Sabtu, 29 September 2018

Tiga Jam Lebih Dekat dengan Global Radio Jakarta




Halo Edufriend, pasti penasaran dong sama kegiatan yang ada di ERAFM-UNJ?
Yang pasti banyak kegiatan menarik yang kami lakukan nih, salah satunya adalah Radio Visit. Yup! Sesuai dengan namanya, agenda yang kami lakukan disini adalah “berkunjung” ke radio-radio yang mengudara di Jakarta dan sekitarnya, baik itu radio komersil maupun radio komunitas, untuk mencari ilmu seputar keradioan dong pastinya.

Senin, 24 September 2018, kali ini radio yang kami kunjungi adalah Global Radio Jakarta. Radio ini merupakan radio yang mengudara di frekuensi 88,4 fm, dibawah naungan PT. Media Nusantara Citra Radio Networks atau singkatnya PT. MNC Radio Networks. Lokasinya berada di Gedung Inews, lantai 5, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Lebih mudahnya sih di Gondangdia, Edufriend hehe. Lokasinya mudah diakses dengan kendaraan apa saja Edufriend, bahkan bisa hanya dengan berjalan kaki lho dari stasiun Gondangdia, kalian hanya perlu menyebrang saja. Kalau kami sih tim konvoy, alias ramai-ramai naik motor hahaha :D

Terus kenapa judulnya ‘Tiga Jam Lebih Dekat dengan Global Radio Jakarta’ ya? Nah ini karenaaa, kami disana selama tiga jam Edufriend. Eits, tapi jangan salah, walaupun hanya tiga jam, banyak sekali ilmu yang kami dapatkan disana. Bahkan kami juga diminta untuk ikut siaran lhoo, asyik kaann. Setelah tiba di gedung iNews pukul empat sore, dan menukarkan kartu identitas untuk mendapatkan kartu akses di receptionist, kami dipersilahkan untuk langsung naik ke lantai 5, ke tempat dimana studio siaran Global Radio ini berada. Kami juga dipersilahkan masuk ke studionya, kebetulan sekali saat itu sedang berlangsung siaran program sore Edufriend. Disana kami disambut dengan sangat hangat oleh crew Global Radio Jakarta. Disana kami melihat langsung bagaimana proses ketika radio sedang On Air dan bertemu langsung dengan produser, operator, music director, dan tentunya penyiar Global Radio Jakarta dongg, ada Kak Zahra dan Kan Stiven yang bertugas pada sore hari itu. Mereka semua humoris dan ramah sekali lho Edufriend.

Selain menyaksikan langsung bagaimana ketika radio sedang On Air, kami juga melakukan sharing information nih dengan crew Global Radio Jakarta. Crew yang ada di studi membagikan cerita seputar pengalaman, tugas dan pekerjaan mereka, serta wejangan terkait bidang keradioan yang membangun untuk kami. Tidak hanya crew-nya saja Edufriend, Station Manager Global Radio Jakarta juga memberikan kami banyak pengetahuan, lho. Beliau menjelaskan banyak sekali tentang bagaimana sebuah radio beroperasi. Mulai dari susunan struktural radio, strategi menjalankan program, maping workplan, hingga menjelaskan kriteria yang baik untuk menjadi seorang penyiar radio yang kompeten.


Asyik menyimak dan terlena dengan keramahan yang diberikan oleh crew dan Station Manager Global Radio Jakarta, tak terasa sudah tiga jam kami disana dan waktu sudah meununjukan pukul tujuh malam. Sebelum berpamitan, pastinya tidak lupa kami semua berfoto bersama dan membuat boomerang untuk kebutuhan sosial media pastinyaaaa.

Sungguh mengasyikkan dan bermanfaat bukan kegiatan kami kali ini? Penasaran dan mau tau lebih banyak tentang dunia keradioan? Atau bahkan mau ikut Radio Visit juga? Boleh banget Edufriend, yuk gabung bersama kami di ERAFM UNJ ;) daaaann jangan lupa, dengerin terus 107,8 Educational Radio, Radionya Anak UNJ! J


Farah Dita Larasati

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878