Minggu, 14 Juni 2020

Training Soft Skill #2: Guidance and Counseling Techniques in Dealing with Children


Training Soft Skill #2
Guidance and Counseling Techniques in Dealing with Children




            Edufriend, cepat atau lambat kita akan menjadi orang tua ataupun akan menjadi guru, jika Edufriend memilih jurusan pendidikan. Menjadi orang tua bukan hal yang mudah, salah satunya adalah memahami dan mengenali pribadi anak. Hal tersebut bisa dijawab di salah satu training soft skill yang dilaksanakan oleh Community Development FE UNJ.
            Tema yang diusung acara ini adalah Guidance and Counseling Techniques in Dealing With Children, Comdev FE UNJ memilih tema ini karena diharapkan Edufriend bisa menguasai karakter anak yang berbeda-beda melalui teknik bimbingan konseling, supaya dapat memotivasi anak dalam perkembangannya terlebih pada saat “golden age”. Training kali ini, dibawakan oleh Bu Dra. Michiko Mamesah, M.Psi selaku Dosen Prodi Bimbingan Konseling FIP UNJ & Konselor sebagai narasumber.


            Selain latar belakang dari dipakainya tema tersebut, tujuan diadakannya acara ini juga enggak kalah keren loh, Edufriend!. Tujuan diadakannya acara ini supaya ketika kita menjadi orang tua dan guru dapat mendidik dan membimbing anak-anak secara baik dan benar. Selain itu, training ini juga difokuskan kepada pengajar Comdev FE UNJ yang nantinya dapat menerapkannya dalam kegiatan pengajaran rutin Comdev FE UNJ.
            Kesuksesan dari training ini tidak luput dari peran-peran yang terlibat dalam acara ini loh, seperti Divisi PSDM Comdev FE UNJ sebagai panitia acara, ERA-FM UNJ dan EconoChanel sebagai media partner, serta UPT-LBK UNJ yang mensupport acara ini. Selain dari yang disebutkan, tentu adanya peserta dari masyarakat umum.


            Training yang sangat bermanfaat ini, tentunya sudah dipersiapkan dengan baik  dari bulan Mei 2020. Dengan waktu ± sebulan dalam menyiapkan acara ini, tentunya ada kendala yang dihadapi seperti pembuatan room zoom yang sedikit bermasalah. Akan tetapi, hal tersebut dapat ditangani dan dibantu oleh kakak-kakak BPH Comdev FE UNJ, DPO Comdev FE UNJ, serta beberapa dosen. Sehingga, acara ini dapat berjalan dengan lancar sampai akhir acara.
            Salah satu peserta dari training ini pun mengakui bahwa acara ini sangat keren, banyak hal yang ia dapatkan dari training ini. Tujuan dari salah satu peserta dalam mengikuti training ini, “karena tema yang diangkat menarik, yaitu ‘Guidance and Counseling Techniques in Dealing with Children’. Saya sangat tertarik dengan seminar-seminar yang diadakan tentang cara menjadi orang tua yang baik, cara berinteraksi dengan anak, cara memahami dan mengatur anak, dan hal lain yang menyangkut tentang anak, karena menurut saya menjadi orang tua adalah sesuatu yang sulit, sesuatu yang harus dipersiapkan dan dipelajari secara bertahap. dalam mendidik anak secara baik pun bukanlah hal yang mudah terlebih anak adalah anugerah, oleh sebab itu menurut saya penting sekali mempelajari tentang tema yang diangkat tersebut meskipun kita masih belum menjadi orang tua, agar saat kita menjadi orang tua nanti setidaknya kita mengerti karena kita telah mempelajari cara-cara untuk memahami anak dan belajar cara menjadi orang tua yang baik di kemudian hari.” (Bunga Syntya Claudya – Pendidikan Sosiologi 2019).
            Selain itu, ketika ditanyai perasaannya setelah mengikuti acara ini, Bunga merasa senang, karena pertanyaannya dijawab oleh narasumber, pertanyaannya terkait tentang pola asuh orang tua dan perfeksionis. Selain itu, manfaat yang didapat setelah mengikuti seminar ini menurut Bunga yaitu, bisa lebih memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan terhadap anak di kemudian hari, dan memberikan bekal buat kita terutama anak-anak muda untuk mempersiapkan diri agar dapat menjadi orang tua yang siap, khususnya secara mental dalam mendidik anak.
            Wah keren sekali ya Edufriend acara ini! Harapan ke depannya, Nisalia Ningrum selaku ketua pelaksana mengucapkan semoga peserta semakin banyak dalam acara ini, agar dapat mengembangkan pengetahuannya dalam bidang pendidikan dan semoga acara yang selanjutnya tidak ada kendala apapun.

Natalia Kristiani Maru’ao
Editor: Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878