Sabtu, 11 Juli 2020

PELAKSANAAN UTBK DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2020

PELAKSANAAN UTBK DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA TAHUN 2020


            Halo Edufriend! Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia, membuat pemerintah akhirnya menetapkan kebijakan “New Normal”. New Normal merupakan pola hidup baru dimana masyarakat beradaptasi terhadap lingkungan dalam bentuk penyesuaian perilaku masyarakat untuk kembali beraktivitas normal, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan agar dapat mencegah penularan Covid-19. Dengan adanya tatanan pola hidup baru ini, Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK yang merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun harus dilakukan dengan menggunakan prosedur baru yang mengedepankan protokol kesehatan.


            Dalam pelaksanaannya, UTBK 2020 dibagi menjadi dua tahap. Tahap I diadakan pada tanggal 5-12 Juli 2020, sementara itu Tahap II diadakan pada tanggal 20-27 Juli 2020. Sebagai salah satu pusat pelaksanaan UTBK di tengah pandemi Covid-19, Universitas Negeri Jakarta juga telah menyiapkan protokol kesehatan bagi peserta ujian sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT.

Sumber: Youtube Universitas Negeri Jakarta

            Dilansir dari akun Instagram @unj_official, UNJ membagi ujian menjadi dua sesi. Ujian sesi I dimulai pukul 09:00 WIB dan sesi II dimulai pukul 13:00 WIB. Peserta ujian yang akan melaksanakan UTBK harus melewati pemeriksaan suhu tubuh dengan thermogun sebelum memasuki area kampus. Setelah itu, peserta diminta untuk mencuci tangan di wastafel yang ada di sekitar lokasi UTBK. UNJ juga menempatkan dokter dan tenaga medis di lokasi UTBK yang bertugas untuk memastikan panitia dan peserta UTBK memenuhi syarat pelaksanaan UTBK sesuai dengan protokol Covid-19. Selain itu, guna mengantisipasi kejadian luar biasa dalam hal protokol Covid-19, UNJ menyiagakan ambulans yang dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) penanganan pasien Covid-19 dan telah berkoordinasi dengan dua rumah sakit rujukan, yaitu RS Persahabatan dan RSAL Mintoharjo. UTBK dilaksanakan di lantai 3 dan 4 gedung Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) dengan kapasitas setiap ruangan diisi oleh 20 peserta, 1 pengawas, dan 1 teknisi. Semua pengawas menggunakan masker dan face shield. Peserta juga diwajibkan memakai sarung tangan dan masker.


            Wah menarik bukan? Suasana UTBK 2020 di UNJ ini kamu bisa lihat juga di youtube Universitas Negeri Jakarta atau di link berikut ini https://youtu.be/a_5ScT7lYp4 ya, Edufriend. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878