Selasa, 29 September 2020

KERTAS 2020

 

KERTAS 2020

 


KERTAS berasal dari singkatan Kreativitas Energik Remaja Turnamen Antar Sekolah. KERTAS merupakan turnamen terbesar yang diselenggarakan oleh SMAN 21 Jakarta dengan jenis perlombaan yang bermacam-macam setiap tahunnya, bergantung pada pihak penyelenggara setiap tahunnya. Lomba-lomba yang diadakan tidak hanya olahraga saja, tapi juga ada perlombaan seni.

Tujuan diadakannya KERTAS ialah untuk mengembangkan bakat dan prestasi siswa di bidang seni, maupun olahraga. Selain itu, untuk menjalin hubungan baik dengan sekolah lainnya, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Lalu, acara ini juga bertujuan untuk memupuk semangat dan kerjasama siswa untuk mencapai tujuan yang sama dalam berorganisasi, karena dalam acara KERTAS ini juga diajarkan cara mengorganisasikan sesuatu dan juga bekerjasama dengan tim, yang pastinya sangat penting untuk dunia pekerjaan nantinya.

Tema yang diangkat tahun ini adalah “FairyTale”. Alasan dipilihnya tema ini, karena “Fairy Tale” itu bisa bermakna luas, loh Edufriend! Panitia KERTAS berpikir, bahwa feeds Instagram yang akan ditampilkan atau yang berhubungan dengan kreatif akan sangat menarik serta “Fairy Tale” sendiri dapat bersifat unisex, tidak terlalu bersifat feminin ataupun maskulin.

KERTAS 2020 diadakan secara virtual. Ada beberapa lomba yang diadakan untuk umum, dan ada pula khusus untuk SMA/SMK sederajat. Sasaran peserta dari acara ini adalah masyarakat umum dan murid-murid SMA/SMK. Ajang perlombaan yang diselenggarakan tidak hanya untuk wilayah jabodetabek saja, loh Edufriend! Luar pulau Jawa pun bisa ikutan ya. Hadiah yang ditawarkan tidak hanya E-sertifikat, akan tetapi ada pula uang dan bonus lainnya dari para sponsor, loh!

Acara ini telah dipersiapkan sejak Desember 2019, yaitu sejak closing stage KERTAS 2019. Akan tetapi dengan adanya Covid-19, pada akhirnya panitia KERTAS merombak ulang rencana yang sudah dipersiapkan dan tersusun rapi, lalu membuat rencana ulang kembali sekitar bulan Juni 2020. Pada awalnya panitia sempat ingin membatalkan adanya KERTAS ini, tetapi akhirnya muncul ide untuk mengadakannya secara virtual. Maka tahun ini merupakan pelaksanaan acara KERTAS secara virtual untuk pertama kalinya.

Karena ditiadakannya kegiatan yang dapat mengundang keramaian, maka semua rangkaian acara dilakukan secara virtual, seperti technical meeting hingga penjurian dilakukan secara online. Untuk peserta lomba (kecuali PUBG dan ML) mengumpulkan video dengan cara mempostingnya di Instagram. Lalu, untuk Opening Kertas 2020 pun akan dilakukan secara virtual.

Harapan dari terlaksananya acara KERTAS 2020, yaitu untuk mengharumkan nama baik SMAN 21 dan agar SMAN 21 semakin dikenal dalam hal yang positif. Serta, dengan adanya acara ini diharapkan hubungan SMA 21 dengan sekolah lain dapat semakin erat dan tidak hanya sekolah saja, namun juga dengan banyak perusahaan dan pihak lainnya. Dan tentunya dengan mengadakan acara KERTAS ini, diharapkan seluruh panitia dapat belajar banyak dari pengalaman terlaksananya acara ini yang nantinya dapat berguna untuk jenjang pendidikan selanjutnya ataupun dunia pekerjaan, serta dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, karena banyak pelajaran yang bisa diambil dari ini semua. Wah menarik sekali ya, Edufriend!

 

Maisy Wirdatama Putri

Editor : Riska Damayanti

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878