Senin, 14 September 2020

OPENING PKKMB UNJ 2020



OPENING PKKMB UNJ 2020



PKKMB merupakan Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru Universitas Negeri Jakarta yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali. PKKMB memiliki tujuan untuk membuat mahasiswa baru tidak asing lagi dengan kehidupan di Universitas Negeri Jakarta, apabila sudah aktif menjadi mahasiswa. PKKMB tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, loh Edufriend! Tahun ini kegiatan PKKMB dilakukan secara daring.



Pada tanggal 14 September 2020, PKKMB UNJ resmi dibuka oleh Dr. Komarudin, M.Si., selaku Rektorat Universitas Negeri Jakarta, melalui streaming Instagram dan Youtube Kemahasiswaan UNJ dan UNJ Official. Pembukaan PKKMB UNJ dilakukan pada pukul 08.00 – 10.00 WIB. Pada kegiatan pembukaan PKKMB UNJ 2020, terdapat sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, loh Edufreinds, yaitu Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.



Setelah kegiatan pembukaan PKKMB UNJ, dilanjutkan dengan kegiatan kuliah umum PKKMB UNJ Virtual 2020. Sebelum dimulainya kuliah umum, terdapat agenda pembukaan kuliah umum yang dilakukan oleh Dr. Komarudin, M.Si., selaku Rektorat Universitas Negeri Jakarta.

Pada agenda kuliah umum ini dilakukan mulai pukul 12.30-14.00 WIB melalui platform Zoom Meeting, streaming Instagram dan Youtube Kemahasiswaan UNJ dan UNJ Official. Pemberian materi pada kuliah umum PKKMB UNJ Virtual oleh Jendral TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto, S.H., S.I.P., M.M, tentang empat konsensus kehidupan berbangsa dan bernegara.

 


Tema yang diangkat pada PKKMB tahun ini, ialah “Melalui Merdeka Belajar Kita Tingkatkan Cipta, Rasa, dan Karsa Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0”. Makna yang terkandung di dalamnya, yaitu menyatukan budaya dari mahasiswa baru melalui pimpinan Universitas Negeri Jakarta dengan ditambahkannya revolusi industri 4.0, serta mengikuti intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memberlakukan kurikulum Kampus Merdeka Belajar. Kampus Merdeka Belajar ini adalah kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana mahasiswa dituntut untuk melakukan belajar secara bebas dan dalam keadaan pandemi saat ini, mahasiswa dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi yang ada agar tetap bisa melakukan kegiatan walaupun dari rumah saja.

Acara yang dipersiapkan pada bulan Maret ini, memiliki proses yang cukup lama. PKKMB tahun ini awalnya memiliki konsep secara offline, tetapi melihat keadaan yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan secara offline di kampus, maka pihak panitia memutuskan untuk merubah konsep acara menjadi online dan menetapkan hanya tiga divisi saja yang akan tetap berjalan, yaitu acara, humas dan sponsorship.

PKKMB akan berlangsung dari tanggal 14-18 September 2020 dengan menggunakan konsep secara daring, dimana sebelum tanggal pelaksanaan PKKMB berlangsung panitia melakukan sosialisasi pedoman, TOT pembuatan video, serta OPMAWA dan ORMAWA EXPO. Kegiatan PKKMB dilakukan melalui Zoom Meeting, streaming Youtube dan Instagram. Untuk materi yang digunakan pada saat kuliah umum terdapat dua pilihan, yaitu bisa melalui rekaman dan bisa juga melalui meeting secara langsung, seperti yang dilakukan pada kuliah umum dengan Bapak Wiranto.

Hasil yang ingin dicapai dari adanya kegiatan PKKMB adalah membuat mahasiswa baru dapat mengenali kehidupan dilingkungan masing-masing, baik itu di prodi, fakultas maupun di universitas. Dengan harapan memudahkan mahasiswa baru untuk mengenal kehidupan kampus, tanpa harus datang langsung ke Universitas Negeri Jakarta. Selain itu, mahasiswa baru dapat mengetahui administratif yang ada di Universitas Negeri Jakarta, mulai dari pembayaran UKT, pengisian KRS dan administrasi lainnya yang ada di lingkungan prodi dan fakultas.

 

Ellief Shafira Harfiani

Editor : Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878