Minggu, 17 Juni 2018

EKSOFORA



Program Studi Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Jakarta menyelenggarakan kegiatan seminar keterampilan berbicara di Aula Maftuchah Yusuf UNJ (05/06/2018). Kegaiatan ini diberi nama Eksofora yang merupakan ujian terbuka mahasiswa pada mata kuliah berbicara interaktif prodi tersebut. Bentuk ujiannya dikemas dalam suatu acara seminar agar dapat dinikmati khalayak umum.
Tema kegiatan acara ini adalah “Terapkan Jati Diri di Zaman Milenial dengan Terampil Berbicara”. Menurut Fahmi Basya sebagai ketua pelaksana, tema ini diangakat karena eksistensi seseorang tidak dapat dilepaskan dari keterampilan berbicara, jadi keterampilan berbicara dapat menunjukkan jati diri seseorang.

Dalam acara ini diundang pula Maman Suherman atau biasa disapa Kang Maman, Pegiat Literasi, Presenter acara Kompas TV, Jurnalis kelompok Kompas Gramedia, Notulen dalam acara Indonesia Lawak Klub di Trans7, dan Penulis Buku BAPAKKU INDONESIA & BHINNEKA TUNGGAL CINTA. Menurut beliau, alasan bersedia untuk menjadi pembicara acara ini adalah kampus tidak lagi boleh menjadi menara gading yang hanya mengajarkan ilmu, mengajarkan hal-hal yang sifatnya teoritis, tapi juga harus dipadukan dengan keterampilan praktis.

“Apa yang dilakukan pada Eksofora hari ini merupakan bagian dari perwujudan apa yang saya ingingkan. Bagaimana mahasiswa tidak hanya mendapat ilmu dari buku, namun juga mempraktikan dalam kehidupan sehari-hari yang diberikan oleh ahli atau orang berpengalaman.Jadi acara seperti inilah yang sebenarnya dibutuhkan mahasiswa sehingga perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading, namun juga menara air.”

Beliau juga menambahkan bahwa generasi sekarang ini dikenal sebagai generasi menunduk, yaitu generasi yang sangat individual sehingga perlu adanya jembatan sosialisasi melalui komunikasi dua arah. Pesan yang ingin disampaikan beliau dalam acara ini adalah berbicara yang baik atau diam, tentunya jika ingin berbicara yang baik haruslah banyak membaca.



Rista Setiami

0 komentar:

Posting Komentar

Contact

Talk to us

Badan Penyelenggara Radio Siaran Educational Radio

Address:

Universitas Negeri JakartaGedung G Lantai 1 Ruang 101

Work Time:

Monday - Friday from 8am to 8pm

Phone:

0899-2107-7878