Senin, 13 Juli 2020

PESTA DARING UNJ – LOMBA PODCAST


PESTA DARING UNJ – LOMBA PODCAST


            Halo edufriend? Sudah dengar tentang pesta daring UNJ? jika belum, acara ini adalah salah satu acara terbesar yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jakarta. Acara ini tentunya mau memberitahu kepada mahasiswa di seluruh Indonesia bahwa, Edufriend tetap aktif dan bisa berkarya walaupun disituasi pandemi saat ini.
            Pesta Daring ini mempunyai kegiatan seperti lomba dan seminar. Lomba-lomba yang diselenggarakan ada Music Collaboration Challeng, Essay Competition, Photo Competition, dll. BPRS ERAFM-UNJ sendiri menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bekerja sama untuk memeriahkan Pesta Daring dengan mengadakan Podcast Competition.
             Podcast Competition sendiri mempunyai tema “Pasca Pandemi” yang dimana latar belakang diadakan lomba ini, karena awalnya Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan ingin bekerja sama dengan seluruh UKM dan BEM dalam membuat lomba dan workshop untuk memeriahkan acara tersebut. Selain itu, BPRS ERAFM-UNJ sendiri bekerjasama untuk memeriahkan pesta daring dan membuat lomba podcast karena BPRS ERAFM-UNJ bergerak di bidang audio. Dengan banyaknya anak muda dan masyarakat yang berminat untuk membuat podcast saat ini, sehingga BPRS ERAFM-UNJ mau mewadahi hal tersebut dengan sharing session atau workshop yang telah diadakan pada Sabtu, 4 Juli 2020 dan mengadakan lomba podcast untuk mengasah kemampuan peserta, karena lomba siaran tidak memungkinkan dilakukan pada saat ini.
            Lomba podcast ini, juga sudah mempunyai ketentuannya sendiri. Pastinya dilaksanakannya di rumah ya, Edufriend. Karena yang diangkat adalah tema “Pasca Pandemi”, isi podcast yang dilombakan bercerita tentang bagaimana keadaan kita menghadapi pandemi yang sedang kita alami, serta lebih menghargai waktu yang telah diberikan supaya Edufriend lebih produktif lagi setelah pandemi. Selain memberikan cerita yang membuat Edufriend menghargai waktu, tentunya juga membuat peserta dapat mengasah skill mereka dalam berimajinasi dan skill mengedit audionya.
            Edufriend, lomba podcast yang diadakan ini bukan sekedar dilakukan tanpa persiapan. Intan Maulida selaku panitia dari acara ini mengungkapkan, bahwa lomba ini telah dipersiapkan dari bulan Mei, karena kegiatan yang diadakan tidak hanya lomba melainkan juga terdapat workshop. Lomba Podcast yang telah dipersiapkan dari bulan Mei ini memiliki kendala, seperti konsep yang harus diubah supaya acara tersebut dapat berjalan dengan baik. Kendala lainnya adalah sulit untuk mencari juri dan pembicara yang paham tentang podcast karena yang mengerti podcast itu sendiri, sangat jarang. Selain itu juga terdapat kendala berupa masalah yang umum, seperti peserta yang kurang membaca ketentuan yang telah disediakan panitia.
            Timeline dari Lomba Podcast ini, yaitu 6-12 Juli 2020 untuk pengiriman karya oleh peserta. Tanggal 13-14 Juli 2020, untuk upload hasil karya ke media streaming online. Lalu, penjurian akan diadakan pada 15-19 Juli 2020. Dan, lomba podcast akan diumumkan pada tanggal 20 Juli 2020.
            Untuk Edufriend yang ingin mendengarkan bagaimana para peserta memberikan opini dan imajinasinya dalam podcast, kamu bisa mendengarkannya di Spotify BPRS ERAFM-UNJ yaa Edufriend. Jangan sampai terlewat untuk mendengarkan podcast dari peserta favoritmu, karena selain, juara 1, 2, dan 3 akan ada juara favorit, loh! Jadi, stay tune on Spotify BPRS ERAFM-UNJ.
            Intan Maulida berharap semoga dengan diadakannya workshop dan lomba podcast ini, para peserta dapat menghasilkan hal yang baik, karena sudah dibekali ilmu tentang  podcast dan bisa terus mengasah kemampuan dalam podcast supaya bisa menyalurkan karyanya dan terus produktif. Serta, acara ini bisa terus terlaksana karena sangat memberikan dampak yang positif bagi universitas dan BPRS ERAFM-UNJ sendiri.

Natalia Kristiani M.
Editor: Riska Damayanti


0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878