Senin, 05 Oktober 2020

CIVIL CUP 2020

 

CIVIL CUP 2020

Hai Edufriend! Tanggal 28 September sampai 2 Oktober lalu telah berlangsung acara CIVIL CUP 2020, loh! CIVIL CUP sendiri merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh HIMA Prodi Teknik Sipil UNJ berupa ajang perlombaan dalam bidang seni dan olahraga, akan tetapi pada tahun ini CIVIL CUP dikemas dengan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, CIVIL CUP diadakan dalam bentuk perlombaan online dengan tujuh jenis perlombaan di dalamnya. Latar belakang diadakannya acara ini, yaitu untuk mewadahi jiwa kompetisi serta mengembangkan minat dan bakat teman-teman mahasiswa/i, terutama mahasiswa UNJ. Selain itu, untuk meningkatkan eksistensi dari Prodi Teknik Sipil UNJ dan juga menjalankan program kerja dari HIMA Prodi Teknik Sipil UNJ itu sendiri.

Tema yang diangkat pada CIVIL CUP 2020 adalah “Our New Normal: A Spirits of Solidarity & Supportivity”. Tema ini mengandung makna yang tersirat dalam tiga kata kunci. Pertama, yaitu “New Normal” yang mana rangkaian acara ini diselengarakan pada masa pandemi COVID-19, sehingga membuat acara ini dilakukan secara online untuk menyesuaikan kehidupan normal yang baru. Lalu kata “Solidarity” dimaksudkan, bahwa acara ini ditujukan untuk membangun solidaritas antar mahasiswa/i, baik dalam ataupun luar UNJ. Kemudian, “Supportivity” yang mana acara ini diadakan dengan suportif, baik untuk mahasiswa/i UNJ maupun mahasiswa/i luar UNJ.

Sasaran utama terlaksananya acara ini, yaitu mahasiswa/i D3 Teknik Sipil dan S1 Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan, selain itu juga mahasiswa/i aktif UNJ. Eitss, tapi dalam rangkaian acara ini juga terdapat lomba untuk mahasiswa/i di seluruh Indonesia, loh! Untuk mahasiswa/i D3 Teknik Sipil dan S1 Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan terdapat lomba Civil Troops FUN QUIZ yang diadakan melalui platform QUIZIZZ, dan Teka-Teki Silang “All About Civil Engineering” dengan menggunakan soal berupa TTS yang sebar melalui Instastory, kemudian peserta dapat menjawabnya dan mengirimkan jawaban tersebut ke contact person yang tertera. Lalu untuk mahasiswa/I UNJ terdapat lomba Mobile Legend dan PUBG Mobile yang telah dikoordinasikan dengan pihak E-Sport UNJ, dan ada pula Lomba Desain Poster dengan Tema “Olahraga dari Rumah Aja”. Kemudian, untuk mahasiswa/i di seluruh Indonesia terdapat perlombaan dalam bentuk tim/kelompok yang berisikan 3 orang, yaitu lomba Bridge Design Competition dengan mengunakan SAP 2000 dan ada pula lomba video tutorial kreatif bertemakan “Video Tutorial Pembangunan Gapura” dengan menggunakan SKETCH UP.


Acara ini telah disiapkan sejak bulan April dan mulai membuka pendaftaran untuk peserta lomba pada bulan September, tepatnya pada tanggal 5 – 24 September 2020. Terdapat beberapa rintangan dan tantangan yang dihadapi oleh panitia, seperti tanggal acara yang sempat mundur dan penyesuaian jam kuliah dengan keberlangsungan acara, akan tetapi panitia dapat mengatasinya dengan baik dan tetap saling mendukung satu sama lain sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hasil yang ingin dicapai dari terselenggaranya acaranya adalah tercapainya tujuan-tujuan dari acara ini, meliputi merekatkan tali silaturahim dan persahabatan antar seluruh mahasiswa/i di UNJ, semakin besarnya ketertarikan mahasiswa/i jurusan Teknik Sipil UNJ untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan di kampus, adanya minat dan bakat mahasiswa/i yang tersalurkan melalui kompetisi ini, serta semakin eksisnya kegiatan-kegiatan dari program studi Teknik Sipil UNJ, baik di dalam kalangan kampus ataupun luar kampus. Wah, keren banget ya, Edufriend!

Anggi Jelita Sari selaku panitia dalam CIVIL CUP 2020, mengungkapkan harapannya untuk acara ini. Ia berharap acara ini dapat diselenggarakan kembali pada tahun depan, apabila tahun depan CIVIL CUP dapat diadakan secara offline kembali, maka diharapkan perlombaan online seperti tahun ini pun dapat ditambahkan di dalam rangkaiannya, sehingga perlombaan yang tercipta dapat lebih bervariasi. Selain itu ia juga menambahkan, diharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat meningkatkan eksistensi CIVIL CUP itu sendiri.

Nah Edufriend, bagi kamu yang penasaran dengan rangkaian acara yang telah diselenggarakan ini, kamu dapat langsung melihat pada laman sosial media mereka di Instagram @civilcup2020 yaa!


Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878