Minggu, 14 Juni 2020

Community of Marine Conservation Acropora


Community of Marine Conservation Acropora


            Hai, Edufriends! Apa kabar nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya. Yup, sekarang kita akan memberi tahu salah satu komunitas yang cocok banget nih buat pecinta lingkungan, juga yang ingin menambah kepedulian terhadap alam. Komunitas tersebut adalah CMC Acropora. CMC merupakan singkatan dari Community of Marine Conservation Acropora yang didirikan sejak 13 Juli 2009 oleh dosen dan mahasiswa rumpun biologi dengan Dr.  Hanum Isfaeni, M.Si sebagai pembimbing dari komunitas ini.  Alasan dari pengggunaan nama CMC merujuk pada nama salah satu spesies karang yang memiliki pertumbuhan paling cepat dibandingkan spesies karang lain yang diharapkan komunitas ini bisa tumbuh berkembang cepat dan bermanfaat bagi orang lain. 


             Tujuan awal dari CMC adalah untuk mengumpulkan mahasiswa dari rumpun biologi yang memiliki kecintaan dan kepedulian terhadap laut untuk melakukan kegiatan penelitian ataupun kegiatan konservasi tetapi seiring berjalannya waktu, CMC berkembang jadi komunitas yang mengumpulkan mahasiswa UNJ yang memiliki minat dan cinta terhadap laut serta kepedulian untuk menjaga laut dan melaksanakan kegiatan konservasi kelautan berbasis penelitian dan aksi nyata.



           CMC memiliki banyak kegiatan yang seru lho, Edufriends. Selain bisa menambah wawasan,  kegiatan-kegiatan yang dilakukan juga bisa membuat kita mengetahui kehidupan laut.  Beberapa kegiatan tersebut terdiri dari:
1.    Coral Study (COAST).
Coral Study merupakan kegiatan yang diadakan setiap bulan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta membangun budaya diskusi anggota CMC tentang laut.
2.    Berenang Bareng CMC (BBC).
Berenang Bareng CMC merupakan kegiatan yang diadakan setiap bulan, ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berenang anggota CMC. Untuk bisa melakukan kegiatan di laut dengan maksimal, maka perlu melatih anggota CMC untuk bisa berenang dengan baik.
3.    Seminar Kelautan (SELAT).
Seminar Kelautan merupakan kegiatan penyaluran informasi kepada masyarakat luas berupa seminar yang mengangkat tema kelautan dan isu-isu terkini mengenai laut yang diadakan setiap tahun.
4.    Ekspedisi
Ekspidisi merupakan kegiatan mengunjungi pulau dengan tujuan untuk monitoring, penelitian, ataupun melakukan aksi penyuluhan kepada masyarakat sekitar. Untuk saat ini, kegiatan CMC masih berpusat di beberapa pulau Kepulauan Seribu.
5.    Perayaan World Ocean Day
Kegiatan yang selalu dirayakan setiap tanggal 8 Juni, biasanya berupa kegiatan kampanye mengenai pentingnya menjaga laut dan menggalakan masyarakat untuk bisa melakukan kegiatan menjaga laut, karena adanya pandemi maka dialihkan dengan aksi melalui media sosial.
6.    Pelantikan
Pelantikan merupakan agenda tahunan untuk melantik anggota baru. Kegiatannya berlangsung sekitar 4 bulan dengan tujuan akhir melatih anggota baru untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan laut untuk bisa melakukan kegiatan penelitian dan konservssi dengan baik.


            Nah, gimana nih, Edufriends? Tertarik enggak untuk menjadi anggota CMC?  CMC ini bisa menjadi tempat untuk kita belajar dan menambah pengalaman tentang kehidupan laut, bukan hanya untuk diri kita namun juga dapat menjadi kesempatan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Bagi kalian yang tertarik untuk menjadi anggota dari CMC, kalian bisa melihat seluruh informasinya secara lengkap di instagram yaitu @CMC_acropora yaa.

Anjuita

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878