Jumat, 25 September 2020

Forum Idekita

 

Forum Idekita

Hai Edufriend! Kali ini kita bakal bahas salah satu forum yang ada di FIP, yaitu Forum Idekita (FIDE). FIDE memiliki filosofi sebagai organisasi yang mewadahi ide-ide, minat, dan bakat mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dalam bidang literasi dan penalaran. Forum ini didirikan oleh Muhammad Ivan dan kawan-kawan pada tanggal 2 Maret 2004.

Tujuan dari Forum Idekita ini adalah menjadi wadah untuk mengembangkan  penulisan dan penalaran, sehingga tercapainya insan akademisi FIP yang berprestasi. Forum ini memiliki banyak kegiatan. Mereka melakukan workshop pembuatan naskah film pendek, membuat seruan buat buku, seminar nasional kebijakan pendidikan, lomba esai dan puisi nasional, kajian akbar, study banding ke Sukabumi, mentoring fiksi dan nonfiksi hasilnya mampu mengirimkan tim yang dua tahun berturut-turut lolos pendanaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikbud) di bidang KC (Karsa Cipta) dan bidang M (Pengabdian Masyarakat).

Forum ini sudah pernah membuat suatu event tingkat nasional, yaitu Seminar Kebijakan Nasional ditahun 2018 dengan tema “Transformasi LPTK Sebagai Kunci Pembangunan SDM Guru dan Tenaga Kependidikan dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030”. Tujuan dari kegiatan seminar ini adalah menyiapkan LPTK untuk menghasilkan lulusan tenaga pendidik yang berkualitas. Seminar ini diselenggarakan secara tatap muka ditahun 2018. Terlaksananya acara ini tidak lepas dari kerja keras panitia, alumni dan publikasi dan promosi di sosial media. Pada tahun 2020 mengadakan lomba esai dan puisi nasional (LeD Fide) dengan tema puisi “Dampak Pandemi Covid-19” dan tema Esai “Dampak Pandemi Covid-19” terhadap  masa depan Indonesia dengan sub tema pendidikan, ekonomi atau sosial. Tujuannya mengetahui pandangan mahasiswa dan pelajar terkait dampak pandemi Covid-19. Diselenggarakan secara daring (online). Terselenggaranya acaranya tidak lepas dari support media partner info.lomba, EventPelajar, BEM UNJ, BEM FIP, dll.

Forum ini memiliki agenda rutin seperti kajian Fide yang dilaksanakan dua kali dalam sebulan dengan pengkaji esai yang merupakan pengurus dan anggota Forum Idekita. Lalu ada Anekdot dalam Cerita, kegiatan ini berisi penyaluran kemampuan menulis dan public speaking dilakukan dua kali selama sebulan.

Di organisasi ini tidak mengenal siapa yang lebih senior atau lebih dulu masuk FIDE. Di forum ini pengurus dan anggota bisa belajar bersama-sama untuk mengembangkan minat bakat literasinya dan pastinya akan dibimbing dengan orang yang ahli dibidangnya.

Forum Idekita terbuka untuk mahasiswa FIP UNJ yang berminat bergabung menjadi anggota. Caranya dengan mengikuti Orientasi Anggota Baru Forum Idekita yang akan dilaksanakan sekitar tgl 24-25 Oktober 2020. Untuk mahasiswa baru FIP jangan lupa dicatat yaa! Citra Rahmah Putri selaku ketua Forum Idekita juga mengungkapkan harapannya untuk Forum Idekita, “Semoga semakin inovatif dalam membentuk program yang bisa mencakup keseluruhan minat bakat mahasiswa FIP, semakin jaya dan go internasional” ungkapnya. Untuk kamu yang mau tau lebih lanjut tentang Forum Idekita, kamu bisa cek akun instagramnya di @forumidekita lho, Edufriend!

 

Karinka Sutendi Putri

 

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878