Jumat, 30 Oktober 2020

Teman Nyaman UNJ

 

Teman Nyaman UNJ

            Hai, Edufriends! Apa kabar, nih? Pasti lagi sibuk UTS ya? Semangat untuk memperjuangkan nilai yang lebih baik, hihi. Mendengar kata nilai, sering banget, nih, kita memiliki persepsi yang salah tentang nilai. Kita menduga, bahwa nilai adalah segalanya. Jika nilai kita rendah, maka kita tidak akan menjadi orang sukses. Akan tetapi, sebenarnya tidak seperti itu ya, Edufriends! Jangan berpikir, jika nilai itu segalanya, nilai harus dipandang sebagai suatu proses untuk kita menjadi lebi baik agar kita tetap berpikiran positif dan tidak mengganggu kesehatan mental kita.





            Kali ini, kita akan membahas salah satu komunitas yang keren banget nih, Edufriends! Komunitas tersebut adalah Teman Nyaman UNJ. Teman Nyaman UNJ merupakan kampanye kesehatan mental dari mahasiswa untuk mahasiswa yang mendukung gaya hidup sehat secara fisik dan mental di kalangan mahasiswa UNJ. Tujuan dari dibentuknya Teman Nyaman UNJ adalah untuk menyebarkan filosofi Ikigai, namun seiring berjalannya waktu terwujudlah suatu impian baru, yaitu ingin menjadikan UNJ sebagai kampus sehat mental, yang mahasiswanya sadar akan pentingnya kesehatan mental bagi diri sendiri dan bagi orang lain, jadi bukan menuntut untuk dipahami, tapi juga paham jika berkuliah dengan mental yang sehat itu hak seluruh mahasiswa.

            Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Teman Nyaman UNJ adalah melakukan suatu diskusi dan brain storming setiap akhir bulan. Teman Nyaman UNJ juga baru saja melakukan suatu seminar nasional yang diadakan oleh Wakil Rektor III tentang “Memutus Rantai Bullying” yang dibawakan oleh psikolog salah satu akun kesehatan mental terbesar di Indonesia di @klee.id. Teman Nyaman UNJ berharap untuk dapat melakukan webinar setiap bulannya dimulai dari lingkup yang kecil terlebih dahulu. Pada bulan November nanti, Teman Nyaman UNJ juga memiliki rencana untuk melakukan suatu webinar yang bekerja sama dengan mahasiswa berprestasi dari jurusan psikologi.

            Wabah pandemi memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap Teman Nyaman UNJ, hal tersebut dikarenakan semua harus berkomunikasi secara online yang mengakibatkan terjadinya salah komunikasi. Karena komunitas ini berperan penting dalam menyuarakan Kesehatan mental, maka setiap anggotanya harus saling mengerti, menghargai dan menghormati agar tidak ada terjadinya rasa saling tertekan antar satu sama lain.

            Guys, komunitas ini merupakan salah satu komunitas yang sangat penting dan memang sudah selayaknya diterapkan dalam lingkungan kampus. Karena, semakin tinggi tingkat Pendidikan yang dijalankan oleh seseorang, maka akan semakin berat juga beban yang dipegang oleh seseorang. Bagi kalian yang ingin membantu sesama rekan-rekan mahasiswa untuk memperjuangkan kesehatan mental mahasiswa, kalian bisa langsung aja daftar komunitasnya. Komunitas Teman Nyaman UNJ akan mulai membuka open recruitment kembali pada tahun depan ya, guys! Tetapi, kalian boleh banget untuk meningkatkan rasa kepedulian kalian terhadap kesehatan mental dari sekarang agar lebih siap ketika seleksi pemilihan nanti. Yuk, kepoin Instagramnya di akun @ruangnyaman.unj.

 

Anjuita

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878