Senin, 12 Oktober 2020

JAKARTA-JOGJA NAIK MOBIL, KENAPA ENGGAK?

 

JAKARTA-JOGJA NAIK MOBIL, KENAPA ENGGAK?

Oleh: Adinda Larasati


(Pemandangan Gunung Merbabu di pintu tol Salatiga. Sumber: Dok. Pibadi)

Untuk kita yang tinggal di wilayah Jabodetabek mungkin tahu bahwa akhir-akhir ini tujuan wisata terdekat kita yaitu Puncak sedang ramai-ramainya. Hal ini tentu membuat kita cemas dan was-was dengan penularan Covid-19 dan mencari tujuan wisata lain yang familiar untuk wisatawan lokal dan belum terlalu ramai seperti Jogja. Transportasi pesawat, bus, dan kereta api juga sudah mulai melayani perjalanan ke sana. Namun kalau kamu masih takut untuk berada di satu ruangan yang sempit dengan orang asing, mungkin perjalanan menggunakan kendaraan pribadi adalah solusinya.

(Rest Area KM 456. Sumber: Dok. Pribadi)

Menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil tentu bisa jadi alternatif kendaraan saat melalukan perjalanan jauh, selain lebih murah kalau beramai-ramai tentu untuk situasi saat ini memang lebih aman, ditambah akses jalan untuk kesana sudah lebih mudah dan cepat karena adanya jalan tol, sehingga kurang lebih waktu tempuh hanya 10 jam, itupun sudah dihitung dengan istirahat di rest area beberapa jam. Untuk yang baru pertama kali melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan pribadi, jangan cemas kamu gak perlu takut disasarin Google Maps karena rutenya sudah tepat dan benar. Selain itu kamu gak akan bosan selama perjalanan karena disuguhi banyak pemandangan alam seperti pegunungan dan sawah, dan kalau kamu berangkat saat malam hari kamu pasti bisa menikmati sunset diperjalanan, selain itu banyak rest area yang bersih dan mempunyai bangunan yang unik serta fasilitas yang lengkap. Biaya perjalanan juga lebih murah jika kamu pergi berempat atau berlima karena selama perjalanan, total biaya untuk bensin dan tol hanya merogoh kocek kurang lebih 1,6 juta rupiah dan bisa lebih murah jika kamu tidak melalui jalan tol terus-menerus.

         (Sunset di tol. Sumber: Dok. Pribadi)

Tetap memilih dan menikmati perjalanan menggunakan transportasi umum memang tidak ada salahnya di situasi pandemi ini. Namun jika kamu ingin menikmati suasana berbeda dan punya waktu yang luang, saya sarankan untuk menikmati perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, karena perjalanannya pun serasa seperti berwisata.

 

Editor : Karinka Sutendi Putri

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878