Jumat, 05 Juni 2020

GERPUAN UNJ


GERPUAN UNJ


            Hai Edufriend!. Tahukah kamu organisasi Gerpuan UNJ?. Gerpuan UNJ adalah singkatan dari Gerakan Perempuan Universitas Negeri Jakarta. Gerpuan berfokus pada isu perempuan, gender dan pendidikan. Organisasi ini didirikan pada 18 September 2019. Pendirian organisasi ini tak lepas dari berbagai situasi, termasuk dinamika isu Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) dan latar belakang kasus kekerasan seksual di UNJ oleh dosen ke mahasiswa. Pendirinya adalah 7 mahasiswa UNJ lintas program studi.
            Tujuan Gerpuan UNJ adalah keadilan sosial bagi perempuan dan laki-laki. Dimana laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang setara haknya (pendidikan, ekonomi, politik) tanpa diskriminasi (gender). Kegiatan yang telah dilakukan adalah bedah film dan diskusi buku, juga rapat. Gerpuan juga pernah mengikuti rangkaian kegiatan FGD sekolah perempuan dan pelatihan advokasi korban kekerasan seksual dari Perempuan Mahardhika dan Komnas perempuan loh, Edufriend!. Kedua event itu lingkupnya Jawa. Tiap anggota memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi dalam tiap diskusi offline dan online. Untuk offline, mereka baru tiga kali menyelenggarakan acara (bedah film, rapat dan diskusi buku). Selebihnya dilakukan online (rapat perdivisi, dan diskusi). Waktunya lebih cair saat ini, pandemi covid membuat organisasi online tidak terlalu efektif. Kami mengusahakan aktif diskusi, waktunya disepakati bersama-sama (tidak selalu mingguan).
            Organisasi ini adalah satu satunya organisasi otonom perempuan yang independen di UNJ loh, Edufirend!. Organisasi ini membawa semangat kesetaraan gender yang dalam praktiknya akan banyak mengulas isu-isu perempuan, advokasi kasus kekerasan seksual dan juga berjejaring dengan berbagai serikat buruh dan kolektif perempuan muda kampus dalam lingkup nasional. Organisasi ini adalah ruang aman bagi korban kekerasan seksual yang ingin melapor, sekaligus ruang belajar bagi para perempuan. Harapan kedepannya Gerpuan bisa menjadi estafet perjuangan para perempuan, bahwa di dalam organisasi yang berbasis sisterhood (persaudaraan perempuan) ini, perempuan bisa belajar mencintai dirinya, perempuan bisa belajar mengenai apa-apa saja yang mesti diperjuangkan dan tidak, perempuan bisa belajar mengenai hak-haknya. Dan semoga adanya Gerpuan UNJ di tengah masyarakat yang patriarkis ini, dapat menjadi api juang untuk kawan-kawan merawat semangat. Semangat untuk menghilangkan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan, dan diskriminasi gender.
            Bagi Edufriend yang ingin menjadi anggota dari gerakan perempuan UNJ, bisa follow instagramnya di @gerpuan_unj dan tunggu info open recruitmentnya. Jangan sampai ketinggalan ya!. Dengan syarat mahasiswa UNJ yang mengidentifikasi diri sebagai perempuan, memiliki ketertarikan dan semangat untuk mula-mula belajar isu perempuan, isu-isu kerakyatan, isu nasional dan berlatar mahasiswa semester 1-8, kamu bisa bergabung dengan Gerpuan UNJ (syarat bisa berubah tergantung kesepakatan saat open recruitment).

Febrizka Nabilla

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878