakan kegiatan yang dikhususkan bagi anggota saja. Sedangkan kegiatan eksternal merupakan kegiatan yang dapat diikuti, baik anggota KPB Nycticorax UNJ, maupun di luar keanggotaan. Beberapa kegiatan yang ada di KPB Nycticorax, yaitu Famday, MABI Biologi UNJ, Pelantikan, Pengamatan Kampus, Pengamatan Burung ruang terbuka Hijau, Seminar National, Ekspedisi KPB Nycticorax UNJ, Guiding birdwatching, Birdwatching Competition.
Setiap tahun KPB Nycticorax mengadakan satu hingga dua event tingkat nasional. Temanya beraneka ragam dengan fokus tetap ke konservasi dalam dunia ornitologi, mulai dari kebakaran hutan yg mengancam eksistensi burung-burung langka di Indonesia, status konservasi burung Indonesia selama pandemi, etnoornitologi dan masih banyak tema yang diangkat setiap tahunnya. Event tersebut dapat diselenggarakan dengan bantuan dana sponsor yang diberikan oleh lembaga terkait konservasi, serta dukungan dan dorongan yang diberikan oleh dosen dan para expert dibidang konservasi. 



Untuk agenda rutin, seminggu sekali komunitas ini mengadakan KKN (Kicau Keluarga Nycti) dan pengamatan rutin untuk mengasah skill dan mempererat kekeluargaan. Ada juga agenda rutin 2 minggu sekali, yaitu Kubur (Kuliah Burung) dan setahun sekali seminar nasional. Selain itu, masih banyak agenda yang diadakan secara rutin.
Komunitas ini memiliki prestasi yang berlimpah loh, Edufriend! Selain itu, kekeluargaannya cukup kental dan mereka juga mempunyai ciri khas yang cukup langka, yaitu kemampuan komunitas ini untuk menciptakan karakter konservasionis. Wah, keren yaa!
KPB Nycticorax terbuka untuk mahasiswa FMIPA UNJ yang berminat bergabung menjadi anggota. Karena KSP masih berada di tingkat fakultas, jadi pendaftarannya terbatas untuk mahasiswa FMIPA. Krisna Arya Pambudi selaku ketua KPB Nycticorax, mengungkapkan harapannya untuk KPB Nycticorax. “Komunitas ini diharapkan mampu menjadi agen perubahan untuk kondisi konservasi di Indonesia yang semakin buruk dengan mengedukasi masyarakat-masyarakat sekitar, terkait pentingnya konservasi” ungkapnya. Untuk kamu yang mau tau lebih lanjut tentang KPB Nycticorax, kamu bisa cek akun instagramnya di @kpbnycticoraxunj loh, Edufriend!

Karinka Sutendi Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878