Minggu, 04 Oktober 2020

Studio 4oo2

 

Studio 4oo2

Hi edufriend! Kali ini kita bakal ngebahas salah satu komunitas yang ada di FBS, yaitu Studio 4oo2. Dibalik nama 4oo2 yang sederhana dan berkesan bagi anggota ini, memiliki kisah yang cukup unik, loh Edufriend! Ketika mereka sedang gempar-gemparnya berjuang untuk memenangkan sayembara desain, mereka seringkali bertemu di restoran cepat saji 24 jam. Kebetulan member 4oo2 ini beranggotakan empat dan yang sering membawa motor ada dua orang, satu motor dikenakan biaya parkirnya dua ribu rupiah, karena terdapat dua motor, biaya parkir menjadi empat ribu rupiah. Sehingga mereka menamai komunitas mereka ialah 4oo2. Unik banget ya edufriend kisahnya!

Studio 4oo2 ini bisa dibilang masih baru banget, nih Edufriend! 4oo2 berdiri sejak Desember 2019, pendirinya adalah dosen mereka sendiri, yaitu Ms. Jeong Ok Jeon. Tujuan dibuatnya 4oo2 ialah membuat ruang untuk saling sharing dan tukar pikiran tentang dunia desain, baik itu trend, technical, ataupun visual concept. Selain itu member dari 4oo2 ini, memiliki satu kemampuan yang sama dan juga mereka memiliki keinginan untuk melanjutkan studio ini bersama – sama dalam bidang desain dan fotografi.

4oo2 saat ini sedang membangun visual identity bersama biro desain dari Jerman sampai Februari nanti dan dengan pihak documenta. Tujuan dari membangun visual identity ini, adalah untuk mencapai visual yang paling tepat merefleksikan konsep pemeran yaitu: Lumbung, yang diinisiasi oleh ruang rupa sebagai direktur artisti, di pemeran documenta fifteen sebagai wujud gagasan bersama, Indonesia – Jerman.

Di studio 4oo2 sendiri memiliki jadwal rutin. Mereka bersama-sama memiliki komitmen untuk bekerja pada weekdays dan jam kerja. Akan tetapi, karena saat ini sedang diterapkannya WFH, mereka pun tidak pergi ke studio. Sehingga, untuk kegiatan rutin nya tidak ada dan diganti dengan meeting bersama Jerman via online.



Untuk saat ini 4oo2 masih belum buka pendaftaran, karena 4oo2 masih akan membuat program-program. Nah, ketika rencana programnya sudah ada baru mulai recruitment dibidang-bidang tertentu sesuai kebutuhan. Studio 4oo2 sendiri adalah komunitas dan juga merupakan sebuah studio design yang benar-benar mengerjakan project design.

Kintan selaku member 4oo2 juga mengungkapkan harapannya. “Harapan yang paling terdekat adalah dapat kesempatan untuk menyaksikan langsug pameran documenta fifteen di 2022 dan dalam jangka panjangnya, semoga studio ini semakin berkembang, banyak projek baru. Untuk member-membernya, semoga terjaga team work baiknya, saling membangun satu sama lain” ungkapnya. Untuk kamu yang ingin tau lebih lanjut tentang Studio 4oo2, kamu bisa cek akun instagramnya di @studio4oo2, ya Edufriend!

 

Maisy Wirdatama Putri

Editor : Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878