Senin, 01 Oktober 2018

Pementasan Rashomon dan Sindiran Untuk Netizen Zaman Now




Teater ZAT menggelar pementasan teater berjudul RASHOMON di Gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Timur, 27 September 2018. Pementasan ini digelar dibawah penyeleksian tim Festival Teater Jakarta 2018 Kota Administrasi Jakarta Timur, yang apabila beruntung  nantinya akan melaju ke tahap yang lebih tinggi lagi. Disutradarai oleh Septio Erostian, mengangkat sebuah gabungan cerpen karangan Ryunosuke Akutagawa penulis asal negeri sakura yang sudah diadaptasi oleh Djohan A. Nasution menjadi naskah drama.

Bercerita tentang seorang samurai yang oleh seorang penebang kayu ditemukan tewas di dalam semak-semak. Sebelum tewas samurai tersebut terlihat bersama istrinya berjalan menuju Yamashina oleh seorang Pendeta. Penebang kayu dan Pendeta dipertemukan disebuah gerbang bernama RASHOMON yang terkenal sebagai sarang penjahat.  Mereka mencoba mengungkap siapa pembunuh dari samurai itu. Hingga berakhirnya sandiwara, kebenaran atas teka-teki itu masih menjadi misteri karena alur cerita dibawakan oleh sudut pandang berbeda  dari tiga tokoh yang kemungkinan adalah sang pembunuh yaitu Takehiko (samurai itu sendiri), Masage (isteri samurai), dan Tajomaru (seorang penjahat).

Menurut Rezza Budhi Prasetyo sebagai pimpinan grup, diangkatnya cerita ini dalam pertunjukkan mempunyai maksud menyadarkan khalayak terutama pengguna media sosial atau biasa kita sebut netizen untuk tidak saling menyalahkan terhadap adanya suatu permasalahan.  “Kita ingin menyadarkan bahwa perspektif kebenaran itu banyak, tergantung kita percaya sumber yang mana” tambahnya.

Dimainkan oleh 10 orang pelakon, pementasan ini memerlukan waktu persiapan 4 bulan. Didalam kurun waktu persiapan tersebut, salah satu aktor utama jatuh sakit sehingga tim harus melakukan casting tambahan untuk mencari pengganti aktor tersebut. Walaupun sempat mengalami kendala, para aktor dan crew lainnya dapat menggelar pementasan yang memuaskan para penontonnya. Seperti tanggapan Agung Purnama, salah satu penonton pementasan teater RASHOMON, “Secara keseluruhan, teater yang ditampilkan bagus,  pemeran-pemerannya dapat memainkan karakter masing-masing tokoh dengan sangat baik. Kita juga bisa mengambil pesan moral dari teater itu. Tatanan panggung yang bagus juga menjadi alasan penonton untuk mengapresasi pementasan ini”.


Putri Muthya

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878