Rabu, 02 Maret 2016

Dialog Interaktif Pusake Betawi

Universitas Negeri Jakarta adalah satu-satunya Universitas Negeri di Jakarta, oleh karena letak geografisnya tersebutlah, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Budaya Betawi sangat erat kaitannya dengan kehidupan masyarakat Jakarta. Oleh karena itulah ke empat lembaga ini saling bekerja sama yaitu, Pusake Betawi UNJ, Betawi Center Foundation / Penerbit Padasan, Jurnal Stomata UNJ dan Prodi Sastra Indonesia UNJ. Keempat lembaga ini bekerja sama untuk menyelenggarakan Dialog Interaktif Pusake Betawi.

Dialog Interaktif Pusake Betawi ini memiliki tema “Pantes gak ya Bahasa dan Sastra Betawi masuk Universitas untuk dijadiin Mata Kuliah?” Dialog ini diselenggarakan pada Senin, 29 Februari 2016 di Aula Maftuhah Yusuf Universitas Negeri Jakarta. Dialog ini dihadiri oleh keempat pembicara dengan latar belakang yang berbeda-beda, Dr. Irsyad Ridho, M. Hum (Peneliti Culture Studies), Abdul Chaer (Pakar Linguistik & Mantan Dosen UNJ), Chairil Gibran Ramadhan alias CGR (Sastrawan Terkenal & Pendiri Betawi Center Foundation), serta Sam Mukhtar Chaniago (Wakil Ketua Pusake Betawi). Dialog ini juga dipimpin oleh seorang moderator yakni Erfi Firmansyah (Mantan Sekretaris Jurusan Bahasa Indonesia serta peneliti kebudayaan Betawi)


Acara ini dibuka dengan penampilan tari Betawi oleh Pusaka Jaya UNJ, serta hiburan Ondel-Ondel yang sangat menarik serta seringkali membuat gelak tawa. Setelah itu penampilan Ngebuleng yang dibawakan oleh Tutur Denes, sedangkan Suaeb Mahbub membawakan Hikayat yang berjudul “Riwajat Kampoeng Marunda” ngebuleng diartikan juga dengan mendongeng dalam bahasa betawi alias menggunakan kosa kata Betawi disertai iringan musik Gambang Kromong oleh Pusaka Jaya UNJ.

Sebagai wakil Pusake Betawi, Bapak Sam Mukhtar Chaniago mengatakan maksud dari diselenggarakannya dialog interaktif ini adalah agar Universitas Negeri Jakarta dikenal sebagai Universitas yang peduli dan memperhatikan budaya Betawi, selain itu beliau berharap agar “Bahasa dan Sastra Betawi” dapat menjadi mata kuliah baru di seluruh jurusan dan prodi yang ada di UNJ, Karena beliau mengatakan  “Baru jurusan Seni Musik saja yang memasukkan mata kuliah berbau Betawi di program pendidikannya, yakni Seni Budaya Betawi dan Seni Musik Betawi” oleh karena itu sepatutnya semua jurusan di Universitas Negeri Jakarta sedayanya memasukkan mata kuliah berbau betawi di program pendidikannya.




Ivan Rizky Pratama

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878