Selasa, 17 Mei 2016

Simulasi Kehidupan Melalui Kampung Bidik Misi UNJ

Hai edufriend, siapa yang penerima beasiswa Bidik Misi.....? Nah, Dj mau kasih tau nih tentang acara kampung bidik misi  generasi VI ( enam ). Program pelatihan yang dibuat oleh tim pengembang kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta yang dirancang untuk seluruh mahasiswa penerima Bidik Misi ini bertujuan untuk mengasah jiwa kemandirian para mahasiswa  penerima Bidik Misi untuk  tetap bertahan dalam kondisi sesulit apapun dalam perjuangannya menggapai cita. Dalam kegiatan ini para peserta juga diberikan wawasan dan pengetahuan akan lingkungan sosial. Program kepelatihan Bidik Misi berlangsung dari tangga 13 – 15 Mei 2016 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur.

Sebelumnya, setiap peserta dikelompokkan menjadi beberapa keluarga dan setiap keluarga terdiri dari beberapa mahasiswa dari fakultas yang berbeda. Setiap keluarga dipimpin oleh seorang kepala keluarga yang diberi tanggung-jawab layaknya seorang bapak dalam sebuah keluarga. Para kepala keluarga bertugas untuk mengumpulkan dan menyatukan seluruh anggota keluarga yang terdiri dari latar belakang yangg berbeda-beda. Pada tahap selanjutnya setiap keluarga diberikan uang yang dapat digunakan sebagai modal usaha. Mereka wajib mengembangkan modal tersebut agar dapat menghasilkan keuntungan dan modal yang diberikan harus dikembalikan . Keuntungan ini dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhannya. Hal ini merupakan sebuah refleksi kehidupan sebenarnya dimana setiap keluarga harus produktif dalam mencukupi kebutuhan rumah tangganya. Dalam program ini peserta juga dilatih jiwa politiknya dalam bermasyarakat. Hal ini terlihat dari peran setiap keluarga yang turut aktif dalam memilih ketua RT, RW, dan lurah.  Setiap nilai-nilai kehidupan disampaikan langsung melalui tahap-tahap dalam acara ini dengan cara mempraktekannya.

Kesederhanaan hidup, tenggang rasa diantara setiap keluarga, kepemimpinan seorang kepala keluarga dan pejabat desa serta kesatuan sebuah keluarga diajarkan dalam program ini. Kesederhanaan hidup dan kesatuan keluarga menjadi bekal setiap peserta dalam memiliki sebuah keluarga kelak. Begitu juga kepemimpinan seorang kepala keluarga dan pejabat desa menjadi sebuah penggerak dalam proses pencapaian dari tujuan sebuah desa. Semua semangat dan perasaan itu tertuang menjadi satu dalam jargon Kampung Bidik Misi ini “ SATU ATAP MENGINSPIRASI BERSAMA BIDIK MISI “


Atika Azmi Purnama

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878